4 LANGKAH MENEMUKAN SISTEM POS OMNICHANNEL YANG TEPAT UNTUK BISNIS RITEL ANDA

Cara konsumen berbelanja terus berubah. Banyak toko ritel menghadapi lanskap yang menantang karena pelanggan menginginkan pengalaman yang menyeluruh. Dari belanja multi-saluran hingga pengembangan pengiriman dan pemenuhan pesanan, toko ritel harus menemukan cara untuk menawarkan pengalaman online dan offline agar sesuai dengan harapan pelanggan.
Model ritel tradisional adalah saluran tunggal. Pengecer memiliki toko fisik atau toko online. Tetapi pelanggan sekarang mengharapkan keduanya. Mereka menginginkan kenyamanan belanja online dan kepastian berbelanja di dalam toko. Disinilah pentingnya omnichannel. Satu cara yang bisa Anda lakukan untuk memulai omnichannel adalah dengan memanfaatkan atau memakai sistem POS omnichannel.
Namun nyatanya masih banyak bisnis atau ritel masih belum memutuskan untuk menggunakan sistem POS omnichannel dengan alasan tidak tahu cara menggunakan dan masih bingung sistem POS omnichannel seperti apa yang paling pas dengan bisnis mereka. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini akan kami sampaikan langkah-langkah yang bisa anda praktikkan untuk menemukan sistem POS omnichannel yang tepat untuk model bisnis ritel Anda.

Untuk memilih sistem POS omnichannel yang paling sesuai untuk perusahaan ritel Anda, ikuti 4 langkah berikut:

Langkah 1: Pikirkan tentang fitur apa yang Anda butuhkan
Mari kita mulai dengan tujuan bisnis Anda dan strategi omnichannel sebelum memilih penyedia POS. Berdasarkan kebutuhan yang berbeda, Anda dapat memilih POS yang fokus membantu Anda mencapai apa yang Anda inginkan. Selain itu, buatlah daftar dalam urutan prioritas Anda, dari “Harus dimiliki” hingga “Tidak terlalu diperlukan”, sehingga Anda dapat memiliki pandangan yang lebih akurat tentang fitur POS apa yang paling penting untuk bisnis Anda.
Beberapa pertanyaan yang harus Anda pertimbangkan adalah:
• Di saluran mana Anda ingin menjual produk Anda?
• Apakah Anda memerlukan sistem manajemen inventaris dasar atau lanjutan?
• Apakah Anda ingin melacak data penjualan?
• Apakah Anda ingin membuat profil dan manajemen pelanggan?
• Apakah Anda membutuhkan POS untuk mendukung berbagai jenis pembayaran?
• Apakah Anda memerlukan fitur program loyalitas?
• Bagaimana Anda ingin mengelola pemasok dan proses pembelian?

Langkah 2: Tentukan anggaran Anda
Selanjutnya, pikirkan tentang biaya yang ingin Anda investasikan dalam solusi POS omnichannel. Sangat penting untuk mempertimbangkan rasio biaya-manfaat. Periksa apakah biayanya sepadan dengan nilai yang Anda terima dalam jangka panjang, misalnya:
• Bagaimana POS menghemat waktu Anda dengan mempercepat transaksi dan mengontrol aliran persediaan?
• Bagaimana cara membebaskan sumber daya manusia dan menghilangkan kesalahan manual?
• Bagaimana cara meningkatkan pendapatan dan laba Anda di seluruh saluran?
• Bagaimana kontribusinya dalam membuat pelanggan setia?
• Bisakah itu ditingkatkan dengan Anda jika Anda membuka toko baru atau memperluas ke pasar baru?

Langkah 3: Bandingkan berbagai jenis sistem POS
Ada 3 jenis utama sistem POS untuk Anda pilih dari on-premise, berbasis cloud, dan hybrid.
Sistem POS di lokasi diinstal dan menyimpan data di server Anda. Anda memiliki kendali penuh atas itu dan dapat melakukan perawatan sendiri. Namun, jenis POS ini mahal untuk dipasang dan Anda memerlukan tim teknis untuk memeliharanya.
Sistem POS berbasis cloud beroperasi pada server jarak jauh yang dimiliki oleh penyedia POS. Sistem berbasis cloud menawarkan keamanan dan kinerja yang lebih baik daripada sistem lokal. Anda tidak perlu berinvestasi dalam ruang fisik untuk menyimpan data Anda, yang menghemat banyak biaya tetapi juga mengorbankan beberapa kontrol atas bagaimana sistem dikelola dan diperbarui.
Sistem hybrid POS hybrid menggabungkan keandalan POS on-premise dan kenyamanan POS berbasis cloud. Itu dapat terus bekerja ketika Internet mati, dan mengunggah data ke sistem pusat ketika Internet dipulihkan. Hal ini memastikan pelanggan selalu menerima pengalaman berbelanja yang konsisten dan lancar setiap saat.

Langkah 4: Persingkat daftar vendor dan evaluasi kesesuaiannya
Setelah Anda mengetahui apa yang Anda harapkan dalam sistem POS Anda, Anda dapat meneliti dan memilih beberapa penyedia yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan tetap sesuai dengan perkiraan anggaran Anda. Kemudian, hubungi penyedia POS untuk demo atau konsultasi. Untuk mengevaluasi POS secara memadai dan memastikan tidak ada kejutan atau biaya tersembunyi, bagikan persyaratan prioritas Anda dan siapkan daftar pertanyaan terperinci untuk setiap penyedia.
Beberapa kriteria yang harus Anda perhatikan untuk penilaian vendor POS:
• Kemudahan penggunaan. Nilai sistem dengan cara mudah untuk mengambil staf baru,
• Fitur yang sesuai. Berikan skor berdasarkan seberapa banyak sistem sesuai dengan kebutuhan Anda,
• Fitur yang harus dimiliki. Mendiskualifikasi penyedia yang tidak memiliki fitur ini,
• Dukungan pelanggan. Pertimbangkan vendor yang memberikan dukungan teknis kapan pun Anda meminta,
• Harga. Bandingkan harga antara versi yang berbeda dari 1 POS dan sistem POS yang berbeda,
• Kapasitas dan pengalaman pemasok POS. Pilih POS dengan reputasi baik dan kemampuan yang terbukti untuk tumbuh bersama Anda di masa depan.

Sistem POS yang Dapat Disesuaikan adalah Suatu Keharusan di Era Omnichannel
Kunci keberhasilan omnichannel adalah menemukan sistem POS yang tepat dengan fungsionalitas yang memungkinkan Anda membangun program omnichannel yang tangguh. Sistem POS yang ideal juga harus dapat berkembang bersama Anda. Tetapi sistem POS mana yang terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda? ingat-ingat kembali apa yang sudah Anda baca di artikel ini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silakan hubungi kami dinomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *