FAKTOR PENTING PENENTU JAM OPERASI BISNIS RITEL MODERN YANG SUKSES MILIK ANDA

Menjalankan bisnis membutuhkan keseimbangan yang cermat dalam menghasilkan pendapatan dan pengeluaran untuk operasi. Perbedaan antara kedua faktor ini adalah keuntungan Anda. Jadi, Anda pasti ingin mencari jam kerja yang paling menguntungkan. Jam terbaik tergantung pada bisnis dan industri Anda. Misalnya, bioskop akan mendapat untung pada jam-jam yang sangat berbeda dengan toko roti. Pertimbangkan faktor-faktor berikut ini saat menentukan jam kerja ideal untuk bisnis Anda.

  1. Data Point of Sale
    Sistem tempat penjualan (POS) Anda menampung semua data tentang setiap transaksi, termasuk stempel waktu. Anda dapat mengatur informasi berdasarkan tanggal dan waktu. Dengan begitu, Anda dapat mempertimbangkan kapan Anda melihat paling banyak pelanggan dan penjualan.
    Dari sana, Anda dapat mengatur ulang jam kerja Anda. Jika hanya sedikit orang yang datang pada hari Senin atau Anda tidak melihat pelanggan sebelum jam 10 pagi pada hari Selasa, Anda dapat mengurangi jam-jam tersebut. Anda kemudian akan menghemat uang saat toko tutup.
    Pastikan untuk mengubah jam buka Anda di profil Google Bisnisku sehingga pelanggan dapat mengikuti perubahan apa pun.
  2. Biaya Operasional
    Setelah Anda menggunakan data POS untuk menemukan jam kerja yang paling menguntungkan, Anda dapat menyeimbangkan informasi tersebut dengan biaya pengoperasian Anda. Pengeluaran ini berasal dari pemakaian listrik, utilitas dan inventaris. Tambahkan ini dan lihat kapan Anda menghabiskan paling banyak.
    Anda dapat menemukan solusi kreatif untuk mengurangi pengeluaran ini. Misalnya, Anda dapat memusatkan jam kerja Anda saat biaya energi lebih sedikit. Ini mungkin di musim semi ketika Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk pemanas atau pendingin dan Anda dapat menggunakan pencahayaan alami.
    Selain menurunkan biaya, pengurangan jam kerja juga dapat meningkatkan produktivitas karyawan. Sebuah perusahaan Selandia Baru menemukan bahwa 78% karyawan merasa lebih baik tentang keseimbangan kehidupan kerja mereka setelah bekerja empat hari, bukan lima hari.
  3. Lokasi
    Lokasi memainkan peran besar dalam jam kerja Anda. Pengecer di daerah perkotaan mungkin tetap buka lebih lama dari pengecer di lokasi pedesaan. Bergantung pada apa yang Anda jual dan di mana Anda berada, Anda dapat menyusun jam kerja Anda di sekitar lingkungan Anda.
    Demografi juga menjadi faktor lokasi. Generasi yang lebih tua tinggal lebih banyak di daerah pedesaan, dan pada tahun 2016, mereka mencapai 17,5% dari populasi tersebut dibandingkan dengan 13,8% di daerah perkotaan.
    Orang yang lebih tua mungkin berbelanja lebih banyak di pagi hari daripada di sore hari. Generasi yang lebih muda mungkin keluar di malam hari. Mengetahui area dan demografi Anda akan memengaruhi jam kerja Anda yang menguntungkan.
  4. Perubahan Musiman
    Saat Anda mempertimbangkan jam buka, Anda juga harus memperhitungkan perbedaan musiman. Bisnis Anda mungkin tidak terlihat sama di musim panas seperti di musim dingin, terutama dengan perubahan cuaca yang drastis. Musim panas membawa suhu yang lebih hangat dan cahaya siang hari yang lebih lama, jadi Anda mungkin ingin tetap buka lebih lama.
    Namun, Anda juga dapat mempertimbangkan bahwa orang lebih suka menghabiskan waktu di dalam ruangan daripada di luar pada bulan-bulan yang lebih dingin, yang dapat meningkatkan penjualan. Faktanya, 71% pengecer fisik melaporkan kuartal keempat sebagai yang paling menguntungkan.
    Anda dapat mengasah jam terbaik dari data POS Anda dan mendatangkan pelanggan selama waktu tersebut.
  5. Keterlibatan Pelanggan
    Anda selalu dapat mengandalkan pelanggan untuk memberikan umpan balik. Survei sederhana dapat memberi Anda perasaan yang lebih baik saat klien Anda suka datang dan berbelanja. Berdasarkan informasi tersebut, Anda dapat mengubah jam buka Anda.
    Anda juga dapat membangun kehadiran online. Pelanggan telah beralih ke belanja online karena pandemi COVID-19 terus berlanjut. Faktanya, e-commerce meningkat 44% dari 2019 hingga 2020.
    Tingkatkan situs web Anda untuk keterlibatan pelanggan yang lebih baik. Anda tidak perlu khawatir tentang biaya operasional fisik karena orang dapat berbelanja online kapan saja.
    Menemukan jam yang paling menguntungkan adalah salah satu trik yang perlu Anda optimalkan. Lima langkah di atas akan membantu Anda menemukan jam tertentu yang sesuai untuk bisnis Anda. Dengan perubahan yang tepat, Anda dapat fokus pada saat pelanggan datang dan mengurangi biaya pengoperasian Anda secara keseluruhan.

Semoga artikel ini membantu dalam bisnis yang anda jalankan, kami memiliki layanan untuk membantu bisnis anda dengan mengubungi tim kami melalui whatsaap 0812-5298-2900. Tim kami siap membantu bisnis anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *