4 STRATEGI MANAJEMEN DISTRIBUSI YANG MENGUNTUNGKAN UNTUK RITEL ANDA

Manajemen distribusi mengacu pada pergerakan barang yang efisien dan sukses dari titik produksi ke titik penjualan. Ini adalah istilah umum yang mencakup berbagai kegiatan, termasuk:
• Manajemen persediaan,
• Manajemen gudang ,
• Manajemen hubungan pemasok dan vendor,
• Manajemen logistik, dan banyak lagi.

Pengecer berkembang ketika mereka dengan cepat memproduksi dan menjual produk. Semakin lama mereka menyimpan barang, semakin tinggi kemungkinan pembusukan, pencurian, kerusakan, atau keusangan. Inventaris mungkin merupakan sumber kehidupan bisnis Anda, tetapi juga bisa menjadi kutukan jika dikelola dengan buruk.
Strategi manajemen distribusi yang sangat baik menghasilkan nilai di seluruh rantai pasokan. Dengan memantau upaya distribusi Anda, Anda mengumpulkan data yang dapat ditindaklanjuti tentang seberapa baik produk Anda berpindah dari pabrik ke gudang dan, akhirnya, ke pelanggan. Ketika Anda mengidentifikasi kemacetan dan proses yang tidak efisien, Anda dapat mengatasinya dan mengurangi hari dan dolar dari rantai pasokan Anda. Mengapa Manajemen Distribusi Penting? Pertimbangkan potensi inefisiensi ini:
• Anda tidak memiliki sistem manajemen inventaris (IMS) yang canggih. Akibatnya, Anda memiliki banyak titik data alih-alih satu sumber kebenaran, membatasi kemampuan Anda untuk menjawab pertanyaan pelanggan atau menetapkan titik pemesanan ulang yang akurat.
• Anda tidak memiliki sistem manajemen gudang (WMS) tingkat lanjut. Akibatnya, pekerja gudang Anda membutuhkan waktu lebih lama dari yang diperlukan untuk menyimpan, mengambil, dan mengemas pesanan.
• Anda belum mengoptimalkan tata letak gudang Anda. Akibatnya, limbah gerak gudang Anda meningkat secara signifikan, menunda pengiriman pelanggan dan meningkatkan biaya tenaga kerja.
• Anda tidak memiliki sistem manajemen transportasi (TMS). Akibatnya, Anda tidak dapat mengakses informasi real-time tentang tarif operator atau memilih rute truk yang paling optimal untuk menurunkan biaya pengiriman tanpa menunda pengiriman pelanggan.
• TMS dan WMS Anda tidak terintegrasi. Akibatnya, jadwal logistik masuk dan keluar Anda serta gelombang pengambilan gudang Anda tidak selaras. Paket yang harus dikirim sebelum pukul 17.00 tidak ada di truk terakhir hari itu karena staf gudang Anda menghabiskan paruh pertama hari itu untuk mengambil barang yang tidak harus dikirim sampai minggu depan.
• Anda belum menegosiasikan tarif pengiriman Anda. Meskipun Anda mengirimkan barang dalam jumlah besar pada frekuensi tinggi, Anda belum memanfaatkan kekuatan tawar-menawar Anda untuk mendapatkan nilai tambah atau diskon volume dari operator Anda.

Baca juga artikel tentang : Tips Manajemen Pesanan Toko Ritel

Strategi manajemen distribusi mengevaluasi rantai pasokan Anda secara keseluruhan dan mengidentifikasi area untuk penghematan biaya dan penciptaan nilai. Plus, ini membantu menginformasikan upaya pemasaran Anda. Dengan jaringan distribusi yang menjaga biaya tetap rendah, Anda dapat mempromosikan produk Anda secara kompetitif sambil tetap mendapatkan keuntungan.
Mari kita lihat masing-masing secara lebih rinci dan diskusikan bagaimana membuat strategi yang spesifik, terukur, dan terikat waktu untuk tujuan yang berbeda ini.

  1. Strategi Sukses Mengisi Pesanan Pelanggan
    Berhasil memenuhi pesanan pelanggan adalah tujuan paling jelas dari rantai pasokan Anda.
    Pemenuhan yang buruk berdampak serius pada retensi pelanggan. Pelanggan menghabiskan waktu untuk memilih produk yang mereka inginkan secara online – mereka memperluas gambar web, memilih warna dengan cermat, menunjukkan ukuran yang tepat, dan banyak lagi.
    Pengecer online harus mengakomodasi waktu pengiriman yang lebih pendek agar dapat menciptakan kesan positif pada pelanggan. Namun, pengiriman di hari yang sama tidak berpengaruh apa-apa jika pelanggan Anda menerima barang yang salah. Sehingga sangat penting bagi Anda agar selalu teliti barang sebelum Anda mengirimnya.
  2. Strategi untuk Memberikan Nilai Pelanggan Secara Konsisten
    Memahami pelanggan Anda memainkan peran besar dalam mempertahankan mereka dalam jangka panjang. Ini juga merupakan cara yang baik untuk mengurangi krisis pelanggan dan penyesuaian ulang yang mahal untuk operasi rantai pasokan Anda.
    Sebagai pengecer, memahami pelanggan Anda berarti memahami bagaimana Anda dapat menghasilkan nilai bagi pelanggan.
    Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan memberikan pengalaman ritel omni-channel. Pelanggan Anda tidak hanya berbelanja di toko. Mereka berbelanja melalui aplikasi seluler asli, saluran media sosial, dan toko online Anda. Bahkan jika Anda memiliki alat front-end untuk memberikan pengalaman ini, Anda memerlukan praktik manajemen distribusi yang tepat di bagian belakang untuk memberikannya dengan benar.
    Merancang strategi manajemen distribusi yang tepat untuk pengalaman ritel omni-channel memerlukan dua bagian: peningkatan teknologi dan penyesuaian operasional.
    Di sisi teknis, Anda perlu membeli perangkat lunak manajemen inventaris (IMS) yang canggih. IMS baru Anda harus terhubung ke sistem point-of-sale di dalam toko dan saluran eCommerce Anda, termasuk situs berbasis browser dan aplikasi seluler Anda. Pada dasarnya, akan ada beberapa titik pembelian, tetapi hanya akan ada satu ember inventaris, memastikan Anda dan pelanggan Anda memiliki akses ke angka yang akurat.
    Di sisi operasional, Anda perlu mengubah cara Anda memenuhi pesanan. Setelah Anda mengintegrasikan IMS baru Anda, Anda akan memiliki satu sumber kebenaran yang memungkinkan Anda memenuhi pesanan dari sumber stok fisik mana pun.
    Jika pelanggan memesan tas yang tersedia di toko ritel dan gudang Anda, tetapi toko ritel Anda lebih dekat dengan alamat pelanggan, Anda dapat mengirimkannya dari toko Anda. Sistem terintegrasi memperbarui catatan inventaris di seluruh papan.
  3. Strategi untuk Cepat Beradaptasi dengan Perubahan Pasar
    Pasar selalu berubah. Perusahaan yang merespons dengan cepat bertahan sementara mereka yang mengabaikan tanda-tanda atau tumbuh puas goyah.
    Sebagai pengecer, rantai pasokan Anda rentan terhadap semua jenis perubahan, termasuk:
    • Globalisasi
    • Meningkatkan harapan konsumen
    • Pendatang baru pasar
    • Meningkatnya biaya tenaga kerja lepas pantai
    Satu survei terhadap eksekutif tingkat C pasar menengah menemukan bahwa seperempat responden yang pindah untuk tujuan penghematan biaya tidak mencapai tingkat penghematan yang mereka harapkan.
    Jadi, bagaimana Anda bisa membangun rantai pasokan adaptif?
    • Buat model operasi adaptif di mana fungsi yang berbeda dapat diperkecil atau ditingkatkan berdasarkan pasar
    • Kembangkan struktur biaya variabel untuk memberi ruang gerak bagi organisasi Anda
    • Standarisasi proses dan sistem untuk memudahkan perluasan atau penghentian layanan, jika diperlukan
  4. Strategi Respon Cepat Terhadap Potensi Gangguan
    Sama seperti menciptakan rantai pasokan yang tangguh, ini adalah salah satu tujuan yang tidak dapat Anda ukur sampai keadaan berubah menjadi yang terburuk. Tapi, Anda tahu apa yang mereka katakan: Gagal mempersiapkan, bersiaplah untuk gagal. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk skenario ini adalah membuat rencana mitigasi risiko.
    Sebagai pengecer, Anda mengandalkan rantai pasokan Anda untuk bertahan dalam bisnis. Akibatnya, Anda memerlukan rencana kesinambungan bisnis sebagai bagian dari upaya manajemen distribusi Anda. Rencana kelangsungan bisnis mengidentifikasi fungsi bisnis penting, mengomunikasikan di mana cadangan berada, siapa titik kontak utama selama keadaan darurat, dan bagaimana segala sesuatunya akan beroperasi selama keadaan darurat.
    Membuat rencana kelangsungan bisnis – dan kemudian menjalankannya secara teratur dan memperbaruinya – membantu organisasi Anda menghindari kebingungan dan kepanikan yang muncul setelah serangan siber atau bencana alam.

Memahami Strategi Manajemen Distribusi Anda Sepadan dengan Usaha
Strategi manajemen distribusi yang dikelola dengan baik menghemat waktu dan uang pengecer. Ini memberikan kerangka kerja bagi pengecer untuk mengevaluasi jaringan distribusi dan rantai pasokan mereka, dan membantu mereka menemukan peluang untuk efisiensi dan pembangkitan nilai. Dengan memastikan pergerakan barang Anda yang berhasil dan hemat biaya dari titik produksi ke titik penjualan, Anda dapat melindungi dan mengembangkan bisnis Anda.
Kami membuka layanan konsultasi, silahkan hubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *