LANGKAH TEPAT MENGHADAPI PERANG HARGA BISNIS ONLINE

Bisnis Online atau yang sering disebut dengan istilah E-Commerce ini tentu telah banyak menjamur hampir di seluruh dunia. Terutama di Indonesia dimana terdapat banyak platform marketplace yang memberikan kemudahan pada banyak orang dalam melakukan bisnis online. Namun tahukah ada bahwa diantara segala kemudahan yang diberikan dalam bisnis online terdapat beberapa tantangan yang harus anda hadapi dan salah satunya ialah perang harga.
Anda tentu tidak asing dengan istilah tersebut. Dalam bisnis online atau pasar manapun, anda pasti tidak akan terhindar dari yang namanya perang harga. Anda harus menerapkan sikap dan strategi yang tepat untuk memenangkan persaingan dan tetap menarik minat konsumen di tengah perang harga sekalipun.
Melalui artikel kali ini, kami Tim GroEdu Academy (Lembaga training dan konsultan Bisnis yang sudah dipercaya di berbagai kota besar seperti Surabaya, Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Denpasar dan kota-kota besar lainnya) akan berbagi wawasan seputar langkah jitu dalam menghadapi perang harga di bisnis online.

Pertama-tama terdapat beberapa aspek yang harus anda perhatikan sebelum mulai menyusun strategi untuk menghadapi perang harga. Aspek tersebut antara lain:
• Kualitas Produk
Disamping harga murah tentunya kualitas produk akan dipertanyakan, anda tidak perlu panik ketika kompetitor anda mulai memasang harga lebih murah pada produknya karena bisa jadi produk tersebut memiliki kekurangan dalam segi kualitas atau bisa juga hampir mendekati tanggal kadaluarsa.
• Pelayanan Konsumen
Pebisnis eksklusif & professional tentu akan menjunjung tinggi pelayanan sebaik mungkin pada konsumen mereka, tentu saja hal ini akan diiringi dengan harga berdasarkan seberapa baik kualitas pelayanan yang diberikan. Jangan terlalu terburu-buru dalam menyikapi perang harga, amati dengan seksama dan setarakan harga dengan kualitas yang anda tawarkan.

Berikutnya yaitu topik utama kali ini berupa langkah-langkah tepat dalam menghadapi perang harga di bisnis online yang meliputi beberapa langkah sebagai berikut:

  1. Fokuslah pada Perbedaan Harga
    Perbedaan harga yang dimaksud bukan dari nominal murni dari harga produk melainkan perbedaan persentase dari harga tersebut. Suatu misal produk anda memiliki harga 15% lebih mahal dari kompetitor namun dari 15% tersebut, anda mampu memberikan 30% manfaat lebih & kualitas produk yang terjamin. Hal ini telah menunjukkan nilai tambah dari produk anda dan buat fokus konsumen mengarah kepada aspek tersebut.
  2. Tonjolkan Kualitas Produk & Pelayanan yang Diberikan
    Melalui hal ini, konsumen cerdas pasti akan mulai tertarik pada produk anda. Mengingat konsumen zaman sekarang mulai memiliki mindset dimana harga menjunjung kualitas. Buktikan bahwa produk anda layak dan sesuai dengan harga yang anda tawarkan.
  3. Lakukan Trik Marketing
    Dalam artian, membuat konten menarik yang mampu menonjolkan nilai tambah dan daya saing bisnis anda tanpa harus menjatuhkan harga maupun kualitas produk. Melalui konten interaktif dan kalimat persuasif, anda akan mempu menarik perhatian konsumen ditengah perang harga sekalipun.
  4. Jual Produk Secara Terpisah (Eceran)
    Hal ini dapat sekaligus memecah harga dan membuat produk yang ditawarkan nampak lebih ekonomis dan menarik bagi konsumen.
  5. Konsisten dengan Harga yang Diterapkan
    Meskipun terdapat kompetitor yang menawarkan harga lebih rendah, tak lantas anda harus terpancing dan turut menurunkan harga produk anda. Lakukan observasi terlebih dahulu dan susun strategi secara matang terutama melalui proses marketing. Apabila tidak cukup maka anda dapat pula sedikit menurunkan harga namun tidak terlalu jauh dan tetap membawa kualitas yang konsisten.

Itulah beberapa langkah tepat yang kami sarankan dalam menghadapi perang harga bisnis online. Dalam perang harga, anda tak lantas terburu-buru dan membuat keputusan tanpa pertimbangan matang. Terdapat banyak strategi yang dapat anda terapkan untuk memenangkan perang harga tanpa harus turut menjatuhkan harga dari produk anda.

Sekaligus mengakhiri artikel kali ini. Tahukah anda bahwa kami, Tim GroEdu Academy senantiasa menyediakan layanan konsultasi & training bisnis terutama bagi anda yang tertarik untuk memulai bisnis atau bagi anda yang ingin berupaya meningkatkan kredibilitas bisnis anda melalui beberapa aspek dalam berbisnis. Layanan kami tidak hanya terpaku pada satu aspek, melainkan aspek lainnya yang menyangkut bisnis seperti manajemen bisnis, operasional bisnis dan masih banyak lagi. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com atau langsung melalui nomor Whatsapp berikut, 0812-5298-2900 atau 081-8521172. Kami siap membantu anda. Sekaligus mengakhiri pembahasan kali ini, semoga ulasan ini bermanfaat, sekian terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *