CARA TERBAIK UNTUK MENJAGA KEBERSIHAN GUDANG ANDA

Pembersihan gudang memang bisa menjadi tugas yang berat, namun tentu saja jika terdapat gudang yang tidak dirawat secara teratur, gudang dapat dengan cepat menjadi berantakan, yang dapat menghambat alur kerja sehari-hari. Bahkan dapat meningkatkan bahaya ancaman keselamatan kerja dan biaya pengoperasian. Gudang yang bersih dan teratur dapat meningkatkan produktivitas, meningkatkan akurasi, dan menghasilkan kepuasan kerja yang lebih tinggi.
Menurut teori dua faktor Fredrick Herzberg, faktor kebersihan tidak serta merta mendorong karyawan untuk bekerja lebih keras, tetapi faktor higienis yang baik, di sisi lain, akan mendorong lingkungan yang positif di antara para pekerja. Agar menjaga lingkungan kerja yang bersih dan aman, gudang perlu dibersihkan secara efektif dari waktu ke waktu. Mari kita uraikan proses pembersihan gudang berikut:

  1. Persiapan. Sebelum membersihkan, Anda perlu mempersiapkan diri dengan baik. Ini termasuk memindahkan barang apa pun dari lantai atau permukaan lain yang menghalangi proses pembersihan. Juga, pindahkan kendaraan seperti forklift dan truk dari area tersebut.
  2. Pembersihan Awal. Sebelum memulai pembersihan mendalam, selalu ada baiknya untuk menghilangkan titik-titik kotoran dan kotoran yang signifikan. Ini akan mengurangi waktu keseluruhan yang dibutuhkan.
  3. Menangani Area yang Tinggi. Bersihkan permukaan yang tinggi terlebih dahulu karena kotoran akan jatuh ke permukaan yang lebih rendah. Pendekatan ini dapat mencegah pembersihan lantai dua kali. Beberapa area yang harus dibersihkan termasuk saluran pemanas atau pendingin, jendela dan bingkai atas, dan bagian atas palet dan rak. Anda dapat menggunakan tiang ekstensi dengan kepala kain lap atau penyedot debu kelas industri.
  4. Lantai. Setelah mengurus semua tempat tinggi, fokuslah ke lantai. Mayoritas cedera di gudang terdiri dari terpeleset, tersandung, dan jatuh. Oleh karena itu, penting untuk memberi perhatian khusus pada lantai, area di bawah rak, dan celah serta celah lainnya. Pertama, mulailah dengan menggunakan kain pel besar untuk membersihkan kotoran dan debu. Gunakan pembersih minyak dan bersihkan noda terberat, seperti bekas ban dari forklift.
  5. Meninjau Daftar Periksa. Daftar periksa dapat memastikan bahwa tidak ada titik yang terlewat secara tidak sengaja saat membersihkan. Jadi, sebelum sesi pembersihan selesai, disarankan untuk meninjau daftar periksa.

Berikut ini adalah tips yang bisa anda gunakan untuk menjaga gudang anda tetap bersih.

  1. Miliki Rencana. Saat memilih rutinitas pemeliharaan dan pembersihan, penting untuk memastikan bahwa hal itu tidak menghalangi produktivitas gudang Anda. Menetapkan jadwal yang konsisten dan terencana dapat membantu Anda menyeimbangkan sumber daya dan waktu dengan cara yang efisien serta menjalankan proses pembersihan dengan lancar.
  2. Perlengkapan Pembersih Harus Selalu Disebar. Tidak memiliki persediaan pembersih yang siap setiap saat dapat membuat karyawan enggan membersihkan gudang. Selain itu, jika mereka harus berjalan jauh atau mencari perbekalan, hal itu akan mengakibatkan pemborosan jam produktif mereka.
  3. Bersihkan saat Anda Pergi. Upaya sadar perlu dilakukan oleh karyawan gudang untuk membersihkan diri mereka sendiri. Ini membantu tidak hanya dalam mempertahankan standar yang ditetapkan oleh perusahaan tetapi juga dalam menjaga area bebas bahaya.
  4. Tentukan Area bagi Karyawan untuk Dibersihkan. Cara yang efisien untuk memastikan bahwa area tertentu tetap bersih adalah dengan menetapkan area untuk anggota staf tertentu. Pembagian menjadi zona ini membuat tugas tampak tidak terlalu menakutkan. Ini juga membantu mencegah perlambatan produktivitas selama pergantian shift karena pekerja yang masuk tidak harus membersihkan kekacauan yang ditinggalkan oleh kelompok sebelumnya.
  5. Serahkan Persediaan Secara Teratur. Stok yang berada di rak dalam waktu lama dapat mengumpulkan debu dan menyebabkan masalah bagi seluruh gudang. Selain membuang-buang ruang gudang yang berharga, menangani stok juga lebih mahal dan membuat pembersihan gudang menjadi sulit.
  6. Pelaporan Cepat. Karyawan harus dilatih untuk melaporkan tumpahan atau bahaya dengan cepat.

Mengelola gudang lebih dari sekadar menjaga arus persediaan. Membersihkan gudang dapat mendorong suasana positif, yang dapat meningkatkan produktivitas, meningkatkan akurasi, dan menghasilkan kepuasan kerja yang lebih tinggi. Selain itu, memiliki rencana dan melaksanakannya dengan baik dapat membantu merampingkan proses pembersihan, yang pada akhirnya meningkatkan efisiensi dan mengurangi kecelakaan. Jika Anda ingin menerapkan teknologi untuk meningkatkan produktivitas dan merampingkan proses gudang Anda, atau Anda membutuhkan perlengkapan gudang seperti Rak Gudang dengan beban lebih dari 500 kg atau Warehouse Management system. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *