TIPS SEDERHANA UNTUK MANAJEMEN GUDANG YANG EFEKTIF UNTUK BISNIS ANDA


Jika bisnis anda menjual barang, tentu anda akan memerlukan tempat untuk menyimpannya. Tempat ini biasa disebut dengan gudang atau tempat penyimpanan stok barang. Dalam sebuah bisnis, manajemen gudang merupakan salah satu faktor penting dalam capaian sukses yang diinginkan. Meski anda memiliki gudang paling modern, namun tidak beroperasi secara efisien. Anda akan terjebak dengan staf yang berkinerja buruk, margin laba yang rendah, biaya operasi dan logistik yang tinggi, kepemimpinan yang tidak efektif, dan hubungan yang rusak dengan pelanggan. Manajemen gudang adalah pengawasan operasi di gudang termasuk pelacakan dan penyimpanan inventaris, staf pelatihan, perencanaan beban kerja, dan pemantauan pergerakan barang. Dan jika anda adalah salah satu dari mereka yang memiliki kendala dalam manajemen gudang. Maka pada kesempatan kali ini, kami akan membahas beberapa praktik manajemen gudang yang tepat untuk bisnis anda.

Berinvestasilah dalam manajer gudang yang kompeten dan berpengalaman.

Ini dapat berarti banyak hal, tergantung pada kebutuhan bisnis anda. Mungkin orang ini memiliki lima tahun pengalaman mengelola gudang, atau mungkin kurang dari itu. Tetapi satu hal yang harus mereka miliki adalah keahlian khusus dalam peralatan dan prosedur yang membuat gudang anda berjalan secara efisien. Orang ini mengetahui seluk beluk ruang, setiap alat, kekuatan setiap pekerja yang mereka pekerjakan dalam tim. Dan, tentu saja, jika terjadi kesalahan, mereka tahu bagaimana mengatasi masalah tersebut.

Latih staf secara efektif.

Seorang staf yang memahami sistem inventaris gudang akan mempertahankannya dengan lebih baik, dan karenanya menjalankan tempat dengan lebih efisien. Dengan memiliki staf yang berpengetahuan, anda dapat memastikan bahwa tenaga kerja anda mengelola inventaris gudang yang terorganisir dengan baik. Kalau tidak, standar bisa tergelincir.

Atur kembali Stock Keeping Units (SKU) anda.

Untuk memastikan operasi dan manajemen persediaan yang efisien di gudang anda, atur produk agar mudah diakses oleh personel manajemen persediaan. Prinsip ini tidak hanya berlaku untuk tata letak umum gudang anda saja, tetapi juga untuk SKU anda. Urutkan SKU anda secara strategis dan gunakan penempatan untuk mengelompokkan item berdasarkan ukuran, kecepatan, musiman dan karakteristik lainnya untuk mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan karyawan untuk mencari item tertentu.

Berinvestasi dalam teknologi.

Sistem manajemen gudang (WMS) adalah tempat yang baik untuk memulai. WMS adalah perangkat lunak yang dirancang untuk mendukung dan mengoptimalkan fungsionalitas gudang. WMS dapat mengintegrasikan sistem dan alur kerja, mengatur sistem eksekusi secara strategis, meningkatkan visibilitas inventaris, mengurangi risiko volatilitas permintaan dan lebih banyak lagi untuk memastikan kinerja manajemen puncak inventori gudang.

Demikian informasi praktik manajemen gudang dari kami, semoga bermanfaat. Jika anda membutuhkan informasi lebih detil tentang artikel diatas, membutuhkan bantuan dalam perencanaan gudang, atau software WMS. Silahkan anda menghubungi kami melalui email groedu@gmail.com. Atau langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami siap membantu anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *