7 UPSKILLING YANG PERLU ANDA LAKUKAN SEBAGAI ACCOUNTING SUKSES DI TAHUN 2021

Akuntan saat ini harus mampu melakukan lebih dari sekadar angka-angka. Memasuki tahun 2021, profesional akuntansi diharapkan untuk melampaui organisasi dan manajemen waktu; untuk memastikan Anda tidak ketinggalan, Anda harus terus memperbarui keahlian Anda. Untuk sukses sebagai akuntan di tahun 2021, Anda membutuhkan keterampilan modern yang sesuai dengan teknologi terkini.
Tetap up to date adalah tantangan besar dalam industri akuntansi, apalagi sekarang otomatisasi sedang meningkat. 45,9% akuntan percaya bahwa teknologi baru dan disrupsi digital adalah salah satu dari 3 tantangan bisnis terbesar, sementara 23,7% percaya bahwa merekrut talenta yang terampil dan berkualitas di masa depan akan sulit.
Percaya atau tidak, otomatisasi dan teknologi akuntansi AI tidak akan mencuri pekerjaan akuntansi Anda, itu benar-benar akan menguntungkannya: lebih dari 72% akuntan percaya bahwa teknologi telah meningkatkan efisiensi mereka di tempat kerja, mengurangi waktu yang dihabiskan untuk tugas-tugas administrasi dan meningkatkan kualitas pekerjaan serta layanan mereka secara keseluruhan.
Jika Anda ingin unggul sebagai akuntan pada tahun 2021, Anda perlu memperbarui CV Anda untuk memperhitungkan teknologi baru yang sedang naik daun. Artikel ini akan mengeksplorasi berbagai keterampilan yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan dan memperbarui CV Anda.

  1. Pengetahuan Industri Umum
    Tidak peduli seberapa besar teknologi berkembang, ada pengetahuan industri umum dan keterampilan teknis yang dibutuhkan setiap akuntan. Kantor akuntan mengharapkan lebih dari sekadar kemahiran dengan Microsoft excel. Mereka mengharapkan kompetensi seperti:
    • Keterampilan buku besar
    • Kemahiran spreadsheet
    • Keterampilan rekonsiliasi
    • Pengalaman analisis data
    • Keterampilan pelaporan keuangan
    • Pemahaman yang kuat tentang GAAP (Prinsip Akuntansi yang Berlaku Umum)

Pada dasarnya, untuk membuktikan bahwa Anda memiliki pengetahuan akuntansi umum, Anda perlu menunjukkan kepada atasan Anda bahwa Anda memahami dasar-dasarnya. Ini bisa sesederhana mempelajari cara mencatat laporan keuangan, salah satu dari banyak keterampilan dasar yang dibutuhkan setiap akuntan.
Dengan mempelajari dasar-dasarnya, Anda dapat memperluas cakupan keterampilan akuntansi Anda, yang memungkinkan Anda untuk menarik dari berbagai bidang keahlian dan berkoordinasi dengan anggota tim lain secara lebih efisien.

Baca juga artikel tentang : Bagaimana Cara Melakukan Analisis Pasar dengan Benar?

Jika Anda baru mengenal akuntansi, mengembangkan pengetahuan industri umum Anda akan membantu Anda menentukan apakah ini jalur karier yang tepat untuk Anda. Selain itu, Anda dapat mengetahui apakah ada ceruk khusus yang berbicara kepada Anda, jika keterampilan Anda bersinar di area tertentu, terimalah itu!

  1. Fokus Pelanggan
    Banyak orang berpikir bahwa akuntan hanya perlu pandai menghitung angka, tetapi pada kenyataannya, akuntan juga perlu memiliki keterampilan orang yang sempurna. COVID-19 adalah penghalang besar di bidang layanan pelanggan akuntansi selama setahun terakhir, sehingga memasuki tahun 2021, 42% akuntan telah menetapkan fokus utama mereka pada retensi klien.
    Akuntan yang hebat memiliki keterampilan komunikasi yang hebat — untuk mempertahankan basis klien Anda, Anda perlu memastikan pelanggan Anda merasa didengar dengan mempertahankan komunikasi yang konsisten.
    Keterampilan interpersonal Anda akan menentukan seberapa besar klien Anda mempercayai kemampuan Anda, yang secara langsung akan mempengaruhi masuknya pelanggan Anda.
    Selain itu, akuntan juga menangani banyak data keuangan yang rumit; pelanggan Anda mempekerjakan Anda untuk menyederhanakan informasi keuangan ini untuk mereka. Pada akhirnya, Anda pada dasarnya menerjemahkan angka menjadi informasi yang dapat dicerna. Untuk membantu klien Anda memahami, Anda harus dapat berkomunikasi seefektif dan sehangat mungkin.
  2. Pengetahuan Regulasi
    Ini adalah keterampilan dasar sederhana lainnya yang dibutuhkan setiap akuntan: pengetahuan peraturan. Setiap akuntan yang bekerja perlu memiliki pemahaman yang kuat tentang peraturan pemerintah saat ini sesuai dengan standar CPA. Ini adalah jenis pengetahuan teknis yang dibutuhkan semua akuntan publik bersertifikat.
    Memahami peraturan pemerintah saat ini akan membantu Anda membuat keputusan yang tepat untuk bisnis klien Anda. Pengetahuan peraturan yang kuat sangat berharga di bidang tertentu dalam perusahaan akuntansi, seperti perdagangan internasional dan pasar cryptocurrency.
    Tidak peduli berapa banyak akuntansi modern berkembang, pemahaman yang kuat tentang peraturan pemerintah akan selalu menjadi keterampilan berharga yang sepadan dengan waktu Anda.
  3. Kemampuan Beradaptasi dan Antusiasme
    Semua akuntan harus bisa beradaptasi; industri terus berubah dan Anda harus siap menerima setiap perubahan.
    Selama beberapa tahun terakhir, metode akuntansi modern telah diperbarui terus-menerus. Faktanya, banyak layanan yang kami kaitkan dengan akuntansi tradisional sedang diotomatisasi sama sekali, dengan pembukuan, pengumpulan data, dan persiapan pengembalian pajak diperkirakan akan paling terpengaruh oleh otomatisasi di tahun-tahun mendatang.
    Tetap up-to-date dengan perubahan ini akan membuat Anda lebih dapat dipekerjakan sebagai akuntan modern. Saatnya untuk mengubah perspektif Anda — alih-alih dipekerjakan sebagai pemegang buku, akuntan hari ini dipekerjakan karena pengalaman mereka dengan otomatisasi.
    Pemahaman Anda tentang otomatisasi dan metode akuntansi modern lainnya akan menunjukkan seberapa mudah Anda beradaptasi sebagai karyawan. Kemampuan beradaptasi Anda juga membuktikan antusiasme Anda. Mustahil untuk tetap stagnan dalam karir seperti ini; selalu ada hal baru untuk dipelajari.
  4. Pengetahuan Teknis Terkini
    Di luar otomatisasi, pengetahuan teknis Anda harus mencerminkan semua tren akuntansi saat ini. Misalnya, komputasi awan telah tumbuh secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Lebih dari setengah bisnis kecil di Australia sekarang menggunakan jenis perangkat lunak akuntansi cloud.
    Tren akuntansi berubah sepanjang waktu dan mencerminkan kemajuan teknologi terkini di industri ini. Untuk mempersiapkan tahun 2021, kembangkan pengembangan profesional Anda dengan melakukan riset dan temukan tren akuntansi yang akan datang.
    Untuk dipekerjakan, pengalaman Anda harus mencerminkan apa yang relevan di pasar. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menjaga pengetahuan teknis Anda tetap mutakhir.
  5. Berpikir Kritis
    Berpikir kritis adalah keterampilan penting di sebagian besar karier, tetapi ini sangat relevan dengan akuntansi. Sebagai seorang akuntan, klien Anda mengharapkan Anda membuat keputusan penting untuk bisnis mereka.
    Setiap keputusan yang Anda buat untuk klien Anda harus mempertimbangkan penganggaran, manajemen risiko, penilaian pertumbuhan, perubahan peraturan, dan banyak lagi. Saat membuat keputusan ini, Anda memerlukan pemikiran kritis dan keterampilan memecahkan masalah untuk mengevaluasi setiap situasi secara efektif.
    Jika Anda menggunakan keterampilan berpikir kritis Anda untuk keuntungan Anda, karir akuntansi bisa sangat bermanfaat. Dengan berpikir kreatif dan kritis, Anda dapat membantu setiap klien mencapai hasil terbaik.
  6. Pengalaman Khusus
    Setelah Anda memiliki pemahaman yang kuat tentang semua dasar-dasarnya, Anda dapat menambahkan beberapa keunggulan pada CV Anda dengan memasukkan beberapa pengalaman kerja khusus. Spesialisasi tidak hanya akan melengkapi keterampilan Anda yang ada, tetapi juga membedakan Anda dari kandidat lain.
    Bidang akuntansi yang dapat Anda spesialisasikan meliputi bidang-bidang seperti:
    • Keuangan komersial
    • Akuntansi lingkungan
    • ERP (Perencanaan Sumber Daya Perusahaan)
    • Keuangan perusahaan
    • Mengaudit TI

Spesialisasi adalah cara yang bagus untuk menyesuaikan karir Anda dengan minat Anda sendiri, membuat pekerjaan Anda sehari-hari menjadi lebih bermanfaat.
Spesialisasi juga akan memungkinkan Anda untuk meningkatkan dan meningkatkan pengalaman akuntansi yang sudah Anda miliki. Ini akan membuatnya lebih mudah untuk memulai bisnis pembukuan Anda sendiri di kemudian hari dalam karir Anda. Anda seorang accounting yang ingin merampingkan laporan-laporan Anda dengan perangkat lunak otomatis yang user friendly? Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *