6 TIPS MELAKUKAN ANALISIS PASAR YANG BENAR UNTUK BISNIS ANDA

Memahami basis pelanggan Anda adalah salah satu langkah kunci pertama untuk sukses dalam bisnis. Tanpa mengetahui siapa pelanggan Anda, apa yang mereka inginkan, dan bagaimana mereka ingin mendapatkannya dari Anda, bisnis Anda dapat berjuang untuk menghasilkan strategi pemasaran yang efektif. Di sinilah analisis pasar masuk. Analisis pasar bisa menjadi proses yang memakan waktu lama, tetapi mudah dan mudah dilakukan sendiri dalam tujuh langkah.

Apa Itu Analisis Pasar?
Analisis pasar adalah penilaian menyeluruh dari pasar dalam industri tertentu. Dengan analisis ini, Anda akan mempelajari dinamika pasar Anda, seperti volume dan nilai, segmen pelanggan potensial, pola pembelian, persaingan, dan faktor penting lainnya. Analisis pemasaran yang menyeluruh harus menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:
• Siapa pelanggan potensial saya?
• Apa kebiasaan membeli pelanggan saya?
• Seberapa besar target pasar saya?
• Berapa banyak pelanggan bersedia membayar untuk produk saya?
• Siapa pesaing utama saya?
• Apa kekuatan dan kelemahan pesaing saya?

Apa Manfaat Menjalankan Analisis Pemasaran?
Analisis pemasaran dapat mengurangi risiko, mengidentifikasi tren yang muncul, dan membantu memproyeksikan pendapatan. Anda dapat menggunakan analisis pemasaran di beberapa tahap bisnis Anda, dan bahkan dapat bermanfaat untuk melakukannya setiap tahun untuk mengikuti perkembangan perubahan besar di pasar.
Analisis pasar yang terperinci biasanya akan menjadi bagian dari rencana bisnis Anda, karena ini memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang audiens dan persaingan Anda, membantu Anda membangun strategi pemasaran yang lebih bertarget.
Ini adalah beberapa manfaat utama lainnya dari melakukan analisis pasar:
• Pengurangan risiko. Mengetahui pasar Anda dapat mengurangi risiko dalam bisnis Anda, karena Anda akan memiliki pemahaman tentang tren pasar utama, pemain utama dalam industri Anda, dan apa yang diperlukan untuk menjadi sukses, yang semuanya akan menginformasikan keputusan bisnis Anda. Untuk membantu Anda lebih melindungi bisnis Anda, Anda juga dapat melakukan analisis SWOT, yang mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman untuk bisnis.
• Produk atau layanan yang ditargetkan. Anda berada dalam posisi yang jauh lebih baik untuk melayani pelanggan Anda ketika Anda memiliki pemahaman yang kuat tentang apa yang mereka cari dari Anda. Ketika Anda mengetahui siapa pelanggan Anda, Anda dapat menggunakan informasi itu untuk menyesuaikan penawaran bisnis Anda dengan kebutuhan pelanggan Anda.
• Up to Date. Tetap terdepan dalam bisnis sering kali berarti menjadi yang pertama menemukan peluang atau tren baru, dan menggunakan analisis pemasaran untuk tetap mengikuti tren industri adalah cara yang bagus untuk memposisikan diri Anda guna memanfaatkan informasi ini.
• Proyeksi pendapatan. Prakiraan pasar adalah komponen kunci dari sebagian besar analisis pemasaran, karena memproyeksikan jumlah, karakteristik, dan tren masa depan di pasar sasaran Anda. Ini memberi Anda gambaran tentang keuntungan yang dapat Anda harapkan, memungkinkan Anda untuk menyesuaikan rencana bisnis dan anggaran Anda.
• Tolok ukur evaluasi. Mungkin sulit untuk mengukur kesuksesan bisnis Anda di luar angka murni. Analisis pasar memberikan tolok ukur yang dapat digunakan untuk menilai perusahaan Anda dan seberapa baik kinerja Anda dibandingkan dengan perusahaan lain di industri Anda.
• Konteks untuk kesalahan masa lalu. Analisis pemasaran dapat menjelaskan kesalahan masa lalu bisnis Anda atau anomali industri. Misalnya, analitik mendalam dapat menjelaskan apa yang memengaruhi penjualan produk tertentu, atau mengapa metrik tertentu berkinerja seperti itu. Ini dapat membantu Anda menghindari kesalahan tersebut lagi atau mengalami anomali serupa, karena Anda akan dapat menganalisis dan menjelaskan apa yang salah dan mengapa.
• Optimalisasi pemasaran. Di sinilah analisis pemasaran tahunan berguna – analisis reguler dapat menginformasikan upaya pemasaran Anda yang sedang berlangsung dan menunjukkan kepada Anda aspek mana dari pemasaran Anda yang perlu berhasil, dan mana yang berkinerja baik dibandingkan dengan perusahaan lain di industri Anda.

Baca juga : 

Bagaimana Melakukan Analisis Pasar?
Meskipun melakukan analisis pemasaran bukanlah proses yang rumit, ini membutuhkan banyak penelitian khusus, jadi bersiaplah untuk mencurahkan waktu yang signifikan untuk proses tersebut.
Ini adalah tujuh langkah melakukan analisis pasar:

  1. Tentukan tujuan Anda.
    Ada banyak alasan Anda mungkin melakukan analisis pasar, seperti untuk mengukur persaingan Anda atau memahami pasar baru. Apa pun alasan Anda, penting untuk segera menentukannya agar Anda tetap pada jalurnya selama proses berlangsung. Mulailah dengan memutuskan apakah tujuan Anda bersifat internal – seperti meningkatkan arus kas atau operasi bisnis – atau eksternal, seperti mencari pinjaman bisnis. Tujuan Anda akan menentukan jenis dan jumlah penelitian yang akan Anda lakukan.
  2. Penelitian keadaan industri.
    Sangat penting untuk menyertakan garis besar rinci tentang keadaan industri Anda saat ini. Sertakan ke mana arah industri tampaknya, menggunakan metrik seperti ukuran, tren, dan proyeksi pertumbuhan, dengan banyak data untuk mendukung temuan Anda. Anda juga dapat melakukan analisis pasar komparatif untuk membantu Anda menemukan keunggulan kompetitif dalam pasar spesifik Anda.
  3. Identifikasi target pelanggan Anda.
    Tidak semua orang di dunia akan menjadi pelanggan Anda, dan akan membuang-buang waktu Anda untuk mencoba membuat semua orang tertarik dengan produk Anda. Alih-alih, putuskan siapa yang paling mungkin menginginkan produk Anda menggunakan analisis target pasar dan fokuskan upaya Anda di sana. Anda ingin memahami ukuran pasar Anda, siapa pelanggan Anda, dari mana mereka berasal, dan apa yang mungkin memengaruhi keputusan pembelian mereka, dengan melihat faktor-faktor seperti ini:
    • Usia
    • Jenis kelamin
    • Lokasi
    • Pekerjaan
    • Pendidikan
    • Kebutuhan
    • Minat
    Selama penelitian Anda, Anda mungkin mempertimbangkan untuk membuat profil pelanggan atau persona yang mencerminkan pelanggan ideal Anda untuk dijadikan model bagi upaya pemasaran Anda.
  4. Pahami pesaing Anda.
    Untuk menjadi sukses, Anda memerlukan pemahaman yang baik tentang pesaing Anda, termasuk kejenuhan pasar mereka, apa yang mereka lakukan secara berbeda dari Anda, dan kekuatan, kelemahan, dan keunggulan mereka di pasar. Mulailah dengan membuat daftar semua pesaing utama Anda, lalu telusuri daftar itu dan lakukan analisis SWOT untuk setiap pesaing. Apa yang dimiliki bisnis itu yang tidak Anda miliki? Apa yang akan membuat pelanggan memilih bisnis itu daripada bisnis Anda? Tempatkan diri Anda pada posisi pelanggan.
    Kemudian, urutkan daftar pesaing Anda dari yang paling mengancam hingga yang paling tidak mengancam, dan putuskan garis waktu untuk melakukan analisis SWOT secara teratur pada pesaing Anda yang paling mengancam.
  5. Analisis data Anda.
    Setelah Anda mengumpulkan semua informasi yang Anda bisa dan memverifikasi bahwa itu akurat, Anda perlu menganalisis data agar berguna bagi Anda. Atur penelitian Anda menjadi beberapa bagian yang masuk akal bagi Anda, tetapi cobalah untuk memasukkannya untuk tujuan, target pasar, dan persaingan Anda.
    Ini adalah elemen utama yang harus disertakan dalam penelitian Anda:
    • Ikhtisar ukuran dan tingkat pertumbuhan industri Anda
    • Persentase pangsa pasar yang diproyeksikan untuk bisnis Anda
    • Pandangan industri
    • Tren pembelian pelanggan
    • Perkiraan pertumbuhan Anda
    • Berapa banyak pelanggan yang bersedia membayar untuk produk atau layanan Anda?
  6. Kerjakan analisis Anda.
    Setelah Anda menyelesaikan pekerjaan untuk membuat analisis pasar, inilah saatnya untuk benar-benar membuatnya bekerja untuk Anda. Secara internal, cari di mana Anda dapat menggunakan penelitian dan temuan Anda untuk meningkatkan bisnis Anda. Pernahkah Anda melihat bisnis lain melakukan hal-hal yang ingin Anda terapkan di organisasi Anda sendiri? Apakah ada cara untuk membuat strategi pemasaran Anda lebih efektif?
    Jika Anda melakukan analisis untuk tujuan eksternal, atur penelitian dan data Anda ke dalam dokumen yang mudah dibaca dan dicerna agar lebih mudah dibagikan dengan pemberi pinjaman.

Pastikan untuk menyimpan semua informasi dan penelitian Anda untuk analisis berikutnya, dan pertimbangkan untuk membuat pengingat kalender setiap tahun sehingga Anda tetap berada di puncak pasar Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis. Silakan hubungi kami langsung dinomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *