YUK KITA SIMAK! TRANSFORMASI E-LEARNING KE MOBILE-LEARNING

Pada saat ini teknologi terus berkembang seiring dengan berkembangnya pula kebutuhan manusia. Jika dulu segala sesuatu harus dipelajari secara nyata dan terbatas untuk mengaksesnya, maka saat ini adalah era di mana sesuatu bisa dipelajari tanpa akses yang terbatas.

Pembelajaran dan sistem pembelajaran mengalami perubahan dari masa ke masa. Kurikulum pun terus berubah untuk menyesuaikan dengan kebutuhan para pembelajar. Jika dulu belajar itu harus dengan tatap muka secara langsung, maka saat ini, berkat perkembangan teknologi dan komunikasi, belajar bisa dilakukan tanpa harus bertatap muka langsung antara Pembelajar dengan Pemateri.

Ketika e-learning mencuat di era tahun 90-an, awalnya masih banyak orang yang meragukan apakah sistem pembelajaran elektronik seperti ini bisa berhasil dan bisa menjadi sistem pembelajaran yang mumpuni utuk diberikan kepada para Pembelajar. Dan ternyata sekali lagi, perlahan-lahan para Pembelajar bisa menerima dan bahkan mungkin mulai menjadi “ketagihan” dengan e-learning ini. Apalagi setelah begitu banyak manfaat yang bisa dirasakan dari kehadiran e-learning dalam dunia pembelajaran.

Babak pengembangan e-learning sendiri masih terus dilakukan hingga saat ini. Selama 20 tahun terakhir ini, para penggiat e-learning terus berupaya untuk mengembangkan sistem pembelajaran elektronik ini agar bisa lebih diterima, lebih dimengerti, dan lebih digunakan oleh para Pembelajar. Bahkan di bulan Mei tahun 2014, di Afrika tengah diadakan pertemuan penggiat e-learning seluruh dunia untuk membicarakan pengembangan e-learning di masa depan. Sebanyak 1500 peserta dan 300 Pemateri dari seluruh Afrika dan perwakilan beberapa negara berkumpul untuk mengikuti kongres e-learning ini. Silahkan klik di :   http://www.newvision.co.ug/news/656059-e-learning-africa-conference-opens-in-uganda.html.

Saat ini, e-learning bisa dikatakan menjadi sistem pembelajaran yang memiliki banyak keuntungan. Keuntungan yang paling nyata dirasakan adalah mudahnya cara mengakses e-learning tersebut. Jaringan internet yang terus mengalami peningkatan kualitas tentunya berdampak positif untuk kemudahan mengakses e-learning. Kapanpun dan dimanapun, selama ada akses internet, maka e-learning bisa dengan mudah didapatkan. Internet kini menjadi kebutuhan utama setiap orang.

Saat ini dunia gadget pun rasanya tidak akan lepas dari akses internet. Penelitian menunjukkan bahwa 8 dari 10 orang di dunia tidak pernah bisa lepas dari gadgetnya. Hal yang sering mereka lakukan dengan gadgetnya tersebut adalah selalu berusaha terhubung dengan orang lain lewat jaringan internet. Memantau berita, memantau beberapa fitur sosial media, adalah hal yang paling sering dilakukan oleh manusia bersama gadgetnya. Dan sepertinya, bukan tidak mungkin jika suatu hari nanti, orang akan lebih banyak mengakses pembelajaran e-learning melalui gadget mereka. Bahkan saat ini pun hal itu sudah berjalan sedikit demi sedikit.

Kemudahan mengakses internet, gadget yang terus berkembang semakin canggih, kesadaran akan pentingnya belajar, dan terus berkembangnya pola pembelajaran berbasis teknologi, adalah beberapa hal yang akan terus bisa mendorong kemajuan e-learning. Dan bukan tidak mungkin, e-learning akan bertransformasi menjadi “pembelajaran yang bergerak” atau kita mengenalnya dengan istilah “mobile learning”, yang bisa disingkat menjadi m-learning. Kapankah itu? Tunggu saja saatnya (Dian Sukmawan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *