5 FAKTOR PENTING DALAM MEMILIH LOKASI GUDANG

Memilih lokasi gudang yang tepat dapat membuat perbedaan tentang seberapa efektif, efisien, dan menguntungkan perusahaan. Menyewa atau membeli gudang adalah keputusan utama, dan pemilihan lokasi yang tepat dapat secara signifikan meningkatkan kemampuan perusahaan untuk bersaing dan melayani pelanggan secara efektif.

Saat memilih lokasi, penting untuk meluangkan waktu dan mempertimbangkan semua kriteria berikut, membuat beberapa catatan, lalu membandingkan catatan Anda dengan semua opsi yang tersedia. Hanya setelah semua data telah dikumpulkan dan dianalisis barulah keputusan akhir dibuat. Mari kita tinjau 7 kriteria pemilihan untuk lokasi gudang terbaik.

Tarif Sewa & Pajak

Biaya akan tetap menjadi kriteria utama saat memilih lokasi gudang yang tepat, tetapi itu bukan satu-satunya. Biaya tersembunyi dapat mengimbangi penghematan pada harga sewa murah dan oleh karena itu harus dipertimbangkan.

Selain tarif, perhatian juga harus diberikan pada peraturan pemerintah daerah, struktur pajak dan insentif pajak. Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari program khusus pemerintah daerah yang dimaksudkan untuk mempromosikan segmen industri Anda, jadi ada baiknya juga untuk mempertimbangkan hal ini.

Ketersediaan Tenaga Kerja, Keterampilan & Biaya Tenaga Kerja

Ketersediaan tenaga kerja, keterampilan, dan biaya tenaga kerja secara langsung dikaitkan dengan demografi lokal. Tidak setiap lokasi geografis menawarkan tenaga kerja dengan keterampilan yang tepat dengan harga yang tepat. Ketersediaan tenaga kerja yang rendah dan permintaan yang tinggi akan menaikkan gaji (artinya biaya operasional akan lebih tinggi). Kebalikannya juga benar. Tingkat ketersediaan tenaga kerja yang tinggi dan permintaan yang rendah akan menurunkan gaji.

Selain ketersediaan tenaga kerja dan biaya, keterampilan juga penting. Kesenjangan keterampilan tenaga kerja akan menghasilkan kualitas layanan pelanggan yang rendah dan penurunan daya saing dan produktivitas.

Jalan dan Arus Lalu Lintas

Aksesibilitas ke jalan raya dan jalan raya serta kepadatan lalu lintas lokal juga harus diperhatikan, terutama jika angkutan truk adalah moda transportasi utama.

Biaya transportasi dipengaruhi oleh beberapa atau semua variabel ini dan dapat mempengaruhi daya saing perusahaan atau daya tarik fasilitas pergudangan bagi pelanggan. Perhatikan poin-poin berikut ini:

  • Aksesibilitas ke jalan raya & jalur keluar
  • Antar-konektivitas jalan raya
  • Penetrasi transportasi umum
  • Kecepatan lalu lintas rata-rata
  • Volume lalu lintas rata-rata
  • Jam sibuk lalu lintas
  • Keamanan & kondisi jalan raya
  • Rambu & sinyal jalan yang benar

Faktor-faktor seperti jalan raya yang macet dan jalan permukaan serta sistem persinyalan yang buruk akan meningkatkan konsumsi bahan bakar, tingkat kecelakaan, dan waktu yang terbuang percuma.

Faktor Pasar & Lingkungan Lokal

Kedekatan dengan pemasok, produsen dan pasar yang dilayani serta faktor lingkungan lokal juga harus dipertimbangkan. Gudang baru harus sedekat mungkin dengan pemasok, produsen, dan / atau pelanggan utama. Ini akan membantu mengurangi waktu tunggu, mengurangi biaya transportasi, dan meningkatkan daya tanggap. Faktor yang perlu dipertimbangkan di sini adalah siapa yang menjadi mitra rantai pasokan utama dan bagaimana Anda dapat membuat rantai pasokan lebih efisien dengan memilih lokasi gudang secara strategis.

Baca juga artikel tentang : Dasar-dasar Membangun Sistem Manajemen

Selain itu, faktor lingkungan lokal seperti kondisi cuaca dan risiko paparan bencana alam juga harus dipertimbangkan. Apakah gudang akan terkena angin topan, tornado, atau gempa bumi? Apakah di zona banjir? Untuk salah satu risiko ini, gudang harus memenuhi persyaratan bangunan tertentu. Faktor lingkungan lokal lainnya yang juga harus dipertimbangkan termasuk, kedekatan dengan tetangga (gudang bisa berisik – hindari perselisihan), kemacetan lalu lintas, dan jam lalu lintas padat. Pertimbangkan bagaimana variabel ini dapat memengaruhi operasi reguler.

Ketersediaan Bangunan & Biaya Utilitas

Jika bisnis tumbuh atau menyusut, Anda perlu menyesuaikannya. Jika ini masalahnya, Anda sebaiknya meminimalkan kebutuhan Anda untuk mengevaluasi kembali semua faktor ini jika pindah ke gudang baru adalah satu-satunya pilihan Anda. Dengan bergerak di dalam area yang sama, Anda akan dapat mempertahankan tenaga kerja, utilitas, dll., Dan meminimalkan frustrasi operator / pengemudi truk dan pelanggan yang mencoba mencari lokasi baru.

Satu aspek terakhir: utilitas. Anda sebaiknya memeriksa kembali ketersediaan dan biaya utilitas. Beberapa gudang lebih menuntut / bergantung pada satu utilitas daripada yang lain. Misalnya, gudang berpendingin lebih bergantung pada listrik dan air.

Harap luangkan waktu untuk merencanakan dengan baik dan memahami lokasi gudang paling strategis untuk Anda dan pelanggan Anda. Dampak dari keputusan ini jauh lebih signifikan dari sekedar membuka gudang di suatu tempat. Lokasi gudang Anda akan memiliki efek jangka panjang pada aspek keuangan, operasional, dan daya saing perusahaan.

Jika Anda membutuhkan informasi, silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5289-2900. Kami siap membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *