TREN YANG MENDORONG INDUSTRI LOGISTIK PADA TAHUN 2021

Sumber daya berteknologi maju diintegrasikan ke dalam modul logistik untuk mempertahankan operasi dan memastikan pengiriman yang efisien.
Logistik merupakan bagian integral dari organisasi yang terlibat dalam pengiriman produk dan layanan. Ini melibatkan pendistribusian bahan dan barang, perencanaan, penerapan dan pengendalian prosedur untuk operasi yang efektif dan efisien di berbagai segmen rantai pasokan. Namun, sektor logistik sangat dipengaruhi oleh diaspora geopolitik yang berubah dan perang perdagangan yang akan datang selama bertahun-tahun. Ini telah memberi banyak tekanan pada perusahaan yang bertanggung jawab atas operasi logistik. Karena wabah COVID 19 menghentikan operasi rantai pasokan dan hubungan antar negara terhuyung-huyung, kebutuhan akan kesiapsiagaan di seluruh sektor logistik global telah terwujud. Untuk selanjutnya, sumber daya berteknologi maju yang diintegrasikan ke dalam modul logistik dimaksudkan untuk mempertahankan operasi dan memastikan pengiriman yang efisien. Artikel kali ini akan membahas beberapa tren yang akan mengubah sektor logidtik tahun 2021.

Internet of Things
Internet of Things (IoT) akan memastikan pemantauan dan kontrol data dengan menghubungkan perangkat yang berbeda tanpa campur tangan manusia. Sektor logistik memerlukan transaksi yang disinkronkan, visibilitas yang ditingkatkan di seluruh rantai pasokan, dan manajemen yang efisien di seluruh layanan armada. Penggabungan IoT di sektor logistik memastikan operasi yang lancar, efisien, dan transparan. Karena tidak memerlukan campur tangan manusia, perusahaan logistik dapat memastikan keselarasan dalam tugas dengan mengintegrasikan IoT. Banyak perusahaan seperti Fleetroot di Arab Saudi menggunakan IoT untuk manajemen armada.

Analisis Big Data
Perusahaan Logistik telah mengumpulkan data yang sangat besar melalui operasi yang beragam. Data ini baik secara terstruktur maupun tidak terstruktur. Dengan mengintegrasikan analitik data besar, perusahaan logistik dapat menganalisis barang mana yang paling disukai oleh pelanggan dan area, pelabuhan, atau gudang mana yang terbukti menguntungkan untuk operasi logistik.

Kecerdasan Buatan
Dengan mengintegrasikan kecerdasan buatan, manajer logistik dapat secara proaktif menangani permintaan yang berfluktuasi di seluruh operasi rantai pasokan. Mereka dapat memperkirakan masalah dan mengintegrasikan solusi yang diperlukan, sehingga menghilangkan biaya operasional tambahan.

Gudang Otomatis
Gudang melibatkan tenaga kerja manual, yang secara konstan membutuhkan pemantauan manusia. Dengan mengotomatiskan gudang, tugas-tugas biasa, seperti memuat barang, memantau barang yang diterima, dan mengirimkan barang ke seluruh gudang dan operasi lainnya akan diotomatiskan.

Digital Twins
Dengan mengintegrasikan digital twins dalam proses pengiriman, potensi kelemahan produk dan kemasan dapat diidentifikasi. Ini akan meningkatkan efisiensi di semua segmen proses logistik.

Kendaraan Otonom
Dengan memperkenalkan kendaraan otonom dalam layanan logistik, pengiriman barang yang aman dan terjamin. Meskipun tren ini baru muncul, perusahaan sudah menggunakan kendaraan otonom untuk meningkatkan layanan dan efisiensi. Selain itu, karena kendaraan otonom tidak melibatkan manusia, mereka meningkatkan efisiensi bahan bakar dan memastikan ketepatan waktu dalam mengirimkan barang dengan menganalisis area lalu lintas yang padat. Startup seperti Spring dan Mars Auto menggunakan kendaraan otonom dalam manajemen armada.

Source : https://industrywired.com/top-10-trends-driving-logistics-industry-in-2021/

Jika anda membutuhkan rak untuk gudang serta pendampingan dalam pelaksanaan manajemen gudang yang baik, silahkan hubungi kami di https://wa.me/6281252982900. Kami siap mendampingi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *