CARA MELAKUKAN BUSINESS INTELEGENT YANG TEPAT

Menerapkan solusi Business Intelligence (BI) dapat menjadi salah satu solusi bagi organisasi Anda dengan memberikan berbagai wawasan terintegrasi ke dalam data dari seluruh penjuru bisnis. Namun, terlepas dari kebaikan akan solusi tersebut, implementasi BI dalam perusahaan akan menemui beragam hasil termasuk kegagalan didalamnya. Kegagalan dalam BI akan menjadi penundaan yang mengerikan, kelebihan anggaran yang sangat besar, masalah data, dan pengguna akhir yang tidak puas.

Strategi BI mengacu pada semua langkah yang Anda lakukan untuk mengimplementasikannya di perusahaan Anda. Ini semua diperlukan untuk menyelam dalam proses BI, mendefinisikan pemangku kepentingan dan aktor utama, untuk menilai situasi, menentukan tujuan dan menemukan indikator kinerja yang akan membantu Anda mengukur upaya Anda untuk mencapai tujuan ini. Anda perlu mendefinisikan strategi dalam hal visi, organisasi, proses, arsitektur dan solusi, dan kemudian menggambar peta jalan berdasarkan penilaian, prioritas dan kelayakan.

Implementasi intelijen bisnis bukanlah tugas yang mudah, karena membutuhkan banyak persiapan sebelumnya, mengumpulkan banyak aktor yang berbeda dan akan melibatkan pengeluaran. Tetapi hasilnya jauh lebih baik daripada biayanya, dan sudah diketahui bahwa ROI intelijen bisnis itu nyata walaupun kadang-kadang sulit untuk diukur. Biaya untuk tidak mengimplementasikannya lebih merusak terutama dalam jangka panjang. Jika setelah semua persiapan telah terpenuhi, masalah selanjutnya adalah bagaimana cara Anda melakukannya. Nah, dalam artikel kali ini akan kami sampaikan kiat atau cara bagaimana cara melakukan Business Intelegent untuk perusahaan Anda.

Breakdown Persyaratan Menjadi Bidang-Bidang Yang Lebih Kecil

Ini membuat potongan-potongan pekerjaan menjadi lebih mudah dikelola, yang berarti lebih mudah untuk tetap pada titik. Plus, anggota proyek merasa lebih produktif mengetahui pekerjaan sedang dilakukan. Ini bertentangan dengan hanya memiliki satu pengiriman besar. Dengan proyek implementasi BI yang lebih besar, ketika Anda menghadapi penghalang jalan, jadwal pengiriman dapat didorong keluar berkali-kali dan Anda tidak perlu menunjukkan apa pun untuk semua pekerjaan yang telah dilakukan. Memecah proyek menjadi beberapa fase memungkinkan proses pengembangan yang lebih berulang di mana interaksi dengan pemangku kepentingan proyek sering dan konsisten. Ini tidak hanya meminta lebih banyak umpan balik yang dapat membantu Anda membimbing dan memperbaiki kursus pengembangan Anda, tetapi juga mencegah Anda mencoba melakukan seluruh proyek sekaligus dan kemudian menemukan pada akhirnya bahwa Anda pergi ke arah yang salah. Iterasi yang lebih kecil dengan banyak interaksi memungkinkan Anda menyesuaikan arah dengan lembut saat penghalang jalan terjadi.

Buatlah Prioritas Jadwal Pelaksanaan

Menjadwalkan fase Anda sangat tergantung pada dinamika dan politik internal organisasi Anda. Tetapi ketika mencari tahu jadwal dan prioritas, pertimbangkan hal-hal seperti bagian mana dari bisnis Anda yang paling diuntungkan dari fase tertentu? Fase apa yang akan paling memengaruhi organisasi Anda? Apakah fase-fase tertentu lebih kompleks atau cenderung memiliki tantangan tambahan? Departemen mana yang cenderung mengadopsi alat analisis dan pelaporan baru dengan lebih mudah? Area bisnis mana yang memiliki waktu dan fleksibilitas untuk bekerja pada fase tertentu? Bagian mana dari bisnis Anda yang memiliki metrik yang jelas yang dapat segera diimplementasikan dengan sukses?

Lakukan Validasi Data Secara Berkelanjutan

Pendekatan berulang ke perusahaan BI juga signifikan ketika memiliki data yang valid. Di dunia BI, integritas data sangat penting. Anda dapat dengan mudah kehilangan kepercayaan pengguna akhir selamanya jika data Anda ditentukan tidak akurat selama peluncuran awal. Terus-menerus melihat di depan data memungkinkan lebih banyak peluang untuk menangkap kesalahan dan itu membuat tahap validasi akhir / QA lebih mudah di tim validasi.

Terapkan Pada Setiap Departemen Secara Bertahap

Alih-alih mencoba memaksa seluruh perusahaan untuk melakukan perubahan paradigma secara bersamaan, meluncurkan aplikasi BI ke masing-masing departemen dan / atau area bisnis memungkinkan Anda untuk memfokuskan sumber daya Anda sedikit demi sedikit untuk pastikan roll out lancar dan sukses. Dari mulut ke mulut yang positif tentang keberhasilan implementasi dan kegunaan alat ini dapat membuat departemen lain bersemangat dengan peluncuran mereka dan lebih terlibat ketika giliran mereka tiba.

Ketika semuanya dikatakan dan dilakukan, perlu diingat bahwa BI bukan proyek satu kali. BI membutuhkan perawatan dan pemberian makanan yang konstan. Seiring bisnis Anda tumbuh dan berubah, Anda harus menyempurnakan sistem BI Anda untuk mengakomodasi perubahan baru itu. Dan memiliki pendekatan penyebaran berulang di sayap untuk mendukungnya akan membuatnya lebih tertahankan (dan sukses) untuk Anda.

Dan jika anda membutuhkan informasi lebih jelas untuk bagaimana cara melakukan Business Intelegent, silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900/081-8521172. Kami siap membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *