TIPS MEMOTONG BIAYA PEMENUHAN DAN MENINGKATKAN MARGIN KEUNTUNGAN

Dengan mengurangi biaya pengemasan, outsourcing ke mitra yang lebih efisien, membangun proses manajemen inventaris yang cerdas (dan otomatis), dan Anda dapat memotong biaya pemenuhan dan meningkatkan margin keuntungan Anda. Tetapi terlebih dulu, penting untuk mengaudit status Anda saat ini sehingga Anda dapat mengidentifikasi area dengan peluang terbesar.
Sebelum Anda mencoba mengurangi biaya pemenuhan, atau membuat perubahan besar dalam bisnis Anda dalam hal ini, ada baiknya Anda menilai posisi Anda saat ini. Hal pertama yang harus dilakukan perusahaan mana pun adalah berusaha untuk benar-benar memahami biayanya—per palet, per SKU, per pesanan yang dikirim, dll.
Kemudian Anda dapat memahami di mana Anda menghabiskan uang paling banyak dan seberapa besar dampak yang dapat ditimbulkan oleh setiap taktik. Ingat, setiap bisnis berbeda. Jadi apa yang berhasil untuk seseorang mungkin berhasil atau tidak untuk Anda. Jika sudah mari simak bagaimana cara mengurangi biaya pemenuhan.

Baca juga artikel tentang : Bagaimana Cara Melakukan Analisis Pasar Dengan Benar?

PENGEMASAN
Pengemasan adalah biaya yang diperlukan. Ini lebih dari sekadar kendaraan untuk mengirimkan produk ke pelanggan, ini adalah bagian dari pengalaman pelanggan. Plus, pengemasan yang tepat mencegah kerusakan produk. Bayangkan perasaan Anda sebagai pelanggan yang memesan produk secara online hanya untuk menerimanya dalam bentuk rusak?
Itu sebabnya Anda harus memahami kapan harus mengeluarkan uang ekstra dan kapan harus murah. Ketahuilah bahwa kemasan yang paling murah tidak selalu merupakan pilihan terbaik, dan sebenarnya bisa membuat Anda lebih mahal dalam jangka panjang.
Mulailah untuk berinvestasi paling banyak dalam kemasan eksterior, yang memiliki tugas melindungi produk. Kemasan interior adalah di mana ia berfokus pada pemotongan biaya. Gunakan bahan daur ulang seperti koran bekas dan kertas pembungkus kado. Atau juga bisa kemasan non-konvensional lainnya, seperti kantong kopi, juga dapat membantu.
Menggunakan kemasan yang disediakan oleh operator adalah rute lain yang biasanya lebih terjangkau. Perbandingan biaya adalah pilihan terbaik Anda dalam hal menemukan solusi pengemasan yang paling ekonomis.
Selain bahan yang Anda gunakan dalam kemasan, Anda pasti ingin memaksimalkan ruang yang ada di dalam kemasan. Tentu saja, mengurangi jumlah paket per pesanan adalah salah satu cara jitu untuk menurunkan biaya. Untuk ini, Anda harus optimalkan sistem manajemen gudang Anda untuk mengakomodasi batching produk bersama-sama untuk satu pelanggan.
Berikut adalah beberapa tip lain untuk mengurangi biaya pemenuhan yang berkaitan dengan pengemasan:
• Menilai kembali secara teratur: Ingatlah untuk mengaudit kemasan Anda setidaknya setiap tahun. Saat produk dan preferensi pelanggan Anda berubah, begitu juga kebutuhan kemasan Anda.
• Pesan dalam jumlah besar: Semakin banyak pengemasan pesanan Anda pada suatu waktu, semakin besar pengaruh yang Anda miliki untuk menegosiasikan tarif yang lebih rendah dengan pemasok Anda. Ingatlah untuk memperhitungkan biaya penyimpanan yang terkait dengan memiliki banyak kemasan di tangan.
• Pantau setiap paket: Lengkapi tim operasi Anda dengan timbangan sehingga mereka dapat terus-menerus memeriksa berat untuk setiap pesanan dan memastikan mereka dikemas secara efisien.

PENGIRIMAN
Terkait erat dengan biaya pengemasan, komponen utama pemenuhan lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah pengiriman. Dan konsumen semakin mengharapkan pengecer untuk menutupi biaya ini.
Saat menilai opsi pengiriman Anda, penting untuk memahami paket Anda. Seperti tentukan beberapa skenario paling umum dalam hal ukuran dan berat paket, ditambah tujuan, dan kemudian cari tahu metode mana yang paling hemat biaya untuk masing-masing. Anda tidak harus mengirimkan semua paket Anda melalui penyedia yang sama.
Pengiriman flat rate bisa menguntungkan, terutama untuk paket yang lebih berat. Ingatlah untuk membandingkan semua opsi Anda.
Mitra logistik pihak ketiga (3PL) juga bisa menjadi jawaban untuk memangkas biaya. Pertimbangkan outsourcing ke 3PL. Perusahaan pemenuhan 3PL sudah memiliki hubungan dengan perusahaan pelayaran yang dapat mereka manfaatkan untuk memberi Anda tarif terbaik, ditambah lagi Anda mendapatkan manfaat dari keahlian mereka dalam hal mengoptimalkan pemenuhan di semua area untuk pengurangan biaya.

PENGIRIMAN INTERNASIONAL
Pengiriman internasional menimbulkan daftar tantangan dan biaya baru. Untuk pelanggan internasional, tidak jarang membebankan biaya pengiriman kepada pelanggan untuk semua atau sebagian. Pastikan untuk mengomunikasikan ini di muka: Posting di situs web Anda, halaman produk, dll.
Jika Anda menyediakan pengiriman internasional gratis, ini bisa menjadi pembeda utama untuk merek Anda, jadi pastikan itu menonjol di situs Anda.
Penting juga bagi Anda untuk memahami proses bea cukai dan biaya terkait, serta tarif/pajak/bea, persyaratan pelabelan, dan polis asuransi. Anda sebaiknya memahami ketentuan ini sebelum menawarkan pengiriman internasional, sehingga Anda dapat menetapkan ekspektasi pelanggan secara akurat. Dalam beberapa kasus, pelanggan mungkin juga diharuskan membayar biaya tambahan.
Untuk mengetahui peraturan apa yang perlu Anda patuhi, tanyakan pada negara asal dan tujuan Anda.
Apa saat ini Anda juga tengah mengalami kesulitan pada operasi logistik Anda? Silahkan hubungi kami dan mari kita diskusikan mana strategi yang baik untuk mengatasi kesulitan Anda. Anda bisa menghubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *