TUJUAN DAN STRATEGI DALAM MENETAPKAN KISARAN HARGA JUAL DARI SEBUAH PRODUK

Program untuk penetapan harga jual (selling price) sebagai salah satu elemen terpenting yang terdapat dalam bauran pemasaran yang akan berpengaruh langsung dengan berbagai kebijakan strategis dan lebih bersifat taktis tentang tingkatan dari harga, struktur diskon, dan persyaratan-persyaratan untuk pembayarannya.

price_Faktor harga adalah salah satu faktor terpenting yang sangat mempengaruhi strategi marketing dari suatu produk. Tingkat tinggi rendahnya suatu harga akan selalu menjadi perhatian utama dari para konsumen pada saat mereka sedang mencari suatu produk. Sehingga harga yang seringkali ditawarkan oleh seorang marketer akan menjadi bahan pertimbangan khusus, sebelum mereka benar-benar memutuskan untuk membeli barang atau menggunakan suatu jasa.

Dari pola kebiasaan para konsumen, biasanya untuk strategi penetapan harga jual memang sangat berpengaruh besar terhadap income dari penjualan maupun pemasaran produk yang biasa ditawarkan.

Menurut salah satu pakar marketing, yaitu Philip Kotler berkata bahwa:“price is the amount of money charged for a product or service. More broadly, price is the sum of all the value that consumers exchange for the benefits of having or using the product or service”. Artinya adalah: “harga adalah sejumlah uang yang harus dibebankan untuk sebuah produk atau jasa. Secara lebih luas lagi adalah, harga merupakan keseluruhan dari nilai yang akan ditukarkan oleh konsumen agar bisa mendapatkan keuntungan dari kepemilikan hak terhadap sebuah produk atau jasa.

Terkadang hal-hal yang cukup sulit untuk dilakukan oleh para penjual selain harus merancang produk, yaitu untuk menentukan jumlah keuntungan dan dari harga jual. Mungkin saja dari beberapa penjual terlalu asal dalam menetapkan harga jual dari suatu produk, padahal sebenarnya untuk harga sendiri juga sangat berpengaruh besar terhadap citra dari suatu produk dan kelangsungan laku atau tidaknya produk tersebut jika sudah dijual nanti.

Menentukan kebijakan harga memang sangat penting untuk dilakukan, karena selain akan berdampak sangat besar terhadap pendapatan perusahaan, juga bisa berpengaruh terhadap daya saing dari para kompetitor.

Dalam menentukan strategi harga, setiap perusahaan mungkin memiliki strategi pemasarang harga yang berbeda-beda. Namun untuk setiap strategi yang mereka jalankan masih memiliki tujuan yang sama. Dan biasanya tujuan untuk penetapan harga jual memiliki empat macam orientasi utama, yaitu:

1. Tujuan utama yang lebih berfokus terhadap laba usaha.

Setiap perusahaan akan selalu mempertimbangkan untuk proses penetapan harga jual yang bertujuan untuk menghasilkan laba mana yang paling banyak. Namun karena semakin besarnya tingkat persaingan, sehingga suatu perusahaan biasanya seringkali merasa kesulitan dalam hal memastikan harga jual yang mampu menghasilkan laba paling besar. Sebagai solusinya, para pengusaha akan lebih senang untuk menggunakan pendekatan target laba, yaitu besarnya laba usaha yang sudah benar-benar sesuai dengan sasaran laba sebelumnya.

2. Tujuan utama yang lebih berfokus kepada volume penjualan.

Penetapan harga yang lebih memfokuskan kepada volume penjualan yang bertujuan untuk menetapkan harga jual agar mampu mencapai target volume penjualan atau dari pangsa pasar tertentu. Dan biasanya harga jualnya akan menjadi lebih murah, apabila dibandingkan dengan harga yang memang lebih berorientasi terhadap laba.

3. Tujuan yang lebih berorientasi kepada image branding (Nama baik perusahaan).

Adalah berupa strategi penetapan harga yang bertujuan untuk membentuk image branding dari produk suatu perusahaan. Misalnya saja dengan memberikan harga yang paling rendah untuk menanamkan image termurah pada produk yang ingin Anda tawarkan.

4. Tujuan lebih berfokus kepada stabilitas harga jual.

Orientasi yang lebih memfokuskan kepada stabilitas harga yang bertujuan untuk menjaga tingkat kestabilan antara harga jual produk dengan harga yang dimiliki oleh para pesaingnya.

Berdasarkan berbagai tujuan dari fokus untuk penetapan harga jual yang telah disebutkan diatas, maka untuk penentuan harga jual produk harus memiliki beberapa strategi yang dapat digunakan untuk jenis-jenis produk terbaru maupun untuk jenis produk lama yang dapat disesuaikan dengan berbagai kondisi yang ada.

Dan berikut ini adalah beberapa strategi terbaik dalam hal penetapan harga jual yang mungkin masih dapat Anda gunakan, yaitu:

• Competitive Pricing, yaitu upaya yang dilakukan untuk menyamaratakan harga-harga jual produk berdasarkan dengan harga jual dari para kompetitornya.

• Price Skimming, adalah strategi penetapaan harga jual yang lebih tinggi dan kemudian akan diturunkan secara bertahap. Biasanya teknik yang seringkali dilakukan pada jenis-jenis produk langka/unik dan masih belum ada para kompetitornya.

• Cost Plus Mark-Up, yaitu strategi untuk menambahkan modal atau biaya produksi dengan untung sesuai dengan yang diharapkan.

• Multiple Unit Pricing, adalah berupa pemberian potongan harga untuk pembelian dalam jumlah yang lebih banyak.

• Bundling, merupakan penjualan dari beberapa barang-barang dalam satu harga. Dan hal seperti ini biasanya dilakukan agar barang-barang dapat lebih cepat terjual.

Jika digunakan dengan lebih tepat, maka teknik tersebut akan menjadi sangat bermanfaat untuk meningkatkan penjualan produk. Misalnya: dengan menggunakan teknik Price Skimming & Multiple Unit Pricing pada periode awal bisnis kemudian teknik Bundling sebagai promosi pada setiap akhir periode.

Bagi seorang reseller yang hanya ingin mengambil sedikit keuntungan, maka sebaiknya manfaatkan teknik Bundling atau Multiple Unit Pricing dalam upaya untuk untuk menaikkan keuntungan. Bagi penjual barang-barang bekas, teknik Bundling sebenarnya sangat dianjurkan untuk digunakan agar barang-barang dapat semakin cepat terjual. Sebenarnya, harga bukanlah segalanya, konsumen saat ini sudah menjadi sangat cerdas ntuk memilih produk-produk yang lebih berkualitas atau tidak. Banyak faktor-faktor lain yang mampu menentukan sebuah produk dapat laku terjual atau tidak, misalnya dalam hal kualitas pelayanan yang diberikan oleh penjual kepada para pembeli.

 

 

Groedu Academy E-Learning

City Of Tomorrow Mall, Jl. A Yani No. 288 (Bunderan Waru) Lantai UG, Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya.

Handphone : 0818521172 (XL), 081252982900 (Simpati)
Office (only call no sms)  : 0811-3444-910
Email : groedu@gmail.com/groedu_inti@hotmail.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *