PERKUAT KESADARAN MEREK ANDA DENGAN BEBERAPA CARA BERIKUT INI

Public Relation (PR) adalah satu penting lain dalam bisnis. Anda mengandalkan kekuatan persuasi untuk membangkitkan tindakan tertentu.
Dalam artikel ini, saya akan memberi tahu Anda mengapa PR sangat penting dan membagikan daftar taktik PR yang dapat Anda tindaklanjuti untuk meningkatkan kesadaran merek bisnis Anda dengan investasi minimum.
Apa itu PR dan mengapa taktik PR begitu kuat akhir-akhir ini?
Sulit untuk menangkap definisi PR dalam satu kalimat. Ada begitu banyak aspek di dalamnya.
Pada akhirnya, PR adalah proses membangun reputasi positif di mata publik. Ini terutama menggunakan saluran yang tidak berbayar. Ini sangat berbeda dengan periklanan, di mana Anda membayar ruang dan dapat membagikan pesan tepat yang Anda inginkan. Dengan PR, Anda bergantung pada dukungan pihak ketiga.
Taktik PR benar-benar ampuh hari ini. Simak statistik berikut ini:
• 92% konsumen lebih mempercayai media yang diperoleh dibandingkan dengan iklan.
• 60% memiliki perasaan negatif tentang periklanan.
• Perusahaan dapat menaikkan harga saham 5-7% dengan branding perusahaan yang kuat.

Semoga daftar taktik PR ini berguna dan membantu Anda membangun keberadaan web yang kuat.

Taktik PR # 1. Jadikan media outlet sebagai teman Anda
Ini adalah strategi fundamental yang dimulai dengan membangun hubungan positif dengan perwakilan media. Ide yang bagus adalah menelepon jurnalis dan tokoh berita serta mengatur pertemuan informal. Akan lebih mudah untuk mempromosikan konten terkait merek jika seorang media sudah mengenal Anda.
Sisihkan anggaran untuk:
• Sesi meja bundar media – sesi semi-formal untuk diskusi yang berfokus pada industri yang sehat.
• Pertemuan empat mata – Belikan makan siang atau sarapan untuk jurnalis. Ini adalah kesempatan yang luar biasa untuk memilih otak mereka dan melihat bagaimana Anda dapat memberikan informasi untuk mereka.
• Sesi pengarahan – Cari isu-isu topik, teliti dan tunjukkan temuan Anda kepada jurnalis. Ini adalah sesuatu yang sering dilakukan perusahaan riset.

Tingkatkan keterampilan melempar Anda. Jurnalis sibuk, dan Anda harus melibatkan mereka sejak awal dengan email rilis pers yang menarik.

Taktik PR # 2. Bagikan konten yang layak diberitakan
Sangat mudah bagi perusahaan untuk membangun hubungan yang kuat dengan outlet media ketika Anda memiliki sesuatu yang menarik untuk diceritakan. Jurnalis membutuhkan cerita dan konten yang layak diberitakan. Anda dapat mengirim konten editorial dan siaran pers ke platform yang berhubungan dengan PR. Apa yang terjadi jika editor tertarik dengan berita Anda?
• Anda mungkin mendapatkan penyebutan merek.
• Anda dapat meminta tautan ke situs web Anda.

Jika konten Anda benar-benar menarik perhatian mereka, anggota media akan menghubungi Anda untuk memberikan komentar dan komentar editorial tentang subjek. Anda dapat menetapkan diri Anda sebagai pemimpin pemikiran tanpa mengeluarkan uang sepeser pun.
Taktik PR ini adalah definisi situasi win-win dan strategi yang baik saat melakukan branding pada startup Anda. Anda mendapatkan publisitas dan kesadaran merek untuk bisnis Anda dengan imbalan informasi yang berharga.

Taktik PR # 3. Perkuat upaya pemasaran konten Anda dengan membangun tautan
Pembuatan konten menjadi jauh lebih mudah di dunia digital, terutama ketika Anda menggunakan trik pemasaran konten khusus. Sebelumnya, Anda harus memperjuangkan ruang di media cetak. Sekarang, Anda memiliki opsi untuk menerbitkan konten di situs web dan blog Anda. Platform seperti LinkedIn dan Facebook adalah tempat efisien lainnya untuk mendistribusikan konten Anda.
Untuk memanfaatkan strategi pemasaran dan distribusi konten Anda, Anda harus dengan bijak memanfaatkan peluang membangun tautan. Cobalah untuk mendapatkan tautan balik ke situs Anda dari platform dan blog otoritas tinggi (yang Otoritas Domainnya adalah 50 <). Ini adalah cara terbaik untuk menarik banyak lalu lintas organik ke sumber daya Anda.

Baca juga artikel tentang : Manfaat Manajemen Modern Dalam Mengelola SDM

Taktik PR # 4. Pergilah ke luar lingkungan kantor
Anda tidak bisa bersembunyi di balik anonimitas dan berharap semua orang tahu tentang merek Anda. Libatkan diri Anda dalam aktivitas di luar lingkungan kantor.
Beberapa cara untuk membuat diri Anda dikenal meliputi:
• Jaringan di acara industri, seperti pameran, konferensi, dan lokakarya
• Menjadi sukarelawan untuk berbicara di acara atau berpartisipasi dalam diskusi panel
• Ikut serta dalam kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan yang melibatkan masyarakat, termasuk bersih-bersih, sesi penanaman pohon, dan maraton amal
• Tawarkan magang di sekolah lokal
• Selenggarakan acara penggalangan dana untuk tujuan amal

Taktik PR # 5. Aktif di media sosial
Saat ini, merek apa pun membutuhkan kehadiran media sosial. Bersikaplah strategis tentang platform yang Anda pilih. Ini memungkinkan Anda untuk menyusun pesan Anda dengan lebih baik.
Beberapa perusahaan terkenal di dunia telah meluncurkan kampanye media sosial yang sangat sukses yang pada akhirnya mengangkat merek mereka, yang membuktikan efektivitas besar pemasaran media sosial lebih dari sekali.
Pikirkan platform media sosial yang digunakan audiens yang Anda tuju. Fokus pada mereka dan Anda akan meningkatkan peluang untuk melibatkan audiens Anda, sehingga meningkatkan kesadaran merek Anda. Ingatlah untuk berinteraksi dengan pengguna secara teratur. Lihat apa yang mereka katakan dan tanggapi sesuai dengan itu.
Taktik PR # 6. Bermitra dengan influencer
Anda mungkin tidak punya uang untuk selebritas influencer, tetapi mikro-influencer berada dalam jangkauan Anda. Mikro-influencer memiliki pengikut media sosial yang besar, lebih banyak daripada pengguna media sosial pada umumnya, tetapi tidak setingkat selebritas. Blogger, pemimpin pemikiran, dan pakar adalah contoh mikro-influencer.
Nah, inilah mengapa mikro-influencer mungkin merupakan pilihan yang lebih baik daripada selebriti: Mereka dipandang otentik. Pikirkan tentang itu. Seberapa percaya Anda pada produk yang didukung oleh selebritas bergaji tinggi? Statistik ini dapat membantu memperkuat poin ini:
• 70% remaja lebih percaya pada rekomendasi dari influencer “normal”.
• 49% konsumen bergantung pada dukungan influencer untuk membuat keputusan pembelian.
• 22% pemasar bergantung pada influencer untuk mendapatkan pelanggan baru.

Taktik PR ini hemat biaya dan akan membantu Anda meningkatkan kesadaran merek jika diterapkan dengan benar. Anda akan melihat orang lain tidak hanya mengetahui perusahaan Anda tetapi juga membicarakannya secara positif. Ambil bagian dalam kegiatan komunitas dan bangun hubungan yang kuat dengan media – itu cara yang terbukti untuk menciptakan gebrakan yang signifikan di pasar.
Jika Anda membutuhkan informasi, silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5289-2900. Kami siap membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *