PENTINGNYA PERSONALISASI UNTUK MASA DEPAN E-COMMERCE YANG SUKSES

Saat ini, lebih banyak orang berbelanja online untuk barang-barang yang biasa mereka beli di toko, terutama sejak awal pandemi COVID-19. Apakah Anda siap untuk memenuhi tuntutan e-commerce pelanggan Anda hari ini, besok dan lima tahun dari sekarang?
Satu cegukan kecil dalam proses pemesanan Anda dapat menyebabkan kereta yang ditinggalkan dan kehilangan pelanggan untuk selamanya. Karena ekspektasi konsumen lebih tinggi dari sebelumnya, pengalaman online yang mulus di seluruh spektrum titik sentuh digital sangat penting.
Pengalaman konsumen yang inovatif dimulai dengan desain dan manajemen situs web ditambah infrastruktur TI yang selaras yang memberikan wawasan dan analitik, pengoptimalan e-commerce, dan kemampuan pengembangan aplikasi khusus. Integrasi teknologi back-end dengan pengalaman yang berpusat pada pelanggan adalah yang mendorong penjualan, menurunkan biaya, dan membantu Anda menang di pasar Anda.

Ciptakan pengalaman konsumen tanpa gesekan untuk mendorong loyalitas merek
Tidak cukup hanya memiliki pengalaman pengguna yang hebat, desain situs web, atau alat otomatisasi pemasaran untuk mendukung bisnis e-commerce Anda. Anda juga memerlukan alat manajemen pesanan untuk memberikan pengalaman digital yang menarik agar pelanggan tetap setia.
Manajemen pesanan mencakup seluruh pengalaman pelanggan dan bagaimana Anda memperlakukan pelanggan dari pra-pesanan hingga pasca-pemesanan. Dapatkah pelanggan Anda menemukan apa yang mereka butuhkan melalui pencarian Anda dan apakah ada konten buatan pengguna seperti peringkat dan ulasan? Apakah pemasaran Anda efektif dan apakah deskripsi produk Anda akurat? Apakah cepat dan mudah untuk check out? Apakah manajemen pesanan dan sistem logistik Anda terintegrasi sehingga Anda bisa mendapatkan pembelian ke pelanggan secepat pesaing Anda dengan pelacakan mudah, pemberitahuan pengiriman, dan pengembalian tanpa kerumitan? Ini semua berdampak pada konsumen dan, oleh karena itu, pengalaman konsumen.
Jika pandemi COVID-19 telah mengajarkan bisnis apa pun, itu adalah pentingnya fleksibilitas. Manajemen pesanan memungkinkan kelincahan semacam ini sehingga Anda mengetahui inventaris Anda dan dapat menawarkan pilihan kepada pelanggan untuk membeli secara online untuk diambil di toko, melalui layanan pengiriman sesuai permintaan, atau kombinasi.
Agar tetap kompetitif dan tidak hanya menjadi situs e-commerce biasa, sangat penting untuk berfokus pada pengalaman pelanggan di luar situs web Anda untuk mendorong pengalaman pelanggan pasca-pemesanan.

Strategi e-commerce Anda harus berpusat pada pelanggan dan didukung oleh data
Mulailah dengan menganalisis tampilan lengkap pengalaman konsumen dan membangun solusi yang disesuaikan dengan pengalaman itu — mulai dari desain hingga strategi bisnis hingga implementasi, operasi, pemenuhan dan pengukuran, pemeliharaan dan peningkatan.

Merencanakan operasi Anda
Solusi dan desain konten digital memang penting, tetapi tidak akan menjadi masalah jika penyedia tidak memahami ekosistem Anda atau tidak dapat mengintegrasikan strategi atau keamanan cloud ke dalam rencana Anda. Dalam hal implementasi, pastikan tim Anda memahami cara mengintegrasikan ke dalam sistem perusahaan seperti alat perencanaan sumber daya perusahaan (ERP), manajemen hubungan pelanggan (CRM), atau sistem manajemen pesanan (OMS) dan dapat mengeluarkan data dari sistem tersebut.
Untuk bersaing dan melayani klien dengan lebih baik, sangat penting untuk memiliki dukungan operasional bersama dengan pemeliharaan jangka panjang situs web Anda, infrastruktur cloud, serta pengumpulan dan analisis data waktu nyata. Bekerja dengan mitra teknologi yang dapat menerapkan berbagai macam teknologi dan mengintegrasikan platform manajemen pengalaman dengan mesin e-commerce Anda untuk memenuhi harapan individu pengguna. Ini menarik pelanggan baru dan membuat pelanggan lama tetap setia pada merek Anda.

Evaluasi dan percepat platform e-commerce Anda untuk masa depan
Jika situs web e-commerce Anda sedang berjuang untuk memenuhi permintaan, Anda ingin menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik atau hanya meningkatkan penjualan dan menurunkan biaya, mungkin ini saatnya untuk mengevaluasi platform Anda.
• Mulailah dengan menggabungkan semua persyaratan yang unik dan membedakan organisasi Anda (tidak semua fitur dan fungsi yang dimiliki semua platform).
• Berdasarkan persyaratan ini, lihat platform yang cocok untuk bisnis Anda dan kompilasi daftar positif dan negatif untuk setiap platform.
• Pahami total cost of ownership (TCO) dan bandingkan daftar platform Anda dengan lingkungan Anda saat ini. Lihatlah perangkat lunak pihak ketiga, biaya untuk sumber daya pengembangan, dan infrastruktur. TCO biasanya mencakup lima tahun.
• Berdasarkan TCO, lihat tujuan Anda untuk organisasi Anda dan buat keputusan yang tepat.

Baca juga artikel tentang :  Strategi Efektif dalam Pengembangan Online Shop Anda

E-commerce adalah segmen bisnis yang dinamis dan berkembang pesat dengan kebutuhan yang berbeda. Untuk membuat dampak dengan konsumen saat ini, bisnis harus menekankan dan membedakan merek mereka, secara proaktif berinovasi melalui wawasan yang berpusat pada pelanggan, memberikan nilai yang andal dan konsisten, dan terus berinvestasi kembali dalam bisnis mereka.

Apakah menurut Anda organisasi Anda benar-benar memahami konsumen digital baru? Peran merek sedang bergeser dan konsumen mengharapkan pengalaman merek yang konsisten di seluruh spektrum titik sentuh digital yang terus meluas. Untuk memperlancar kerja Anda, Anda mungkin membutuhkan konsultasi strategis dan bisnis untuk menyelaraskan pengalaman pengguna di setiap titik kontak pelanggan dan mengintegrasikan teknologi dengan pengalaman yang berpusat pada pelanggan. Anda bisa menghubungi kami untuk itu. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *