4 STRATEGI MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI BISNIS DI ERA PANDEMI COVID-19

Adanya pandemi COVID-19 telah meresahkan banyak dan hampir seluruh sektor bisnis di dunia, termasuk di Indonesia. Tak sedikit perusahaan yang terdampak pandemi Covid-19. Terlebih dengan adanya pembatasan atau lockdown yang semakin menimbulkan penurunan omzet bisnis. Ini mengakibatkan banyak pelaku usaha yang mau tidak mau harus menutup usahanya dan memberhentikan karyawannya. Meski begitu, bukan berarti tidak ada cara sama sekali untuk tetap mempertahankan bisnis yang telah Anda kembangkan sepenuh hati. Dalam artikel kali ini akan kami sampaikan beberapa cara agar binsis kita bisa survive di era pandemi COVID-19.

  1. Berkomunikasi secara transparan dengan pelanggan Anda
    Berkomunikasi dengan pelanggan untuk memahami persepsi mereka tentang produk/solusi yang ditawarkan oleh Anda merupakan cara yang tepat.
  2. Menjaga hubungan yang sehat dengan pihak-pihak yang dikontrak
    Dapat dimengerti bahwa mungkin sulit untuk membayar vendor/pemasok selama penguncian. Namun, akan sangat membantu untuk memberikan pemberitahuan yang cukup kepada vendor, pemasok, tuan tanah, dll. Jika ada penundaan pembayaran sehingga mereka juga dapat bersiap dan tidak ada kepahitan di masa yang sudah sulit ini.
  3. Mengelola karyawan & pengoptimalan terkait
    Untuk perusahaan besar yang mempertimbangkan PHK, pilihan utamanya adalah memotong gaji eksekutif/karyawan yang dibayar lebih tinggi untuk mencoba mempertahankan orang-orang yang paling tidak mampu kehilangan pekerjaan mereka. Namun, ketika saatnya tiba untuk melakukan panggilan yang sulit, lakukan dengan belas kasih, perhatikan arahan pemerintah, dan tawarkan kompensasi tambahan jika diperlukan. Pelaksanaan tersebut sebaiknya dilakukan hanya sekali dan tidak secara bertahap sehingga tidak mempengaruhi semangat kerja karyawan.
  4. Jaga agar Tim Anda Terlibat
    Tim Anda bergantung pada Anda, jadi terus perbarui mereka tentang setiap perkembangan. Sebagai promotor, Anda bertanggung jawab untuk menjaga anggota tim Anda tetap terlibat dan tetap terhubung dengan mereka melalui alat konferensi video seperti Zoom dan Google Meets. Sangat penting untuk menjaga semangat tinggi dalam tim dan memahami suasana umum dalam tenaga kerja jarak jauh Anda.
  5. Fokus Penjualan Online Selama Pandemi
    Menjual online selama pandemi adalah waktu yang tepat untuk memulai toko online Anda sendiri. Anda bisa memanfaatkan jasa pos dan kurir untuk melakukan pengiriman barang. Anda juga bisa menggunakan jasa pengiriman barang seperti ojek online dengan sistem pengiriman tanpa interaksi langsung dengan pengemudi sehingga lebih aman dari Covid-19.

Baca juga artikel tentang : 15 Taktik Pemasaran Online Efektif untuk Bisnis Kecil dengan Anggaran Rendah

Yang terpenting adalah kepuasan pelanggan dan karyawan. Lakukan percakapan jujur tentang situasi dan dampaknya terhadap bisnis Anda dengan seluruh tim kepemimpinan Anda. Setiap pesan negatif harus disampaikan dengan penuh empati bersama dengan alasan yang transparan.

Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silahkan hubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *