PENGETIAN, FUNGSI DAN TUJUAN DARI MANAJEMEN KEUANGAN PERUSAHAAN

Dalam internal perusahaan, pengaturan keuangannya biasa di sebut juga sebagai financial management atau manajemen keuangan. Manajemen keuangan merupakan segala bentuk kegiatan yang berhubungan dengan bagaimana caranya agar bisa mendapatkan pendanaan modal, menggunakan atau mengalokasikan dana tersebut serta untuk mengelola asset yang telah dimiliki oleh perusahaan untuk mencapai tujuan utama perusahaan.

Sedangkan definisi dari manajemen keuangan dapat di artikan sebagai suatu manajemen dana baik itu yang berhubungan langsung dengan berbagai permasalahan pengalokasian dana dalam berbagai bentuk investasi secara efektif maupun jenis usaha pengumpulan dana untuk pembiayaan investasi maupun pembelanjaan secara lebih efisien.

Meskipun fungsi dari seorang manajer keuangan pada setiap perusahaan belum tentu sama, namun prinsip utama dari seorang manajer keuangan sudah pasti sama, yaitu untuk merencanakan, mencari serta memanfaatkan dengan berbagai cara agar dapat semakin memaksimalkan daya guna dari operasional perusahaan.

Kesimpulannya adalah manajemen keuangan memiliki kepentingan uuntuk bagaimana caranya dalam menciptakan serta menjaga nilai ekonomis dari suatu perusahaan. Dan semua pengambilan keputusan tentunya harus lebih difokuskan terhadap kesejahteraan para karyawannya.

Tujuan Utama dari Manajemen Keuangan

Tujuan utama dari manajemen keuangan adalah sebagai berikut:

1. Untuk memaksimalkan keuntungan.
2. Menjaga aliran dari arus kas (cash flow) perusahaan.
3. Mempersiapkan struktur modal.
4. Pemanfaatan keuangan yang tepat.
5. Memaksimalkan kekayaan perusahaan.
6. Meningkatkan efisiensi departemen perusahaan.
7. Proses distribusi keuangan yang tepat dalam semua aspek akan meningkatkan efisiensi seluruh perusahaan.
8. Kelangsungan hidup dari perusahaan dalam dunia bisnis yang semakin serba kompetitif seperti sekarang ini.
9. Mengurangi resiko operasional yang begitu banyak ketidakpastian dalam bisnis namun seorang manajer keuangan harus bisa mengambil langkah yang lebih tepat agar dapat mengurangi resiko seperti ini.
10. Mengurangi biaya modal untuk merencanakan struktur modal menjadi sedemikian rupa agar biaya modal dapat semakin di minimalkan.

Fungsi dari Manajemen Keuangan

Fungsi utama dari seorang manajer keuangan adalah untuk merencanakan, mencari serta dapat memanfaatkan dana dengan berbagai macam cara agar dalam memaksimalkan daya guna dari operasional perusahaan. Tentunya hal itu membutuhkan adanya pengetahuan akan pasar uang serta dari mana modal tersebut akan di peroleh dan bagaimana untuk mengambil keputusan yang lebih tepat dalam bidang keuangan yang harus dibuat.

Dan berikut ini merupakan beberapa fungsi penting dari manajemen keuangan bagi perusahaan:

• Planning atau perencanaan keuangan. Hal ini meliputi perencanaan dari arus kas serta laba-rugi perusahaan.
• Budgeting atau penganggaran, yaitu perencanaan untuk penerimaan serta pengalokasian anggaran biaya secara lebih efisien serta upaya untuk memaksimalkan dana yang dimiliki oleh perusahaan.
• Controlling atau pengendalian keuangan. Hal ini merupakan tahapan untuk mengevaluasi serta perbaikan tentang keuangan serta sistem keuangan milik perusahaan.
• Proses auditing atau pemeriksaan keuangan, yaitu melakukan audit internal berdasarkan keuangan perusahaan yang ada agar bisa sesuai dengan standar akuntansi serta tidak sampai terjadi penyimpangan didalamnya.
• Reporting atau pelaporan keuangan, yaitu menyediakan laporan berbagai informasi tentang bagaimana kondisi keuangan milik perusahaan serta tentang analisa rasio dari laporan keuangan tersebut.

Seorang manajer keuangan memiliki tanggungjawab yang sangat besar terhadap apa yang sudah dilakukannya. Pengambilan keputusan keuangan yang menjadi tanggungjawab terbesar bagi seorang manajer keuangan terbagi menjadi tiga macam, yaitu:

1. Investment decision: yang berhubungan dengan permasalahan untuk kepemilihan investasi yang diinginkan dari suatu organisasi pada kesempatan yang tersedia dengan memilih satu atau lebih dari alternative investasi yang di nilai memiliki keuntungan yang besar.
2. Financing decision: berhubungan dengan permasalahan pemilihan dari berbagai bentuk sumber dana yang tersedia untuk melakukan investasi dengan memilih satu atau lebih dari alternative pembelanjaan yang menyebabkan terjadinya biaya yang paling murah.
3. Dividend decision: berhubungan dengan berbagai permasalahan penentuan besarnya prosentase dari laba yang akan dibayarkan sebagai dividen tunai terhadap para pemegang saham.

 

 

 

Groedu Academy E-Learning

City Of Tomorrow Mall, Jl. A Yani No. 288 (Bunderan Waru) Lantai UG, Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya.

Handphone : 0818521172 (XL), 081252982900 (Simpati)
Office (only call no sms)  : 0811-3444-910
Email : groedu@gmail.com/groedu_inti@hotmail.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *