TIPS JITU MENANGANI KELUHAN PELANGGAN

Setelah menggunakan produk atau jasa Anda, konsumen yang puas pasti akan memberikan review yang positif dan merekomendasikannya kepada orang lain. Di saat yang sama, konsumen yang tidak puas tentu akan merasa kecewa dan mengeluh. Jika tidak diselesaikan, konsumen yang kecewa ini akan menjadi masalah yang serius. Mereka tidak mungkin membeli produk Anda atau menggunakan layanan Anda, atau bahkan membuat bisnis Anda merugikan orang lain. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menangani keluhan dari pelanggan atau konsumen. Jadi, bagaimana cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk menangani keluhan pelanggan ?

  1. Terima keluhan dengan baik.
    Beri tahu pelanggan bahwa Anda memperhatikan apa yang mereka katakan. Jika Anda melakukan sesuatu yang salah, terimalah. Atas ketidaknyamanan yang disebabkan oleh kesalahan ini, jangan lupa untuk segera meminta maaf. Dan juga katakan bahwa Anda akan menyelesaikan kesalahan pada waktu yang ditentukan.
  2. Tunjukkan empati dan komunikasi yang baik.
    Menunjukkan rasa welas asih kepada konsumen memiliki dua manfaat dalam menangani keluhan konsumen. Pertama, sebagai standar perilaku untuk membangun pemahaman Anda sendiri tentang pengaduan, sehingga Anda dapat mengetahui di mana Anda berada. Kedua, sebagai persepsi diri konsumen.
  3. Segera tangani keluhan.
    Setelah memahami inti keluhan yang dihadapi pelanggan dan meminta maaf atas mereka, kini Anda dapat memberikan solusi yang tepat untuk masalah tersebut. Jelaskan solusi kepada pelanggan dan konfirmasi apakah solusi tersebut dapat menyelesaikan masalah mereka.
  4. Berikan solusi terbaik.
    Sebelum Anda benar-benar menerapkan solusi yang diberikan, memproses keluhan pelanggan dianggap selesai. Bagi pelanggan, menerapkan solusi harus menjadi pengalaman yang efektif. Misalnya, pelanggan Anda mengeluh tentang penghentian mendadak server situs web Anda. Pastikan pelanggan tahu bahwa Anda memahami urgensi masalah dan menyelesaikannya dalam beberapa jam.

Berikut tadi adalah 4 tips menangani keluhan pelanggan. Dan jika Anda membutuhkan berbagai informasi perihal tips menangani keluhan pelanggan. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *