3 ALASAN PEMASARAN DIGITAL PENTING BAGI BISNIS RITEL ANDA

Apakah bisnis Anda murni online atau menerima transaksi melalui toko fisik, bisnis Anda harus hadir secara digital. Agar Anda tetap terdepan, Anda harus mengikuti inovasi digital dan menerapkan strategi pemasaran terkini. Meskipun pemasaran digital sudah menjadi strategi yang akrab dan pokok bagi banyak perusahaan, beberapa industri dan bisnis masih enggan untuk terlibat dalam pendekatan ini.
Untuk sepenuhnya mengukur betapa pentingnya pemasaran digital untuk bisnis ritel Anda, artikel ini akan memberi Anda alasan yang berbeda. Sebagian besar perusahaan akan mengembangkan hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan mereka, memperluas target pasar mereka, dan bermain lebih kompetitif di pasar yang penuh dengan pemain yang solid dengan bantuan pemasaran digital.
Baca di bawah ini untuk lebih mengetahui alasan mengapa pemasaran digital sangat penting untuk bisnis ritel Anda:

Meningkatkan Layanan Pelanggan
Bisnis ritel perlu memastikan layanan pelanggan yang sangat baik sehingga mereka dapat menumbuhkan kumpulan pelanggan mereka. Pemasaran Digital akan memungkinkan Anda untuk menerapkan strategi yang paling efektif untuk meningkatkan layanan pelanggan. Dengan pemasaran digital, komunikasi dengan pelanggan menjadi lebih personal dan lugas.
Anda dapat mengetahui kebutuhan dan keinginan mereka lebih cepat daripada memegang strategi pemasaran konvensional. Jika Anda memprioritaskan peningkatan pengalaman pengguna, Anda pasti akan memberikan layanan pelanggan yang sangat baik dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Dengan kata lain, pemasaran digital memaksimalkan kenyamanan bagi pengguna dan berdampak positif pada bisnis Anda.

Kampanye Menjadi Lebih Terukur
Melacak efisiensi dan efektivitas sangat penting dalam kampanye pemasaran. Sebagai pemilik bisnis, Anda pasti ingin bagaimana kinerja strategi menyesuaikan dan melakukan beberapa penyesuaian. Keberhasilan bisnis Anda tergantung pada mengetahui apakah suatu rencana membawa hasil. Strategi pemasaran digital menawarkan keuntungan bahwa Anda dapat mengukur hasil Anda.
Dapat menjadi tantangan untuk mengukur keberhasilan metode tradisional, terlepas dari keefektifannya. Kelemahan dari pemasaran konvensional adalah sulit untuk menyentuh basis dengan klien jika Anda tidak memiliki informasi kontak dan data pelanggan mereka. Tetapi hasil kampanye pemasaran digital Anda dapat dilacak secara akurat menggunakan alat dan perangkat lunak pemasaran digital.
Setiap kampanye dapat dilacak dengan berbagai cara. Bergantung pada pendekatan yang Anda terapkan pada bisnis Anda, Anda akan memiliki akses ke hasil survei, peringkat, tayangan, suka, pembagian, penjualan, konversi, dan klik. Semua hasil ini akan memberi tahu Anda taktik mana yang berhasil dan mana yang perlu diganti. Melacak hasil Anda mengarah ke kampanye yang lebih baik dan hemat biaya.
Segera setelah Anda memulai kampanye, lebih baik mengetahui bagaimana kinerjanya daripada melihatnya gagal ketika sudah terlambat untuk mengubah strategi. Lebih mudah untuk mendapatkan hasil maksimal dari anggaran Anda jika Anda melakukan peningkatan seiring berjalannya waktu.

Meningkatkan Loyalitas Pelanggan
Biaya untuk memperoleh dan mengubah pelanggan baru lebih tinggi daripada biaya mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Oleh karena itu, sangat penting bahwa Anda dapat mencapai mempertahankan pelanggan setia dan tetap. Jika Anda memiliki bisnis di Surrey atau Guildford, misalnya, Anda mungkin sudah mendapatkan pelanggan setia di area tersebut karena koneksi dan jaringan pribadi. Namun, jika Anda inginmeningkatkan loyalitas pelanggan dalam geografi dan jangkauan yang lebih komprehensif, pemasaran digital adalah jalan yang harus ditempuh.
Retensi pelanggan mengarah ke pembelian lebih lanjut dan mungkin mengarah ke rekomendasi dari mulut ke mulut, sehingga meningkatkan penjualan. Berikut adalah dua strategi pemasaran digital efektif yang memungkinkan Anda memiliki pelanggan setia:
• Email yang Dipersonalisasi. Bergantung pada preferensi pelanggan, Anda dapat menawarkan diskon untuk produk terkait atau memberi mereka akses awal ke produk baru yang Anda rilis. Loyalitas pelanggan ditingkatkan dengan cara ini dan ini meningkatkan kemungkinan pembelian berulang. Namun selain dari diskon merchandise dan gratis, email yang dipersonalisasi juga datang dalam bentuk ucapan selamat seperti kartu ulang tahun dan liburan. Melakukan hal ini membantu membangun hubungan pelanggan dan lebih meningkatkan loyalitas merek.
• Keterlibatan Media Sosial. Promosikan Andasaluran media sosial kepada pelanggan. Buatlah tujuan untuk diekspos sebanyak yang Anda bisa, terutama kepada audiens target Anda. Saat halaman Anda terlihat di linimasa mereka, kemungkinan besar mereka akan mengenal perusahaan dan produk Anda, sehingga menghasilkan peluang konversi yang lebih tinggi.

Baca juga artikel tentang : 15 Taktik Pemasaran Online Efektif untuk Bisnis Kecil dengan Anggaran Rendah 

Kesimpulan
Jika pengecer memanfaatkan strategi pemasaran digital, mereka akan dapat mengoptimalkan rencana bisnis mereka. Namun, pengecer harus mempertimbangkan untuk mempekerjakan ahli di bidangnya agar berhasil dalam industri yang kompetitif ini. Selain mendorong penjualan dan terhubung dengan pembeli yang berminat, pemasaran digital juga dapat membantu meningkatkan kesadaran merek secara global dengan merumuskan strategi personal yang efektif yang sesuai dengan bisnis Anda.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silakan hubungi kami nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *