7 CARA MEMPOSISIKAN PELANGGAN B2B ANDA MENJADI ONLINE

Perjuangan e-commerce B2B terus berpusat pada bagaimana mentransisikan pelanggan dengan anggun ke cara kerja yang baru. Yang kami maksudkan adalah membuat pelanggan B2B Anda online. Meskipun masih menjadi tantangan saat ini, bisnis sekarang dapat memanfaatkan fakta bahwa pembeli B2B secara aktif dan sangat ingin membeli secara online.

Apa yang mendorong pelanggan B2B online? Apa yang mereka inginkan?
Jika Anda ingin membuat pelanggan B2B Anda online, penting untuk menentukan mengapa penggemar e-commerce ingin berada di sana sejak awal. Ini akan menjadi kunci untuk meyakinkan fanatik faks Anda untuk mengambil lompatan dan bergabung dengan Anda secara online.
Menurut penelitian yang kami lakukan, tiga alasan utama pelanggan B2B menginginkan akses ke toko web adalah:

  1. Kemudahan pembelian online.
  2. Kemampuan untuk menelusuri katalog online dengan mudah.
  3. Wawasan tentang inventaris yang tersedia dan waktu pengiriman.
    Ketika Anda memasukkan alasan tambahan (akses ke lebih banyak detail produk, akses ke riwayat pesanan online dan kemampuan untuk mencari katalog online, dan sebagainya) jelas bahwa pelanggan B2B menyukai e-niaga karena satu alasan yang sangat besar dan sangat penting: kenyamanan .

Sekarang setelah Anda tahu mengapa pelanggan Anda menginginkan toko online, akan lebih mudah untuk meyakinkan mereka untuk bergabung dengan Anda di sana. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu mereka.

  1. Kirim kartu perkenalan
    Ya, melalui surat.Ini adalah cara yang bagus untuk menjangkau semua pelanggan Anda, baik mereka yang sudah terbiasa dengan teknologi atau akan segera menjadi orang yang berkonversi e-commerce. Mengirim kartu yang mengumumkan toko web Anda melalui pos memberi pelanggan Anda pengingat fisik, dan itu menunjukkan bahwa Anda meluangkan waktu dan upaya untuk menawarkan layanan yang lebih baik kepada mereka.
    Anda juga dapat mengirim email jika Anda memiliki alamat email pelanggan Anda. Tetap singkat dan manis dan sorot satu ajakan bertindak yang mengundang mereka untuk menjelajahi toko web baru Anda. Anda bahkan dapat mempersonalisasikannya dengan tautan agar mereka dapat melihat produk yang paling banyak dibeli di toko web Anda.
  2. Didik pelanggan Anda dengan video petunjuk
    Buat video instruksional singkat yang menunjukkan kepada pelanggan Anda bagaimana mereka dapat memesan secara online dan membagikannya melalui email dan media sosial. Selain membantu, ini juga merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan kesadaran merek dan mendapatkan pelanggan baru.
  3. Rangsang belanja online dengan diskon toko web khusus
    Menawarkan diskon toko web eksklusif adalah cara yang bagus untuk mendorong pelanggan Anda mencoba toko web baru Anda. Pikat mereka dengan pengiriman gratis atau kode promosi. Anda bahkan bisa berkreasi dan mengatur perburuan di toko web Anda dengan diskon untuk semua orang yang berpartisipasi.
  4. Bantu pelanggan Anda masuk
    Tantang layanan pelanggan atau tim penjualan Anda untuk mendorong pelanggan memesan secara online.
    • Arahkan ulang semua panggilan telepon dengan pertanyaan tentang faktur dan pesanan keportal layanan mandiri online. Jika pelanggan tidak ingin memesan secara online karena merasa terlalu rumit, pandu mereka melalui portal untuk menunjukkan betapa mudahnya menggunakannya. Tunjukkan pada mereka cara mengakses harga pribadi, riwayat pesanan, pesanan sebelumnya, status stok, dll.
    • Selalu rujuk pertanyaan tentang faktur, inventaris, dan pesanan ke portal swalayan. Bahkan jika pelanggan Anda belum siap untuk memesan secara online, Anda masih dapat merujuk mereka ke portal untuk menikmati kemudahan wawasan instan tentang harga, riwayat pesanan, pesanan saat ini, inventaris, dan banyak lagi.
    • Tindak lanjuti permintaan pelanggan dan prospek untuk detail login ASAP untuk mendorong penggunaan portal online Anda.
  5. Ubah perilaku pelanggan Anda
    Ada banyak hal kecil yang dapat Anda lakukan untuk mendorong pelanggan Anda berbelanja online. Menawarkan pengiriman gratis untuk pesanan dalam jumlah tertentu, misalnya, akan mendorong pelanggan Anda untuk memesan beberapa item sekaligus, alih-alih menempatkan beberapa pesanan kecil secara berurutan. Dengan insentif tambahan berupa pengiriman gratis, mereka akan memilih untuk menempatkan produk di keranjang belanja mereka sepanjang hari dan melakukan satu pesanan di akhir. Ini lebih hemat biaya untuk mereka, dan itu pasti lebih efisien untuk Anda!
  6. Didik tenaga penjualan Anda
    Pastikan semua perwakilan penjualan Anda mengetahui cara kerja toko web Anda. Minta mereka memesan secara online alih-alih langsung di ERP, misalnya, sehingga mereka memiliki pemahaman yang lebih baik tentang pengalaman pelanggan Anda.
    Jika perwakilan penjualan Anda mengunjungi pelanggan, minta mereka memesan untuk pelanggan mereka secara online dengan perangkat seluler mereka.
    Ketika perwakilan penjualan Anda memimpin dengan memberi contoh, pelanggan Anda akan mengikuti. Karena penempatan pesanan menjadi lebih cepat dan lebih mudah bagi perwakilan penjualan Anda, Anda juga akan menemukan bahwa fokus mereka akan beralih dari menempatkan pesanan kecil ke penjualan silang dan penjualan atas.
    Manfaat ketiga dari pendekatan ini adalah Anda dapat menggunakan umpan balik yang diberikan oleh penjualan dan penjualan dalam untuk mengoptimalkan pengalaman pengguna di toko web Anda.
  7. Tingkatkan penjualan dengan pemasaran yang dipersonalisasi
    Tawarkan kepada pelanggan Anda konten yang unik dan dipersonalisasi yang akan menarik bagi keinginan dan kebutuhan mereka. Sangat mudah untuk membuat katalog produk yang dipersonalisasi dan menyesuaikan saran penjualan silang dan penjualan atas berdasarkan riwayat toko web pelanggan Anda. Anda dapat melangkah lebih jauh dengan mengirimkan email bulanan dengan diskon untuk produk yang sering dipesan per pelanggan.

Baca juga artikel tentang :  Tipe Konten yang Cocok Digunakan untuk Membangun Prospek B2B

Kesimpulan
Tentukan tujuan dan KPI Anda, lalu putuskan tindakan apa yang akan Anda ambil untuk mencapainya. Anda tidak akan dapat melakukan semuanya sekaligus atau membuat semua orang online sekaligus, dan itu tidak masalah. Yang paling penting adalah memastikan pelanggan Anda memahami keuntungan dari portal penjualan online Anda, dan kemudian mereka mengalaminya sendiri.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silahkan hubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *