STRATEGI MEMPROMOSIKAN PRODUK BISNIS DENGAN TRADE MARKETING

Beberapa perusahaan memerlukan strategi yang ampuh untuk dapat menjual produk mereka secara cepat dan strategi tersebut adalah trade marketing. Strategi ini dapat membantu keperluan banyak perusahaan, yang mana mereka harus melakukan strategi pemasaran yang efektif agar bisa menjual nilai produknya.
Strategi trade marketing diklaim efektif dalam meningkatkan angka penjualan perusahaan. Lalu, apa itu trade marketing? bagaimana strategi penerapan dan apa manfaat dari diterapkannya strategi tersebut? Cari tahu jawabannya dengan membaca artikel tentang trade marketing di bawah ini.

Apa Itu Trade Marketing?
Trade marketing adalah strategi pemasaran B2B yang bertujuan untuk menempatkan produk ke rak-rak toko. Metode ini dilakukan dengan membuat bisnis lain mengenali nilai produk Anda, lalu meyakinkan mereka untuk ikut membantu penjualan.
Dengan mendorong badan usaha lain untuk ikut menjual produk, perusahaan Anda bisa meraup untuk besar tanpa perlu mengeluarkan biaya lebih.

Strategi Penerapan Trade Marketing
Trade marketing biasanya digunakan oleh industri manufaktur dan diarahkan ke supply chain mereka yang mengandung distributor, wholesaler, dan toko ritel.
Meskipun demikian, metode ini juga penting untuk perusahaan yang berjalan di bidang consumer packaged goods (CPG).
Apa saja strategi yang umumnya diterapkan oleh perusahaan-perusahaan di atas? Berikut adalah 4 contohnya yang perlu Anda ketahui.

  1. Category Management
    Strategi trade marketing pertama yang bisa kamu terapkan adalah category management. Istilah ini mengacu pada pembentukan kategori untuk produk-produk yang diluncurkan perusahaan. Taktik ini bisa Anda gunakan untuk memperkuat nilai dari masing-masing produk yang ingin dijual brand.
  2. Bekerja Sama dengan Toko Ritel
    Strategi trade marketing kedua yang bisa Anda gunakan adalah melakukan kerja sama toko ritel. Seiring dengan berkembangnya waktu, berbagai perusahaan besar mulai merasakan adanya peningkatan keuntungan. Setelah diteliti lebih jauh, ternyata konsumen mereka bisa merasakan nilai produk bila membelinya di toko ritel.
    Strategi ini juga masih dilakukan sampai sekarang oleh banyak jenis sektor industri. Bahkan, penerapan trade marketing ini dinilai sangat cocok untuk perusahaan baru yang ingin merilis produk mereka pertama kali.
  3. Trade Promotion
    Terdapat acara trade promotion yang banyak diluncurkan perusahaan pasar di dalam dunia trade marketing. Bentuk inisiatif ini harus fokus pada strategi yang ditujukkan secara langsung ke konsumen serta ke berbagai toko ritel.
    Sudah banyak perusahaan dalam acara ini yang memberikan promosi besar-besaran. Promosi tersebut hadir dalam berbagai bentuk, dari mulai diskon harga sampai kupon voucher dengan nilai yang fantastis.
  4. Manfaatkan Banyak Platform Media Sosial
    Strategi menjalankan trade marketing ke empat yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan berbagai platform media sosial yang saat ini sudah banyak tersedia. Hal ini dibutuhkan agar produk Anda bisa dilihat oleh berbagai kelompok audiens dengan berbagai latar belakang yang berbeda-beda.
    Jadi, cara ini sangat penting untuk perusahaan agar bisa memperoleh nilai diversifikasi yang tinggi pada kelompok pelanggan mereka tertentu.

Baca juga : 10 Cara Asisten Virtual (VA) Membantu Bisnis Online

Manfaat Trade Marketing
Selain sangat ampuh untuk memasarkan produk dengan jumlah yang banyak, trade marketing juga mampu memberikan berbagai manfaat lainnya.
Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:
• Trade marketing mampu meningkatkan market presence suatu bisnis
• Trade marketing juga mampu memberikan competitive advantage untuk berbagai produk perusahaan.
• Bisa diterapkan untuk bisnis kecil atau menengah ke atas.
• Mampu memberikan jumlah keuntungan yang terbilang konsisten dalam setiap waktunya

Akhir Kata
Demikianlah penjelasan dari kami tentang trade marketing. Jadi, trade marketing trade marketing adalah strategi pemasaran untuk model bisnis B2B agar bisa menempatkan produk ke berbagai rak toko secara sesuai. Untuk melakukannya, Anda bisa melakukan berbagai tips yang sudah kami jelaskan secara lengkap di atas. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silakan hubungi dinomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *