PERUBAHAN-PERUBAHAN TERHADAP STRATEGI MARKETING BIASANYA BANYAK TERJADI PADA PERUSAHAAN

Perilaku para konsumen terhadap suatu produk yang lebih banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti:

Keinginan para konsumen.
Faktor kebutuhan.
Faktor keyakinan.
Faktor motivasi.

Sedangkan untuk perkembangan zaman akibat dari berbagai kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memang sangatlah cepat dalam mengubah kehidupan secara umum dan berbagai perilaku konsumen secara khusus. Bagi para pengusaha, dari perilaku para konsumen seperti ini memang sangat mempengaruhi bisnis mereka.

Strategi-Pemasaran-ModernIlmu pengetahuan dan teknologi yang sudah maju yang menjadikan para konsumen dapat memilih dan membandingkan barang-barang atau jasa yang bersifat lebih spesifikasi dan juga lebih unggul. Oleh karena itu sangat penting untuk menyesuaikan bisnis Anda dengan berbagai perubahan strategi marketing yang lebih cocok untuk digunakan saat ini.  Menyesuaikan strategi marketing yang disesuaikan dengan zamannya sendiri merupakan salah satu cara agar produk Anda masih tetap diterima dan juga dapat bertahan ditengah-tengah arus perubahan saat ini. Strategi marketing yang harus selalu terupdate dan untuk tuntutan inovasi yang sudah semakin menantang bagi para pengusaha untuk lebih survive.

Pengusaha akan terus berusaha untuk menyasar terhadap pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian semakin bertumbuh untuk menjadi keinginan manusia. Proses dalam hal pemenuhan untuk kebutuhan dan keinginan dari manusia inilah yang menjadi konsep utama dari strategi marketing.

Hal-hal lain yang juga harus lebih diperhatikan dalam strategi marketing adalah beupa penjelasan tentang produk, desain produk, promosi produk, pengiklanan produk, komunikasi kepada konsumen, sampai dengan pengiriman produk agar bisa sampai ke tangan para konsumen secara lebih cepat. Dan untuk era digitalisasi saat ini yang menjadikan dunia maya menjadi semakin lebih dekat dengan kehidupan sehari-hari. Dan mau tidak mau terhadap strategi marketing yang berubah menjadi menggunakan media-media digital.

Berikut ini akan dapat Anda perhatikan tentang bagaimana untuk perubahan dari strategi marketing yang sudah terjadi untuk saat ini:

1. Perubahan pusat informasi.

Dulu orang-orang yang sedang mencari informasi dengan jalan membaca media cetak, menonton televisi, atau dengan jalan mendengarkan radio. Untuk saat ini hanya dengan gagdet, semakin banyak yang mencari informasi dari internet, dan tidak lagi membeli dari media cetak.

2. Perubahan terhadap jenis media.

Media cetak yang sudah mulai beralih untuk menjadi media online. Pemasangan iklan juga sudah banyak yang telah beralih untuk menjadi basis internet seperti dari website, blog, aplikasi, dan media-media sosial lainnya. Pemasangan iklan di koran, brosur-brosur, berupa pamflet, dan sejenisnya sudah mulai banyak ditinggalkan.

3. Perubahan terhada brand ambassador.

Dulu memang banyak sekali iklan-iklan untuk pemasaran produk yang menggunakan artis-artis atau tokoh terkenal agar masyarakat mempercayai dan merasa tertarik dengan produk yang dipasarkan. Namun untuk sekarang perubahan tersebut sudah mulai terlihat dan perubahan yang perlahan namun pasti cukup menggeser fungsi-fungsi ambassador seperti ini. Di dunia maya seleb blog, selebtwit serta jumlah likes dari facebook dengan jumlah yang cukup fantastis mampu menjadi influencer bagi para konsumennya. Mereka jadi lebih menaruh pekercayaan terhadap orang-orang tersebut jika mengulas inti dari sebuah produk.

4. Perubahan Community Talks.

Media online yang sudah mulai mengalahkan media-media massa sebagai tempat untuk menjalin komunikasi. Banyak diantara contoh dari produk-produk yang lebih terkenal karena telah dibahas dalam media sosial. Yang menyebarnya lebih cepat apabila dibandingkan dari media massa.

5. Perubahan cara untuk berkomunikasi dalam dunia marketing.

Dahulu para marketer memang lebih banyak untuk melakukan komunikasi untuk satu arah. Para marketer sebagai salah satu penyampai informasi dan konsumen yang sebagai penerima informasi. Kondisi sepeti ini saat ini menjadi tidak berlaku lagi, karena para pengusaha atau para marketer juga harus mengimbangi untuk berbicara dengan mendengarkan tentang apa yang konsumen inginkan agar bisa mendapatkan feedback sebagai salah satu bahan perbaikan untuk selanjutnya. Karena konsumen merupakan raja.

Perubahan-perubahan seperti itu adalah sebuah suatu kepastian. Mental seorang pengusaha harus sudah benar-benar siap dalam menghadapi segala perubahan yang terjadi saat ini. Pengusaha yang sudah sukses akan selalu berusaha untuk melihat adanya peluang meskipun dalam kesempitan. Dan yang pastinya, tidak ada kata untuk berhenti dalam berinovasi.

 

 

 

Groedu Academy E-Learning

City Of Tomorrow Mall, Jl. A Yani No. 288 (Bunderan Waru) Lantai UG, Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya.

Handphone : 0818521172 (XL), 081252982900 (Simpati)
Office (only call no sms)  : 0811-3444-910
Email : groedu@gmail.com/groedu_inti@hotmail.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *