PENTINGNYA UNTUK BERINVESTASI PADA KARYAWAN

Apalah artinya bisnis tanpa karyawannya? Sebagai pemilik, Anda mungkin menjadi pengemudi, mengemudikan mobil ke mana ia harus pergi. Tetapi orang-orang yang Anda pekerjakan adalah mesinnya. Mereka melakukan pekerjaan untuk membawa bisnis Anda dari A ke B dan seterusnya. Untuk mengemudi dengan cepat dan benar, Anda perlu berinvestasi pada karyawan Anda.

PENTINGNYA BERINVESTASI PADA KARYAWAN
Berinvestasi pada karyawan berarti menghabiskan waktu dan uang untuk memastikan bahwa staf Anda merasa dihargai dan mendapat informasi. Ini bisa sesederhana kartu ucapan terima kasih untuk pekerjaan yang dilakukan dengan baik, atau serumit membangun program pelatihan dan pendidikan perusahaan.
Tujuan Anda ketika berinvestasi pada karyawan Anda adalah untuk meningkatkan keterlibatan mereka. Karyawan yang terlibat secara rutin melebihi harapan karena mereka merasa memberikan kontribusi nilai untuk sesuatu yang lebih besar dari diri mereka sendiri.
Selain itu karyawan yang terlibat biasanya bertahan di pekerjaan mereka lebih lama. Menurut beberapa perkiraan, mengganti satu karyawan (memperhitungkan biaya perekrutan, orientasi, dan pelatihan) dapat menghabiskan biaya hingga 50% dari gaji karyawan tersebut. Ketika Anda mempertimbangkan pertimbangan tambahan seperti peran mereka, senioritas, dan industri perusahaan Anda, biaya itu bisa saja lebih membengkak.

Baca juga artikel tentang : Kiat Membuka Kantor Cabang Agar Sukses

RISIKO GAGAL BERINVESTASI PADA KARYAWAN ANDA
Gagal berinvestasi pada karyawan Anda tidak berarti bisnis Anda akan berantakan. Namun, itu dapat menambah stres dan biaya tambahan. Jika itu terjadi maka:

• Percaya diri klien akan berubah. Ketika karyawan pergi, mereka mengambil hubungan yang telah mereka bangun dengan klien Anda dengan mereka. Membangun kembali hubungan ini membutuhkan waktu, dan dapat menyebabkan kesalahan yang mengikis kepercayaan klien.

• Kehilangan talenta. Anda ingin merekrut dan mempertahankan orang-orang terbaik untuk perusahaan Anda. Karyawan yang tidak terlibat lebih mungkin mereka akan pergi, dengan membawa pengetahuan institusional bersama mereka. Dan Anda akan dikenakan biaya untuk menggantinya. Karyawan yang terlibat? Tidak hanya mereka lebih cenderung bertahan, tetapi mereka juga akan membantu merekrut talenta top lainnya.

• Meningkatnya biaya pekerjaan. Selain upaya perekrutan dan pelatihan, ada biaya lunak yang terkait dengan pergantian. Misalnya, rekan tim mengambil kelonggaran ketika seorang karyawan pergi. Hal ini dapat menyebabkan stres yang lebih besar, hari kerja yang lebih lama, dan akhirnya ketidakbahagiaan jika upaya mereka tidak dihargai.

CARA BERINVESTASI PADA KARYAWAN
Ada sejumlah cara untuk membelanjakan uang untuk keterlibatan karyawan, dan setiap karyawan Anda akan merespons secara berbeda. Anda akan mengalami beberapa percobaan dan kesalahan saat Anda mencari tahu apa yang terbaik untuk tim Anda.

• Kompensasi kompetitif. Ketidakpuasan dan pergantian sukarela sering didorong oleh karyawan yang merasa kurang mendapat kompensasi atas kontribusi mereka. Meskipun Anda mungkin tidak dapat membayar tarif tertinggi di wilayah Anda, berusahalah untuk menjaga agar gaji tetap kompetitif. Pastikan perusahaan Anda melakukan uji tuntas untuk meneliti rentang gaji untuk pekerjaan dan peran yang Anda rekrut.

• Mengakui kontribusi karyawan. Karyawan ingin diakui atas pekerjaan yang mereka lakukan. Kartu hadiah atau libur sore dapat menunjukkan kepada mereka bahwa Anda menghargai kemenangan mereka (seperti menyelesaikan proyek klien di bawah anggaran). Untuk kontribusi dan kesuksesan jangka panjang yang berkelanjutan, kenaikan gaji dan bonus sangat membantu dalam mempertahankan kinerja terbaik Anda.

• Paket kesehatan dan manfaat yang kompetitif. Memberikan paket kesehatan dan tunjangan memberikan keyakinan kepada karyawan Anda bahwa mereka akan diperhatikan, dan dapat mengurangi ketidakhadiran terkait penyakit. Paket manfaat kompetitif juga akan membantu Anda merekrut dan mempertahankan talenta terbaik.

• Pembangunan tim dan acara. Acara pembentukan tim seperti makan siang kelompok, pesta, dan acara jalan-jalan dapat membantu tim Anda saling mengenal dan membangun semangat.

PERAN KEPEMIMPINAN SAAT BERINVESTASI PADA KARYAWAN
Setiap karyawan berbeda. Pemilik bisnis yang hebat tidak akan mengambil pendekatan cookie-cutter untuk berinvestasi pada karyawan mereka. Mereka akan menunjukkan penghargaan dan dukungan mereka dengan berbagai cara, dan mengamati bagaimana karyawan mereka merespons baik secara individu maupun sebagai sebuah tim. Misalnya, tidak setiap karyawan merasa nyaman dikenali di depan orang lain, dan beberapa tidak akan merasa nyaman berpartisipasi dalam kegiatan membangun tim.
Pastikan untuk mencatat apa yang berhasil untuk karyawan Anda, dan tawarkan pendekatan individual jika diperlukan.
Akhirnya, ingatlah bahwa berinvestasi pada karyawan Anda bukanlah tugas satu kali yang Anda coret dari daftar periksa. Ini adalah proses berkelanjutan yang melibatkan check-in rutin untuk memastikan moral tetap tinggi dan tim Anda merasa didukung—terutama saat bisnis Anda berubah dan berkembang.
Klien dan staf sama pentingnya bagi keberhasilan organisasi Anda. Dengan berinvestasi pada karyawan Anda, Anda dapat yakin bahwa mereka terlibat dan produktif, berkontribusi pada pengalaman pelanggan yang luar biasa dan meningkatkan laba Anda. Anda ingin lebih mengetahui cara bagaimana karyawan Anda dapat memberikan performa terbaik? Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *