6 INDIKATOR KPI TERBAIK DENGAN PROBABILITAS PESANAN YANG SEMPURNA

Delivered in full & on time (DIFOT) adalah indikator kinerja utama (KPI) yang sangat penting, tetapi kebanyakan orang mengukurnya dengan cara yang salah dan itulah mengapa saya akan menjelaskan apa yang menurut saya merupakan ukuran terbaik.
Kami menyebutnya probabilitas pesanan yang sempurna.

  1. Akurasi Entri Pesanan
    Satu hal yang harus Anda ukur adalah akurasi entri pesanan Anda. Anda menerima pesanan telepon, Anda menerima pesanan EDI, pesanan web. Dengan cara apa pun pesanan tersebut masuk, apakah pesanan tersebut dimasukkan ke dalam sistem Anda secara akurat?
    Dalam kasus salah satu klien kami, sebut saja Perusahaan A, mereka mendapatkan akurasi 98%. Jadi pikirkan tentang itu. Artinya, mereka mendapatkan 2% kesalahan di awal — kesalahan penguncian, kesalahan terjemahan, atau apa pun. Itu tidak biasa.
  2. Ketersediaan Persediaan
    Yang ini tidak cukup terukur. Apa yang saya maksud dengan ini? Oke, kami sudah memasukkan pesanan pelanggan ke dalam sistem, tetapi apakah kami memiliki stok untuk memenuhi pesanan itu? Dalam kasus contoh saya di atas, 20% dari waktu mereka tidak memiliki stok yang tersedia. Jadi mereka sudah berada di belakang bola delapan mencoba untuk menjaga pelanggan kami karena 20% dari waktu mereka bahkan tidak memiliki stok yang tersedia. Jadi itu adalah komponen penting untuk diukur.
  3. Tingkat layanan DIFOT
    Ini adalah kemampuan gudang untuk memilih produk, dikemas secara akurat, dan siap untuk dikirim ke pelanggan. Dalam kasus contoh saya, Perusahaan A mendapatkan 90%. Ini berarti mereka memiliki 10% kesalahan yang masih merayap masuk. Jadi mereka harus memikirkan hal-hal yang dapat mereka lakukan untuk memperbaikinya.
  4. DIFOT Perusahaan Transportasi
    Inilah yang tampaknya diukur oleh semua orang — pengiriman oleh perusahaan transportasi tepat waktu & penuh. Perusahaan A mengukur 98%. Kedengarannya cukup bagus, tetapi ketika Anda memperhitungkan beberapa angka sebelumnya, ada konsekuensinya, yang akan saya jelaskan nanti.
  5. Perintah Penerimaan Pelanggan
    Pelanggan menerima pesanan karena produk tidak rusak, itu yang mereka pesan, dan dokumennya benar. Dalam 95% kasus, pelanggan dari perusahaan tertentu ini menerima pesanan.
  6. Faktur Dibayar Tepat Waktu
    Untuk menutup loop, sangat bagus untuk mengukur apakah faktur akurat dibayar tepat waktu. Di sini, angka untuk Perusahaan A adalah 98%.

Jadi, Anda harus mengukur tidak hanya DIFOT tetapi juga semua KPI lainnya. Untuk mendapatkan cerminan yang akurat dari kinerja Anda, Anda harus melipatgandakan semuanya.
Jadi, dalam hal ini, kami mengambil 98% X 80% X 90% X 98% X 95% X 98% dan mengalikannya, karena semuanya saling berdampak. Ketika kita melakukan ini, kita dapat melihat probabilitas untuk menyempurnakan pesanan itu hanya 64%.

Baca juga artikel tentang : Pentingnya Memiliki Hitungan Persediaan yang Akurat

Jadi, jika Anda melihat bisnis Anda dan melihat bahwa DIFOT adalah 98%, Anda mungkin berpikir bahwa Anda melakukannya dengan cukup baik. Anda tidak, karena kemungkinan mendapatkan pesanan yang sempurna bukanlah 98%.
Dalam industri ini, rata-rata adalah 68%, yang tidak terlalu bagus. Terbaik di kelasnya adalah 93%.
Jika ini adalah angka-angka Anda, apa yang akan Anda lihat pertama kali untuk mencoba mengangkat 64% itu lebih dekat ke 93%?

Satu hal yang menonjol dalam contoh ini adalah ketersediaan inventaris — dan di sanalah tim manajemen perusahaan ini melatih fokus mereka. Mereka berkonsentrasi pada peningkatan inventaris, karena itu akan berdampak terbesar pada peningkatan ukuran keseluruhan.

Keindahan dari probabilitas ukuran pesanan yang sempurna adalah bahwa kita melihat semua fungsi utama yang mengarah pada pelayanan kepada pelanggan, tetapi juga lintas fungsi, seperti:
• Pelayanan pelanggan
• Rantai pasokan
• Pergudangan
• Orang inventaris
• Keuangan

Jadi, yang Anda dapatkan adalah kolaborasi. Semua fungsi bekerja sama untuk mencoba dan meningkatkan angka.
Dengan Perusahaan A, mereka memulai dengan 64% kemungkinan pesanan yang sempurna. Mereka mencapai 68% dalam waktu sembilan bulan, dan mereka mencapai angka terbaik di kelasnya sebesar 93% dalam dua tahun. KPI inilah yang memberi mereka fokus dan kolaborasi lintas fungsi yang mereka butuhkan.

Kurang jelas? Anda bisa berkonsultasi dengan kami dengan cara menghubungi kami melalui Whatsapp 0812-5298-2900. Tim kami akan membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *