TIPS SUPLIER DALAM MEMANAJEMEN DISTRIBUTOR

Distributor sebenarnya bukan karyawan atau pelanggan, mereka lebih seperti itu. Sehingga sudah selayaknya mereka mendapat perlakuan khusus oleh supplier.  Meski begitu masih banyak dari pihak supplier yang belum sepenuhnya menyadari hal ini dan masih menganggap distributor sebagai karyawan atau tenaga penjualan semata. Jadi bagaimana seharusnya supplier memperlakukan distributornya? Oleh karena dalam artikel ini kami akan membahas langkah atau tips seperti apa yang bisa supplier gunakan dalam memanajemen distributor mereka.

Mempertahankan Kualitas Merek

PODCAST konsultasi manajemen bisnis. Subscribe agar mendapat video-video selanjutnya.

Tantangan pertama bagi supplier saat ini adalah bagaimana cara menjaga integritas merek mereka di berbagai hubungan dan saluran. Selain itu semua perusahaan juga menghadapi tantangan kedua yaitu menarik, merekrut, dan mempertahankan talenta yang kuat. Tetapi sekali lagi, ini merupakan masalah yang lebih besar bagi supplier karena mereka tidak memiliki kendali langsung atas distributor yang mewakili produk atau layanan mereka. Mereka juga memiliki kemampuan terbatas untuk memastikan bahwa para distributor ini dikelola dengan baik. Itulah sebabnya mengembangkan kemitraan dengan distributor akan menjadi hal yang sangat penting untuk kesuksesan Anda sebagai supplier. Supplier tidak dapat memandatkan kebijakan manajemen kepada distributor, tetapi supplier dapat berbagi praktik dan sumber daya terbaik dengan mitra dalam hubungan yang saling menguntungkan.

Membuat Kemitraan Kerja

Para pemasok yang mampu membuat pengaruh besar seperti mereka yang memiliki pengetahuan tentang bisnis, memiliki ide-ide berharga, dan mampu membantu distributor mencapai tujuan akan lebih memilih untuk mengembangkan kemitraan yang kuat. Sekilas, bekerja untuk menciptakan tingkat pengaruh ini mungkin tampak mengganggu, tetapi sebenarnya tidak. Hal paling terhormat yang bisa dilakukan supplier adalah membantu kesuksesan distributornya. Membangun kemitraan di tingkat ini akan membutuhkan upaya ekstra. Tetapi hasil kinerja bisa sangat bermanfaat.

Menjadi Mitra, Bukan Vendor

Menurut pandangan supplier, para distributor adalah wajah perusahaan mereka sendiri. Para distributor akan menonjolkan atau mengaburkan kualitas merek supplier pada pelanggan akhir. Namun, membangun kemitraan nyata dengan distributor, akan semakin membuat merek supplier lebih berhasil. Dalam hal ini yaitu kemitraan, akan dapat meningkatkan penjualan dan kinerja kedua belah pihak, tetapi juga dapat menjadi tantangan tersendiri dalam memperkenalkan merek. Untuk mulai membangun kemitraan ini, supplier harus bertindak seolah-olah distributor mereka sudah menjadi mitra. Mereka perlu mengenali bisnis supplier dengan baik, berikan distributor alat yang terbukti meningkatkan kinerja mereka, dan bantu mereka mencapai tujuan mereka.

Demikian informasi terkait bagaimana cara yang bisa supplier persiapkan dan lakukan dalam memanajemen distributor agar bisa lebih produktif dan mampu menghasilkan profit tinggi terhadap para distributor yang bersangkutan. Dan jika anda membutuhkan informasi lebih jelas terkait bagaimana menerapkan distributorship management yang efektif, silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa juga menghubungi langsung melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900 atau 081-8521172. Kami siap membantu anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *