PENTINGNYA MAPING DAN PENGGUNAAN KONTEN YANG TEPAT UNTUK PEMASARAN PRODUK B2B

Maju cepat ke tahun 2021 dan pembuatan konten yang baik bertumpu pada prinsip yang sama: membuatnya relevan, tepat waktu, bermanfaat, dan menarik. Namun, pembuatan strategi pemasaran konten yang baik telah menjadi sedikit lebih kompleks.
Saat ini, pemasaran konten tidak lagi hanya tentang menceritakan sebuah cerita: ini juga tentang menceritakan kisah yang tepat, dalam format yang tepat, di platform yang tepat. Banyak dari ini akan bergantung pada tahap perjalanan pelanggan mana yang dirancang untuk itu dan untuk apa tujuan spesifiknya. Konten Anda harus mampu menggerakkan prospek dan pelanggan di sepanjang perjalanan mereka, membawa mereka dari kesadaran hingga pembelian. Lalu apa yang perlu Anda lakukan untuk ini?

MEMETAKAN PERJALANAN PELANGGAN
Dengan begitu banyak hal yang harus dipertimbangkan, mungkin sulit untuk mengetahui dari mana harus memulai. Tapi bukankah setiap perjalanan yang rumit lebih mudah dengan peta? Memetakan perjalanan pelanggan untuk setiap persona audiens utama Anda adalah cara yang brilian untuk melihat setiap poin kontak yang mungkin dan memahami bagaimana hal itu bisa menjadi peluang untuk membangun kesadaran, melibatkan prospek baru, mengubah prospek, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan akhirnya berubah pelanggan setia menjadi pendukung merek. Ini juga akan menunjukkan kepada Anda bagaimana jalur yang berbeda saling berhubungan dan di mana jalan mungkin berakhir: strategi konten terbaik adalah yang mempertimbangkan bagaimana hubungan yang mungkin berubah dingin dapat dipelihara, untuk membuat Anda tetap diingat sampai pembeli siap untuk berkomitmen.
Pada setiap tahap perjalanan, pertanyaan utama yang perlu Anda ingat adalah ‘tindakan apa yang ingin penonton Anda lakukan?’. Pertimbangkan tindakan-tindakan ini sebagai rambu-rambu di peta jalan Anda dan buat semuanya ditata dengan jelas dengan cara yang masuk akal bagi. Peta jalan ini akan sangat berharga bagi Anda di kemudian hari. Sekarang Anda siap untuk mulai membuat konten.

Baca juga artikel tentang : 3 Masalah Paling Umum yang Selalu Menghantui Kesuksesan Bisnis

JENIS KONTEN YANG BISA ANDA BUAT
Tidak ada aturan yang tegas dan cepat tentang jenis konten yang akan digunakan pada setiap tahap perjalanan pelanggan, tetapi Anda perlu memikirkan tentang bagaimana format yang berbeda dapat bekerja; bergantung pada apa yang sudah diketahui audiens tentang Anda dan apa yang sudah Anda ketahui tentang mereka. Untuk memperjelasnya, sebaiknya pertimbangkan bagaimana tiga dari jenis konten inti dapat bekerja pada berbagai tahap perjalanan pelanggan:

Blog
Blog tetap menjadi salah satu jenis konten B2B yang paling populer, dan untuk alasan yang bagus. Menurut sebuah survei, 78% blogger melihat hasil dari konten mereka dan 1 dari 4 blogger melaporkan ‘hasil yang bagus’ dari penggunaan format ini.
Dengan hasil yang nyata, mudah untuk melihat mengapa blog telah menjadi konten pokok sepanjang perjalanan pelanggan. Mereka adalah cara lain yang baik untuk menunjukkan kepemimpinan pemikiran di pasar baru atau yang sudah ada, sementara membutuhkan lebih sedikit komitmen waktu dari Anda dan audiens Anda daripada konten jangka panjang Anda. Mereka juga baik untuk memelihara hubungan yang sudah ada dan secara teratur menunjukkan kepada pelanggan Anda bahwa Anda peduli dengan topik dan masalah yang sama dengan yang mereka lakukan. Tetapi jadilah kreatif – dengan begitu banyak blog dan blogger di luar sana, Anda harus memberikan sesuatu yang sedikit berbeda jika Anda ingin mengurangi kebisingan. Pertimbangkan untuk menambahkan visual ke blog Anda dan membuatnya benar-benar dapat dipindai dengan banyak subheader, untuk memastikan Anda dapat menarik perhatian bahkan pembaca yang paling miskin waktu.

Iklan dan postingan media sosial
Ketika Anda mengajukan pertanyaan, ‘di mana pelanggan potensial kita akan menemukan kita?’ salah satu jawaban pertama yang Anda dapatkan tidak diragukan lagi adalah ‘di media sosial’. Dan meskipun platform sosial pilihan Anda mungkin berbeda-beda sesuai dengan tempat audiens Anda kemungkinan besar ditemukan, kehadiran di media sosial adalah suatu keharusan bagi hampir setiap organisasi B2B saat ini. Saat Anda membangun kesadaran atau berburu petunjuk, iklan media sosial menyediakan cara yang hemat biaya untuk menjangkau audiens yang ditargetkan. Saat Anda tetap berhubungan dengan pelanggan, postingan dan polling media sosial menyediakan cara untuk menciptakan koneksi yang tidak terlalu formal, lebih manusiawi, dan terlibat dalam percakapan dua arah tentang masalah yang memengaruhi mereka. Kehadiran media sosial harus konsisten, jadi anggap itu sebagai utas yang berjalan melalui strategi Anda, menyatukan kampanye dan menyediakan tautan ke konten yang lebih panjang yang Anda ingin audiens Anda baca atau unduh. Berusahalah selalu untuk memberikan kesempatan interaksi jika Anda bisa – dan pastikan Anda responsif ketika orang benar-benar terlibat.

Video
Sekitar 87% bisnis sekarang menggunakan video sebagai pemasaran juga. Untuk bisnis B2B, video adalah cara yang bagus untuk membuat konten teknis lebih mudah diakses (dan topik kering lebih menarik). Kontennya berkinerja baik di media sosial dan dapat meningkatkan SEO saat disematkan di situs web Anda, dan menyediakan sejumlah opsi tergantung di mana Anda ingin menggunakannya dalam perjalanan pelanggan. Webinar video, misalnya, memberikan peluang yang lebih interaktif daripada buku putih untuk membangun kredensial kepemimpinan pemikiran Anda, dan juga bagus untuk menangkap prospek, sementara video penjelas berfungsi dengan baik untuk konversi prospek serta untuk melibatkan pelanggan yang sudah ada. Konten video yang benar-benar berguna atau menarik juga merupakan konten yang kemungkinan besar akan dibagikan, jadi berikan kesempatan untuk memperluas jangkauan Anda melalui advokasi teman sebaya.
Seperti halnya konten apa pun, tentu saja, keberhasilan yang Anda peroleh dengan video akan bergantung pada membuatnya menarik dan bermanfaat serta dalam membentuk konten agar sesuai dengan penonton dan tujuan. Meskipun video pendidikan tatap muka berdurasi 10 menit dapat berfungsi dalam beberapa keadaan, aturan umum pada video adalah menyaring informasi Anda dan membuatnya tetap menarik – orang menyukai format ini karena kemampuannya untuk memberikan informasi dengan cepat dan dengan cara yang menghibur secara visual .

KESEMPATAN DAN TANTANGAN
Pilihan untuk pembuatan konten terus berkembang, memberi pemasar peluang yang juga merupakan tantangan. Dengan begitu banyak opsi, membuat strategi konten yang mendukung dan meningkatkan perjalanan pelanggan Anda bisa terasa luar biasa. Saran saya adalah: pastikan Anda benar-benar memahami siapa audiens Anda dan apa yang mereka butuhkan di setiap tahap perjalanan pelanggan, pertahankan peta perjalanan perjalanan pelanggan Anda dekat, dan jangan takut untuk mencoba sesuatu baru. Organisasi B2B Anda mungkin belum siap untuk beralih ke TikTok – tetapi lihat saluran yang Anda sukai dan buat berbagai jenis konten untuk meningkatkan tingkat keterlibatan Anda di sana.

Ingin mengetahui lebih? Anda bisa menghubungi kami melalui whatsaap 081252982900. Tim kami siap membantu anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *