OPTIMASI KEMASAN ANDA UNTUK MEDIA SOSIAL

Dengan dunia yang terikat pada layar, media sosial dengan cepat menjadi dasar komunikasi modern. Kehadiran merek melalui Instagram, Facebook dan Twitter sekarang lebih menjadi kebutuhan daripada pilihan, oleh karena itu pengemasan merek harus sama pentingnya dengan produk di dalamnya.
Dahulu kala, pengemasan hanya dilihat oleh pelanggan akhir dan hanya tentang fungsi pelindung. Tetapi karena pembeli terus-menerus menggunakan media sosial untuk memengaruhi keputusan pembelian mereka dan semakin banyak dari kita yang memotret pengalaman kita setiap hari, media sosial berpotensi membuka merek kepada jutaan pemirsa setiap hari.
Ketahuilah bahwa pengemasan adalah tentang menghidupkan merek Anda dengan cara yang dapat dikenali. Perhatikan beberapa tips berikut.

JADIKAN PERPESANAN DAN DESAIN ANDA BERKESAN
Menyelaraskan pesan merek Anda dengan bahan dan pewarnaan yang Anda gunakan itu penting. Desain yang berani dan minimal mengomunikasikan pesan merek Anda secara efisien karena mudah dibaca dan berdampak paling besar.
Media sosial bergerak cepat, diisi hingga penuh dengan konten sehingga ada waktu menonton yang sedikit dan karenanya merek berjuang untuk menonjol saat orang-orang menggulir feed mereka. Apakah itu logo, font, atau warna, merek perlu menandai diri mereka sendiri dengan jelas.

BERI PENGALAMAN PADA PELANGGAN ANDA
Konten buatan pengguna adalah asli dan beresonansi dengan pengguna karena dibuat oleh orang lain selain merek – belum lagi menghemat waktu dan uang Anda karena pelanggan Anda menjadi pemasar.
Kemasan harus memiliki faktor ‘wow’ untuk memikat pengguna untuk memotret atau merekamnya. Membangun antisipasi dan kegembiraan seputar pembukaan hadiah atau produk sama pentingnya bagi pelanggan seperti halnya produk di dalamnya.
Video unboxing misalnya telah mengambil alih internet dan mereka mengumpulkan jutaan tampilan setiap hari. YouTube, Snapchat, dan Instagram Stories khususnya telah menjadi platform waktu nyata yang akan menampilkan pengalaman ini kepada banyak orang. Ada sesuatu yang mempesona dari membuka paket yang indah dan menemukan isinya yang membuat orang ingin berbagi momen itu dengan orang lain.
Orang-orang mempercayai orang lain dan media sosial menciptakan platform pemasaran dari mulut ke mulut elektronik yang efisien serta dukungan alami yang tampaknya benar dalam kehidupan – tidak seperti iklan.

MENGGUNAKAN PEGANGAN SOSIAL DAPAT MENINGKATKAN VIRALITAS ANDA
Merek harus mendorong pelanggan untuk mengikuti, berbagi, dan berinteraksi dengan mereka di media sosial mereka sendiri. Dengan secara cerdik menambahkan hashtag dan pegangan ke kemasan Anda untuk aksesibilitas media sosial, Anda membuat ajakan bertindak yang membuat Anda dapat langsung ditemukan. Dan orang-orang dapat melakukan pembelian baru melalui umpan belanjaan Anda jika Anda membawanya langsung ke sana.
Jika sebuah paket dipersonalisasi, itu juga lebih dapat dibagikan karena menjadi bagian dari merek pelanggan itu sendiri. Menyesuaikan pengalaman dalam satu kemasan membuat penerima merasa istimewa, seperti mereka adalah bagian dari entitas Anda – Anda hanya perlu melihat kampanye Coca-Cola yang sangat sukses, ‘Share a Coke’, di mana orang benar-benar pergi ke toko hanya untuk mencari, membeli dan berbagi minuman bersoda ‘pribadi’ mereka.

BUAT KEMASAN CERDAS ATAU TERHUBUNG
Dengan konsumen menghabiskan lebih dari tiga jam sehari di perangkat seluler mereka dan sektor e-niaga melonjak, pengemasan harus tetap terhubung secara digital dan mendorong kembali ke merek secara online.
Memanfaatkan budaya media sosial dan persona pelanggan mereka, merek perawatan kulit Jepang Skin Aqua membalik informasi pada kemasan mereka, sehingga terbaca dengan benar saat pembeli melakukan selfie.
Baru-baru ini, Loreal bekerja sama dengan ModiFace, aplikasi kecantikan augmented reality yang memungkinkan konsumen untuk ‘mencoba sebelum Anda membeli’ riasan mereka melalui kamera depan ponsel. Memberi tahu pelanggan tentang aplikasi melalui kemasan membantu mereka mempertahankan dan mendapatkan pelanggan baru.
Ada banyak cara merek memastikan kemasan mereka ‘terhubung’. Kode QR yang dapat dipindai misalnya dapat menawarkan berbagai macam penelusuran dan elemen interaktif. Ini memperluas kemampuan paket yang memungkinkan konsumen untuk dengan mudah mengakses informasi kualitas produk, memesan ulang barang, menonton video, membaca saran, berpartisipasi dalam kompetisi dan bahkan menerima komunikasi yang dipersonalisasi dan layanan pelanggan.
Semoga artikel di atas bermanfaat bagi pembaca, apabila pembaca membutuhkan infromasi lebih lanjut dan membutuhkan bimbingan dalam membangun team Digital marketing, silahkan hubungi kami di 081252982900 atau email ke groedu@gmail.com. Kami siap mendampingi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *