6 STRATEGI JITU PEMASARAN OMNICHANNEL YANG DAPAT ANDA GUNAKAN UNTUK E-COMMERCE ANDA

Belanja dikenal sebagai terapi bagi beberapa banyak orang. Belakangan ini, orang mulai beralih ke toko online untuk semua kebutuhan belanja mereka. Apakah konsumen ingin membeli pakaian atau produk elektronik, toko belanja online telah menjadi pilihan utama.
Berbagai pilihan dan kemudahan yang ditawarkan toko online menarik lebih banyak pelanggan untuk berbelanja online. Ada sekitar 2,14 miliar pembeli online di seluruh dunia pada tahun 2021.

Namun, untuk menonjol di tengah keramaian, memiliki strategi pemasaran yang tepat untuk bisnis eCommerce Anda adalah suatu keharusan. Hanya jika Anda memiliki strategi pemasaran yang tepat, Anda dapat menarik lebih banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan Anda.
Namun demikian, pastikan bahwa semua upaya pemasaran Anda tidak terfokus pada saluran online saja. Ingatlah bahwa bahkan saat ini ada orang yang lebih suka membeli dari toko offline. Di sinilah tepatnya strategi pemasaran omnichannel muncul.

Pemasaran omnichannel memungkinkan bisnis eCommerce Anda mempertahankan keberadaannya di berbagai saluran offline dan online secara efektif. Nah, dalam artikel kali ini, berikut adalah strategi terbaik yang dapat membantu Anda meningkatkan bisnis eCommerce Anda dan memaksimalkan keuntungan Anda.

  1. Audit strategi Anda yang ada
    Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan audit terperinci terhadap strategi pemasaran yang sudah ada. Bahkan sebelum mengembangkan strategi pemasaran omnichannel Anda, Anda perlu melakukan audit. Ini akan membantu Anda mengetahui apa yang benar-benar bekerja untuk bisnis Anda dan apa yang tidak.
    Melihat lebih dekat semua data pemasaran dapat memberi Anda wawasan berharga dan membantu Anda merencanakan dengan lebih baik. Selain itu, mengidentifikasi titik lemah bisnis eCommerce Anda akan memungkinkan Anda untuk fokus pada area tersebut dan meningkatkannya. Anda dapat memikirkan berbagai cara untuk meningkatkan strategi pemasaran yang ada.
    Seringkali, ulasan pelanggan di situs eCommerce atau media sosial Anda dapat memberi Anda wawasan terbaik. Ini akan memberi Anda gambaran tentang seberapa baik Anda dapat memuaskan pelanggan Anda dan di mana Anda tertinggal.
  2. Analisis pelanggan dan petakan perjalanan mereka
    Dasar dari strategi pemasaran omnichannel Anda adalah memahami pelanggan Anda dengan baik. Namun, ingatlah bahwa memahami pelanggan Anda tidak terbatas pada mengetahui jenis kelamin, usia, atau lokasi pelanggan Anda. Sebaliknya, Anda harus mengamati perilaku pembelian pelanggan dengan cermat.
    Cobalah untuk menganalisis bagaimana pelanggan berinteraksi dengan bisnis Anda. Pahami berbagai saluran yang mereka gunakan untuk terhubung dengan merek Anda. Memetakan perjalanan pelanggan juga penting.
    Ketika berbicara tentang ritel omnichannel, ada beberapa rute yang dapat diambil pelanggan Anda untuk mencapai ujung corong konversi. Mereka dapat Google produk, membeli melalui situs web Anda atau melalui halaman media sosial. Pastikan pelanggan bisa mendapatkan pengalaman membeli yang luar biasa di mana pun rute yang mereka ambil.
  3. Personalisasi konten
    Untuk menarik dan menarik pelanggan, personalisasi telah menjadi strategi yang signifikan. Pengguna terus beralih di antara perangkat yang berbeda saat berbelanja online. Untuk mendorong lebih banyak lalu lintas, Anda perlu menargetkan semua saluran dan menyesuaikan konten untuk setiap saluran.
    Untuk ini, tim pemasaran Anda harus meluangkan lebih banyak waktu. Namun, pastikan untuk membuat pesan yang dipersonalisasi untuk semua saluran. Pesan Anda bisa pendek tetapi harus berbeda untuk setiap saluran. Misalnya, pesan Anda untuk pemberitahuan push tidak boleh sama dengan konten pesan email.
  4. Segmentasikan audiens target Anda
    Menyegmentasikan audiens target Anda adalah strategi efektif lain dari pemasaran omnichannel. Setelah Anda memahami pelanggan Anda dengan baik, segmentasi mereka bisa sangat mudah. Segmentasi dapat mempermudah Anda untuk berkomunikasi secara efektif dan menyesuaikan perjalanan pelanggan.
    Untuk menyegmentasikan audiens target Anda, Anda dapat menggunakan berbagai kriteria seperti preferensi, suka, perilaku pembelian online, dan banyak lagi. Semakin baik dan jelas segmentasinya, semakin sukses pemasaran omnichannel Anda. Selain itu, dengan segmentasi yang tepat, perencanaan kampanye dan personalisasi konten untuk kelompok pelanggan yang berbeda akan menjadi mudah.
  5. Fokus pada penargetan ulang
    Tidak semua pelanggan akan membeli produk bisnis eCommerce Anda sejak awal. Jadi, retargeting penting untuk terus mengingatkan pelanggan akan brand Anda. Melalui iklan spanduk di situs web, platform media sosial, dan spanduk fisik di tempat ramai, Anda dapat dengan mudah menargetkan ulang audiens Anda.
    Ini membantu dalam menjaga bisnis eCommerce Anda di atas pikiran pelanggan Anda. Semakin banyak mereka melihat iklan merek Anda, semakin tinggi peluang konversi. Penargetan ulang tidak hanya akan mendorong lebih banyak lalu lintas untuk bisnis Anda, tetapi juga meningkatkan ROI Anda secara keseluruhan.
  6. Manfaatkan alat otomatisasi
    Di dunia yang sibuk saat ini, Anda tidak dapat melakukan semuanya secara manual. Evolusi teknologi telah membuat pemasaran lebih mudah untuk bisnis. Untuk menangani beberapa tugas pemasaran omnichannel Anda, Anda harus menggunakan alat otomatisasi. Alat otomatisasi dapat membantu mengoptimalkan strategi pemasaran omnichannel Anda dengan lebih baik.
    Dengan alat pemasaran otomatisasi, Anda dapat dengan cerdas mengelompokkan audiens target Anda dalam waktu yang jauh lebih singkat. Anda juga dapat mempersonalisasi pesan pemasaran dan menjadwalkan kampanye pemasaran Anda. Selain itu, Anda dapat dengan mudah mengukur efektivitas kampanye pemasaran Anda dan membuat perubahan yang diperlukan. Ini dapat membantu Anda menghemat banyak waktu dan tenaga sambil menguntungkan bisnis eCommerce Anda.

Manfaatkan Strategi Pemasaran Multisaluran untuk Bisnis E-commerce Anda
Pemasaran omnichannel telah menjadi kebutuhan saat ini untuk setiap bisnis eCommerce. Sekarang setelah Anda mengetahui strategi pemasaran omnichannel terbaik, sekarang saatnya untuk memanfaatkan dan menerapkannya untuk bisnis Anda. Dengan strategi yang tepat, menjadi yang terdepan dalam persaingan dan memenuhi harapan pelanggan menjadi mudah.

Memiliki tim lintas fungsi juga dapat meningkatkan peluang keberhasilan pemasaran omnichannel Anda. Dengan orang yang tepat dan strategi yang tepat, Anda pasti akan melihat hasil yang bagus untuk bisnis eCommerce Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silakan hubungi kami langsung dinomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *