MENGENALI PROSES DISTRIBUSI PRODUK ANDA?

Saluran pemasaran dan saluran distribusi berjalan beriringan. Intinya, tanpa saluran distribusi atau proses, saluran pemasaran tidak akan ada. Saluran distribusi mencakup semua perusahaan yang terlibat dalam pengembangan dan pemindahan barang hingga mencapai pelanggan akhir. Saluran pemasaran adalah proses pemasaran yang digunakan oleh setiap perusahaan dalam proses ini.
Untuk memahami fungsi dan tujuan dari saluran pemasaran maka perlu dipahami proses distribusi. Ini termasuk langkah-langkah dalam pergerakan produk dan jalur yang diambil dari produksi hingga pelanggan akhir. Produsen memproduksi atau membuat produk. Mereka biasanya menjualnya ke grosir atau distributor yang memiliki keahlian dalam mengirimkan produk ke pengecer. Pengecer kemudian menyimpan inventaris dan memasarkan barang tersebut kepada konsumen yang membelinya untuk konsumsi pribadi atau keluarga.

Produsen ke Grosir
Produsen harus memasarkan barangnya ke grosir atau distributor. Ini biasanya melibatkan salah satu dari dua pendekatan. Produsen mapan menggunakan perwakilan penjualan yang bertemu dengan distributor dan mempromosikan manfaat produk baru dan nilai potensial yang mereka tawarkan ke pasar. Seiring waktu, produsen sering kali mengembangkan hubungan tepercaya dengan grosir dan pengecer. Produsen baru atau mereka yang mempromosikan produk yang tidak terbukti mungkin harus menawarkan diskon untuk menarik distributor agar membawa barang ke pasar.

Grosir ke Pengecer
Pedagang grosir biasanya memperoleh barang dan kemudian menyimpannya di pusat distribusi sampai dibeli atau dikirim ke pengecer. Pedagang grosir juga biasanya mempekerjakan tim profesional penjualan yang mengembangkan hubungan dengan pengecer baru atau memelihara hubungan dengan pengecer yang sudah ada. Produk baru biasanya membutuhkan upaya penjualan yang intensif untuk meyakinkan pengecer agar membuka ruang pajang. Produk yang sudah ada biasanya dijual melalui tenaga penjualan internal yang mengelola hubungan dengan pembeli eceran. Dalam beberapa kasus, pedagang grosir memberikan atau menawarkan diskon kepada pengecer agar mereka menahan inventaris.

Pengecer ke Konsumen
Pengecer memiliki pengaruh besar dalam saluran pemasaran, karena mereka harus membuat pelanggan membeli barang; jika tidak, seluruh saluran distribusi pada akhirnya akan rugi. Beberapa produsen juga mempromosikan barang ke konsumen untuk menciptakan permintaan pasar. Pengecer menggunakan berbagai metode komunikasi, termasuk periklanan, hubungan masyarakat, penjualan pribadi, pemasaran langsung, dan merchandising visual, untuk menarik pelanggan dan menghasilkan pembelian. Mereka juga mengelola hubungan dengan pelanggan untuk membuat pembelian berulang.
Untuk lebih lengkapnya mengenai artikel dia atas silahkan baca beberapa buku berkaitan dengan artikel di atas yang tersedia di link di bawah ini :

https://ebooks.gramedia.com/id/buku/create-sales-territory-for-maximum-sales

https://ebooks.gramedia.com/id/buku/distributorship-management

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *