5 TIPS MENJAGA MOTIVASI DISTRIBUTOR

Saluran atau channel penjualan terkadang memang sangat rumit. Ini dikarenakan adanya ketergantungan anda pada orang lain dua kali lipat dari penjualan perusahaan. Dalam penjualan korporat, anda mungkin bertemu dengan manajer pembelian satu atau dua kali dalam sebulan. Tetapi dalam saluran penjualan, anda mungkin akan bertemu dengan distributor antara satu atau dua kali seminggu. Karena sifat pekerjaan yang berulang, dan sifat distribusi yang dinamis, saluran penjualan memiliki tantangan tersendiri. Tantangan-tantangan ini harus dihadapi langsung oleh distributor. Dan karenanya, menjaga motivasi para penyalur tetap tinggi adalah kunci keberhasilan dalam distribusi. Pada kesempatan kali ini, kami tim GroEdu Academy (Lembaga Konsultan & training Bisnis dan distribusi produk yang sudah dipercaya diberbagai kota besar diantaranya Surabaya, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogjakarta, Denpasar, Palembang, Banjarmasin, Palangkaraya, Balikpapan, Makassar, Medan dan kota besar lainnya) akan membagikan tips untuk memotivasi para distributor.

Baca juga : cara efektif memberikan training pada sales force perusahaan

Gunakan Segmentasi Yang Tepat.
Segmentasi yang paling umum dalam distribusi adalah geografis. Jadi, jika seorang distributor diberi kebebasan untuk beroperasi secara eksklusif dalam geografi tertentu, maka ini dapat memotivasi disttibutor karena bisnis yang dapat ia hasilkan dari geografi itu. Tetapi anda juga dapat mengubah mode segmentasi berdasarkan produk anda. Pada akhirnya, distributor harus mendapatkan bagian yang adil untuk dimainkan.

Tetapkan Target
Distributor adalah pengusaha dan bukan karyawan. Jadi secara umum, mereka tidak memiliki target. Sehingga sudah tugas perusahaan untuk menetapkan target bagi para distributor dan memastikan bahwa mereka mencapainya. Komunikasi target ini penting agar distributor memiliki tujuan yang pasti dalam benaknya.

Dukungan Distributor Dengan Skema Dan Diskon.
Ini adalah salah satu faktor yang paling memotivasi dalam distributor adalah insentif. Anda dapat menjaga motivasi distributor dengan skema ini. Pada saat yang sama, anda juga harus menuntut target agar uang diberikan. Ini bermanfaat bagi kedua pihak yang terlibat. Namun, pastikan anda memberikan manfaat moneter hanya kepada distributor yang berkinerja terbaik. Jika anda memberikan insentif kepada semua orang, maka itu bukan “manfaat khusus”.

Latih Staf Pengontrol Distrubutor Secara Teratur
Orang yang terlatih tentu dapat membantu para distributor untuk melakukan lebih banyak bisnis dan menghasilkan lebih banyak pendapatan. Namun, anda akan mengetahui kemampuan sebenarnya dari mereka hanya ketika anda mengajukan pertanyaan produk dan pertanyaan terkait penjualan. Jika eksekutif menjawab dengan benar maka dia bisa menjadi aset. Namun, jika eksekutif distributor anda tidak dapat memahami proses penjualan, maka dia akan menyebabkan hilangnya penjualan, yang pada akhirnya akan mempengaruhi perusahaan juga. Jadi bantu distributor dalam menjual lebih banyak dengan melatih stafnya untuk penjualan produk yang lebih baik.

Demikian artikel ini, terimakasih, dan semoga bermanfaat. Jika anda membutuhkan informasi lebih lengkap tentang artikel di atas, distributorship management, atau strategi supply chain management, TRAINING SALES & DISTRIBUTION. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi whatsapp kami 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami siap membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *