5 PERTIMBANGAN PENTING DALAM MENEMUKAN DISTRIBUTOR GROSIR UNTUK BISNIS ANDA

Distributor grosir bertanggung jawab untuk membeli barang, biasanya dalam jumlah besar, dan menjual kembali barang tersebut ke pengecer dan perusahaan online. Jika perusahaan Anda secara teratur menjual barang dalam jumlah besar, Anda tahu betapa pentingnya menemukan distributor untuk bisnis Anda.
Terkadang, menemukan distributor grosir tampaknya lebih sulit daripada menciptakan produk atau layanan yang layak dijual. Jika itu masalahnya, penting untuk diingat bahwa langkah-langkah tertentu untuk menjual grosir dapat membuat seluruh proses lebih mudah dikelola, dan lebih menguntungkan.
Langkah-langkah seperti riset pasar dan penetapan harga yang tepat lebih dari sekadar menciptakan penawaran produk yang menguntungkan: langkah-langkah tersebut dapat membuat seluruh portofolio produk Anda lebih menarik bagi calon distributor grosir yang ingin membawa produk Anda ke pasar.
Dalam artikel ini, kami akan sampaikan beberapa poin yang perlu Anda pertimbangkan agar Anda dapat menemukan distributor grosir yang berkualitas.

Baca juga :  5 Faktor Penting Sebelum Menemukan Distributor Grosir untuk Bisnis Anda

  1. Pertimbangkan industri Anda
    Setiap kali Anda mencari grosir untuk bisnis Anda, penting untuk mempertimbangkan industri Anda. Spesifik pasar Anda penting, karena dapat memengaruhi distributor grosir mana yang tepat untuk perusahaan Anda. Memahami industri Anda sering kali merupakan langkah pertama untuk mengidentifikasi mitra grosir yang ideal untuk bisnis Anda.
    Memahami industri Anda berarti mengembangkan pengetahuan penuh tentang saluran distribusi yang tersedia untuk Anda. Tergantung pada industri Anda masing-masing, Anda mungkin mencari produsen, distributor eksklusif, distributor regional, atau mitra grosir lain yang mengirimkan produk ke pengecer dalam format lain.
    Jika bisnis Anda memiliki jangkauan global yang lebih luas, Anda mungkin mencari produsen. Sebaliknya, organisasi yang lebih kecil sering membutuhkan jasa distributor regional atau eksklusif, untuk mengirimkan produk ke pengecer individu atau area tertentu. Catat rantai pasokan produk Anda, dan pasangkan dengan distributor grosir yang akrab dengan industri Anda dan dengan pengecer yang dapat membantu bisnis Anda memperluas jangkauannya.
  2. Pertimbangkan ukuran bisnis Anda
    Pemilik bisnis juga perlu mempertimbangkan ukuran bisnis mereka saat mencari grosir. Ini karena ukuran bisnis Anda pada akhirnya dapat memengaruhi distributor grosir mana yang tepat untuk Anda.
    Meningkatkan pendapatan bisnis online sering kali bermuara pada seberapa efektif distributor grosir dalam memasukkan produk Anda ke toko terbaik — terutama jika Anda menjalankan bisnis e-commerce. Mitra grosir yang tepat dapat memungkinkan untuk meningkatkan kesadaran merek dan meningkatkan penjualan, tetapi hanya jika mereka cocok untuk portofolio produk Anda serta ukuran operasi Anda.
    Ukuran perusahaan juga dapat menentukan kecepatan operasinya. Namun, perusahaan yang beralih ke model enterprise resource planning (ERP) dapat mencapai operasi bisnis yang lancar terlepas dari ukurannya, terutama jika platform terintegrasi dengan Microsoft Dynamics 365.
    E-commerce terintegrasi SAP ERP dapat membantu perusahaan mengontrol aspek operasi bisnis mereka. Dari menjangkau distributor grosir hingga meluncurkan toko online yang responsif, ini adalah pendekatan yang membantu bisnis dari semua ukuran bergerak dengan kecepatan yang nyaman bagi Anda.
  3. Pertimbangkan produsennya terlebih dahulu
    Terkadang, lebih mudah bagi pemilik bisnis untuk mendapatkan produk langsung dari produsen, daripada melibatkan distributor grosir untuk menjembatani kesenjangan. Ketika ini terjadi, membangun hubungan langsung antara merek dan produsen dapat menghemat sumber daya Anda, dan pada akhirnya mengantarkan produk ke tangan pelanggan dengan kecepatan yang ditingkatkan.
    Sumber produk langsung dari produsen akan sering menghemat waktu dan uang perusahaan. Perusahaan Anda tidak perlu membayar distributor grosir untuk pekerjaan mereka; melainkan, mereka dapat mengalihkan sebagian besar dana mereka untuk pembuatan produk, penelitian, pengoptimalan, dan semua aspek bisnis lainnya yang membuatnya sukses dalam jangka panjang.
  4. Jangkau banyak distributor
    Daripada menjangkau hanya satu atau dua distributor grosir, perusahaan harus menghubungi banyak distributor kapan pun mereka ingin membawa produk ke pasar. Keragaman distributor grosir ini akan memungkinkan Anda membuat keputusan yang tepat tentang mitra mana yang akan membantu Anda meningkatkan skala bisnis Anda.
    Menjangkau banyak distributor tidak hanya menghasilkan keputusan yang tepat. Proses ini juga akan mengajarkan Anda lebih banyak tentang distributor grosir yang tersedia untuk Anda, bersama dengan kualifikasi mereka untuk kemitraan. Selain itu, bisnis dapat mempelajari lebih lanjut tentang apa yang membuat kemitraan merek-distributor sukses, sebelum memutuskan distributor grosir yang mencerminkan kepentingan terbaik mereka.
    Kontak awal dengan distributor grosir tidak perlu rumit. Setelah meneliti informasi dasar tentang vendor grosir yang Anda hubungi, jangkau dan tetapkan ekspektasi yang jelas tentang hubungan tersebut. Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan apa pun yang mungkin Anda miliki untuk mereka, dan beri mereka waktu untuk menanggapi email Anda.
  5. Carilah saran
    Terlepas dari industri Anda, bisnis dapat menghemat banyak waktu hanya dengan mengajukan pertanyaan saat mencari distributor grosir yang tepat. Jaringan industri sangat berharga di dunia distributor grosir, terutama ketika tiba saatnya untuk mempersempit distributor potensial dan membuat keputusan akhir Anda tentang mitra.
    Jaringan industri dapat dilakukan secara online dan tatap muka. Online, platform umum untuk jaringan profesional termasuk LinkedIn, di mana Anda dapat berkomunikasi dengan kontak industri yang akan meningkatkan pemahaman Anda tentang lanskap distribusi. Di tempat lain, banyak distributor grosir online online didedikasikan untuk menjawab pertanyaan umum tentang industri itu sendiri, serta menghubungkan perusahaan dengan distributor grosir yang mencari kemitraan.
    Jika Anda mencari peluang jaringan secara langsung, pertimbangkan untuk bergabung dengan Kamar Dagang setempat. Anda juga dapat mencari grup jaringan grosir profesional di wilayah Anda, dan bergabung dengan pertemuan mendatang yang Anda temukan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silakan hubungi kami langsung dinomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *