4 KUNCI PEMASARAN DI ERA DIGITAL YANG TIDAK PERNAH BERUBAH

Di era digital saat ini, konsumen memiliki perjalanan yang sama sekali berbeda dari sebelumnya.
Sekarang pelanggan dapat melihat teman dengan produk baru di Facebook atau menemukannya di Pinterest, lalu memutuskan untuk membelinya berdasarkan ratusan ulasan pelanggan di social media atau marketplace ternama. Beberapa orang bahkan mungkin menonton video blogger sedang mengulas produk di YouTube.
Setelah pembeli potensial menyaring ulasan, mereka dapat membeli produk melalui banyak cara. Kemudian mereka meninjau produk secara online, memposting gambar diri mereka dengan produk itu, memberi tahu teman-teman mereka tentang produk itu di Facebook dan seterusnya.
Jadi jika pelanggan mencari tahu tentang produk mereka dari satu sama lain, dan mengabadikan cara seperti ini, apa yang dapat kita lakukan sebagai pemasar?

  1. Customer Centric
    Ini adalah nomor satu dalam pemasaran tradisional dan masih nomor satu di era digital. Fokus pada “sakit kepala” utama pelanggan Anda daripada kebutuhan mereka. Habiskan satu hari dalam kehidupan pelanggan Anda untuk mencari tahu bagaimana membuat hidup mereka lebih mudah, lebih baik, lebih murah.
    Untuk menciptakan produk mereka yang sangat sukses, Apple tidak menanyakan apa yang diinginkan pelanggan mereka, itu berfokus pada apa masalah mereka.
    Berikan lebih banyak kepada pelanggan Anda. Dan jangan hanya fokus pada kepuasan pelanggan, bangun retensi dan loyalitas.
  2. Temui pelanggan ke mana pun mereka pergi
    Pemasar digital perlu mengetahui di mana pelanggan mereka menghabiskan waktu secara online dan menemui mereka di sana.
    Namun, berada di situs media sosial paling populer di sektor Anda saja masih tidak cukup. Perusahaan harus berada di sebanyak mungkin situs, aplikasi, dan saluran di mana pelanggan mereka menghabiskan waktu paling banyak. Mereka juga masih perlu menjadi nomor satu di mesin pencari, secara teratur mengirim email kepada pelanggan atau pembeli potensial, dan memberi mereka konten berkualitas tinggi.
    Selain itu, perusahaan tidak dapat berada di mana-mana dan mereka harus memusatkan perhatian mereka di tempat yang paling berharga.
  3. Biarkan orang lain yang berbicara
    Ketika Anda tidak bisa berada di mana-mana, biarkan pelanggan Anda menjadi duta Anda. Di beberapa sektor, promosi dari mulut ke mulut masih mendominasi. Ini berarti bahwa jika pelanggan Anda puas atau senang, mereka cenderung merekomendasikan produk Anda kepada orang-orang di sekitar mereka. Jadi yang menjadi pekerjaan rumah Anda sekarang adalah mengetahui bagaimana cara menyenangkan pelanggan atau klien Anda.
  4. Berikan pengalaman terbaik
    Cara terbaik untuk mengubah pelanggan yang senang menjadi duta online adalah dengan membuat mereka merasa hebat dan istimewa dalam menggunakan produk Anda. Perusahaan seperti Nike telah menggunakan teknologi digital untuk benar-benar meningkatkan pengalaman pasca pembelian bagi pelanggan mereka, meningkatkan loyalitas mereka, dan membuat mereka lebih mungkin menjadi pendukung merek.
    Nike adalah contoh yang bagus tentang bagaimana memanfaatkan transformasi digital secara holistik. Untuk sementara sekarang, perusahaan telah menempatkan chip pelacak kebugaran di sepatunya yang memungkinkan pemakainya untuk memantau kemajuan mereka dan membaginya dengan teman-teman di situs sosial populer seperti Facebook, tetapi juga jejaring sosial Nike sendiri. Orang tidak hanya dapat menganalisis kemajuan mereka dan pamer, mereka juga dapat menemukan rute lari dan berinteraksi dengan orang lain.
    Untuk Nike, sejumlah besar data yang dikumpulkan berkat chip pelacak ini memungkinkan mereka memantau berapa lama pelanggan memakai produk mereka dan memberi tahu mereka kapan mereka membutuhkan yang baru. Mereka juga dapat menggunakan informasi tersebut untuk memperbaiki sepatu mereka agar tetap terdepan dalam persaingan.

Baca juga artikel tentang : Strategi Omni Channel untuk Mengatasi Omzet Turun

Kesimpulan
Era digital baru mengubah pemasaran seperti yang kita kenal. Lebih dari sebelumnya untuk menjadi pemasar yang efektif di era digital, Anda perlu berpikir seperti pelanggan Anda, pergi ke mana pun mereka pergi, biarkan mereka yang berbicara dan tingkatkan pengalaman mereka.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silakan hubungi kami DISINI. Kami siap membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *