TANTANGAN OPERASI GUDANG TAHUN 2021 DAN SOLUSINYA

Gudang menemukan diri mereka dalam lingkungan yang semakin dinamis karena peristiwa jarak jauh dalam rantai pasokan global 2021 membuat dampaknya terasa pada bisnis lokal. Pendekatan terbaik untuk umur panjang dan keberlanjutan gudang Anda saat menghadapi tantangan ini adalah dengan memastikan Anda memiliki proses yang fleksibel dan terukur yang mematuhi praktik terbaik industri.
Manajer gudang harus memantau dan melacak perubahan dalam lingkungan bisnis dan mengadopsi solusi responsif, tetapi ini semua jauh lebih mudah dengan a) informasi yang tepat di tangan Anda dan b) solusi praktis.

Baca juga artikel tentang : Tips untuk Mengoptimalkan Operasi Inventory Management

Masalah gudang yang umum pada tahun 2021 adalah permintaan yang tidak menentu, persyaratan dan biaya tenaga kerja yang bervariasi, dan informasi inventaris yang tidak akurat, semuanya membutuhkan solusi sistemik yang kuat untuk menjaga manajer tetap di atas perubahan dan menyadari kesenjangan yang memerlukan perhatian. Manajer gudang harus mampu menyulap memaksimalkan kinerja sambil menyeimbangkan trade-off dalam kondisi yang tidak pasti.
Artikel ini membahas beberapa tantangan manajemen gudang teratas pada tahun 2021, dan solusinya.

  1. Ketidakakuratan Inventaris
    Akurasi dan efisiensi dalam menangani inventaris di pergudangan berjalan bersama, tetapi lebih dari itu di dunia yang melihat pelanggan dengan liar membeli semua kertas toilet di Australia dalam semalam hingga Afrika Selatan menutup industri alkohol. Persediaan yang tidak akurat menyebabkan masalah seperti mempertahankan tingkat persediaan yang tidak tepat dan penumpukan persediaan usang. Ini pada gilirannya menyebabkan masalah pengambilan ketika pemetik mengandalkan informasi yang tidak akurat, yang mengarah ke proses yang tidak efisien. Dampak lain dari inventaris yang tidak akurat termasuk produktivitas yang lebih rendah, peningkatan biaya, dan pendapatan yang hilang.
    Sistem otomatis menawarkan informasi real-time dan akurat tentang tingkat dan komposisi stok. Teknologi yang digunakan dalam mengelola inventaris di gudang sangat penting untuk keberhasilan karena nilai sistem otomatis sama baiknya dengan kualitas sistem itu sendiri.
  2. Proses yang Berlebihan
    Secara tradisional, karyawan gudang cenderung menangani produk beberapa kali karena sifat proses pergudangan… dan kemudian Covid melanda. Setelah proses berlebihan yang menonjol di gudang adalah di mana pekerja gudang melewati tiket yang sama melalui banyak tangan, ini tiba-tiba menjadi risiko kesehatan dan membutuhkan penilaian ulang yang cepat.
    Meskipun diperlukan dalam beberapa kasus, prosedur yang berlebihan seperti itu memakan waktu dan tidak hanya meningkatkan biaya tenaga kerja, tetapi juga menimbulkan risiko kesehatan dan keselamatan. Menggunakan teknologi barcode merampingkan proses pergudangan, menghilangkan proses yang berlebihan sambil memaksimalkan pemanfaatan sumber daya. Sistem otomatis berkembang dengan cepat, dan tren global memaksa manajer gudang untuk mempertahankan sistem terkini agar dapat beradaptasi dengan cepat untuk memastikan mereka berkembang, tidak hanya bertahan.
  3. Tata Letak Gudang yang Buruk
    Penggunaan ruang yang efisien merupakan faktor penentu keberhasilan dalam pergudangan pada tahun 2021 di mana kami mencoba melakukan lebih banyak dengan lebih sedikit. Ruang penyimpanan yang tidak memadai serta penggunaan ruang yang tersedia yang tidak efisien adalah masalah umum di gudang dengan tata letak fasilitas yang buruk. Desain gudang yang tidak diinginkan menjadi perhatian utama bagi manajer karena ada korelasi langsung dengan potensi dampak negatif terhadap laba.
    Tata letak gudang yang optimal mempertimbangkan ruang lantai dan ruang vertikal yang tersedia untuk digunakan. Selain memaksimalkan penggunaan ruang, tata letak yang baik memaksimalkan penggunaan peralatan dan tenaga kerja, aksesibilitas ke semua item, keamanan semua item, dan keselamatan staf. Mempekerjakan forklift memungkinkan konfigurasi yang memaksimalkan ruang horizontal dan vertikal total.
    Solusi pelengkap termasuk memastikan bahwa inventaris terlaris Anda mudah diakses, dan merampingkan proses dock-to-stock.
  4. Tuntutan Tidak Menentu
    Fluktuasi permintaan merupakan tantangan serius bagi manajer gudang. Penurunan penjualan akibat krisis keuangan global baru-baru ini mengakibatkan masalah biaya besar untuk gudang karena tingkat persediaan yang meningkat di beberapa tingkat, sementara di tingkat lain pemasok APD tiba-tiba menemukan diri mereka berebut untuk memenuhinya.
    Meskipun hal ini tidak mempengaruhi semua industri secara merata, masalahnya menyoroti tantangan dalam mengelola fluktuasi permintaan karena kekuatan eksternal di luar kendali gudang.
    Mengelola permintaan musiman membutuhkan informasi yang tepat waktu dan akurat tentang manufaktur, ritel, dan industri. Kesenjangan informasi antara gudang dan entitas terkait lainnya atau industri membatasi kemampuan distributor untuk memantau dan merespons perubahan permintaan secara efektif.
    Mengelola pandemi membutuhkan intuisi dan sistem yang dapat disesuaikan dengan cepat! Gudang perlu menggunakan informasi yang tepat waktu dan akurat dalam merencanakan dan memperkirakan permintaan serta dalam menyediakan visibilitas rantai pasokan.
    Menata ulang produk agar sesuai dengan perubahan permintaan membantu meminimalkan dampak negatif dari permintaan musiman. Penataan ulang semacam itu melibatkan pemosisian barang yang benar dengan menempatkan produk dengan permintaan tinggi selama musim saat ini di depan lorong pemetikan dan pada ketinggian yang benar.
    Mengakomodasi permintaan yang tidak menentu, bagaimanapun, lebih dari sekedar tata letak dan pengambilan. Permasalahan tersebut juga memerlukan pengelolaan jaringan transportasi yang tepat dan sumber strategis layanan transportasi. Solusi jangka panjang ini membangun kemampuan yang bertahan lama dengan nilai strategis bagi distributor.
  5. Biaya Tenaga Kerja
    Manajer gudang yang sangat baik berusaha untuk meningkatkan produktivitas sambil meminimalkan biaya tenaga kerja di lingkungan padat karya; biaya ini dapat mencapai sekitar 65% dari anggaran operasional sebagian besar gudang.
    Biasanya gudang menggunakan peralatan mahal dan mempekerjakan tenaga kerja yang besar, menghadirkan tantangan yang sebagian besar unik untuk operasi pergudangan. Staf berkisar dari petugas kebersihan dan pengepakan hingga manajer dan personel administrasi.
    Tiba-tiba gudang perlu menyesuaikan shift, memastikan jarak sosial, dan memperhitungkan fluktuasi logistik sambil mengelola tenaga kerja yang rentan.
    Upaya untuk mengurangi biaya tenaga kerja harus mempertimbangkan dampak perpindahan tersebut terhadap biaya lainnya. Dua strategi utama untuk mengatasi masalah terkait tenaga kerja termasuk memaksimalkan tenaga kerja yang tersedia dan mengganti tenaga kerja dengan sistem otomatis.
    Mengembangkan campuran keahlian yang tepat melalui perencanaan tenaga kerja membantu manajer mengasah keterampilan yang diperlukan untuk praktik angkatan kerja yang sukses.
    Kombinasi keterampilan dan motivasi yang tepat, melalui praktik seperti kondisi kerja yang sangat baik, pelatihan dan jam kerja yang fleksibel, meningkatkan produktivitas karyawan dan kinerja gudang.
  6. Memilih Optimasi
    Apakah strategi memilih Anda menahan Anda? Jika Anda berjuang untuk meningkatkan efisiensi operasional, perubahan kecil seperti mengutak-atik proses pengambilan Anda bisa sangat membantu meningkatkan produktivitas dan keuntungan Anda.
    Pengambilan adalah tempat sebagian besar masalah manajemen gudang terjadi, tetapi masalah ini sering kali disebabkan oleh kesalahan saat menerima atau membuang tugas. Pengambilan yang buruk dapat dengan mudah mengganggu sistem kontrol inventaris ketika tugas dan keputusan yang dilakukan setiap hari dilakukan dengan tergesa-gesa untuk membantu pelanggan yang mendesak dalam lingkungan yang tegang.
    Frekuensi radio dan sistem pengarah suara menjadi tersebar luas, tetapi beberapa operasi kecil terus bergantung pada sistem berbasis kertas. Terlepas dari jenis yang digunakan, bagian yang penting adalah memastikan kepatuhan penuh terhadap sistem, bahkan ketika muncul keadaan yang membuat kepatuhan tampak kontra-intuitif. Perhatian khusus pada data master akan membantu menjaga sistem tetap akurat dan andal.
    Ketika pengecualian terjadi dalam sistem, seperti menawarkan item pengganti yang disetujui atau menemukan item yang salah dalam slot, pengecualian ini harus dicatat untuk memungkinkan catatan inventaris yang lengkap dan akurat. Berbagai jenis kesalahan yang berbeda dapat terjadi dalam pengambilan, seperti mencatat jumlah item yang melimpah, tetapi tidak dapat menggunakannya karena sudah dibicarakan di back order.
  7. Kontrol Kualitas
    Dalam banyak kasus, pekerja yang bertanggung jawab atas kontrol kualitas juga melakukan pengambilan, pengepakan, dan pengiriman barang inventaris, sehingga banyak kesalahan tidak pernah ditemukan sampai mereka tiba di pelanggan. Ini terutama terjadi di lingkungan pandemi di mana gudang mencoba mengirim lebih banyak dengan lebih sedikit staf yang tersedia.
    Idealnya, Anda memerlukan tingkat kontrol kualitas yang terpisah untuk memastikan manajemen inventaris dan masalah rantai pasokan yang lebih baik. Tingkat otoritas yang terpisah ini seringkali dapat memberikan motivasi untuk mengelola masalah inventaris sehari-hari secara terstruktur yang mendorong akuntabilitas.
    Fungsi kontrol kualitas dapat merekam akurasi vendor, meningkatkan rotasi stok, dan mengurangi kebutuhan pemrosesan manual item gudang. Sistem kontrol kualitas memastikan bahwa program manajemen gudang lainnya berfungsi sebagaimana dimaksud.
    Manajemen gudang umumnya dikaitkan dengan empat elemen inti. Namun, proses yang mendasarinya kompleks dan dinamis, belum lagi politik global yang bermain. Gabungan, lingkungan yang unik ini telah menghadirkan masalah besar bagi manajer gudang di seluruh industri dan benua.
    Distributor harus berurusan dengan trade-off karena keterbatasan sumber daya dan logistik, yang menyebabkan kinerja yang buruk di area fungsional utama dan perjuangan untuk relevansi dan kelangsungan hidup.
    Untuk memastikan fleksibilitas yang diperlukan untuk menavigasi badai apa pun, Anda perlu mempertimbangkan sistem holistik – semakin diperbarui teknologi WMS Anda, dan semakin transparan dan dapat diakses data Anda, semakin Anda dapat mengurangi risiko ini dan memiliki gudang yang dapat diandalkan secara konsisten yang staf dan pelanggan dapat menemukan efisiensi dan kepercayaan maksimum. Anda membutuhkan informasi perihal optimasi gudang untuk bisnis Anda? Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *