YOUTUBE MARKETING STRATEGI PEMASARAN KEKINIAN DI ERA MILENIAL

YouTube, merupakan salah satu platform media sosial paling popular ketiga di dunia setelah Google dan Facebook. Dimana konten utama yang akan kita temukan dalam medsos yang satu ini semua berbasis video yang memuat berbagai macam topik mulai dari konten hiburan hingga edukasi. Namun tak hanya itu, YouTube sendiri telah berkembang menjadi salah satu sarana marketing yang cukup populer saat ini yang seringkali disebut dengan YouTube Marketing.
YouTube Marketing ini sendiri di dorong oleh kecenderungan audience di jaman sekarang yang lebih suka menonton informasi dibandingkan membaca informasi. Atas dasar itulah para pelaku usaha mulai melihat kecenderungan tersebut dan memanfaatkan peluang di dalamnya yaitu dengan cara melakukan YouTube Marketing ini.

Pada kesempatan kali ini, kami Tim GroEdu (Lembaga Konsultan Bisnis yang sudah dipercaya di berbagai kota besar seperti Surabaya, Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Denpasar dan kota-kota besar lainnya) akan mengulas seputar hal-hal menarik tentang YouTube serta potensinya sebagai salah satu media marketing baik di dalam negeri hingga secara Global.

Fakta Menarik YouTube
Pada tahun 2018 lalu, tepatnya tanggal 9 Mei 2018. Google mewakili YouTube menyampaikan hasil riset yang dilaksanakan bersama Kantar TNS. Riset tersebut mempelajari penggunaan YouTube di Indonesia. Google menyampaikan berbagai informasi mengenai peningkatan popularitas, perbedaan pasar urban dan rural, hingga jenis konten yang diminati warganet Indonesia.
Dari riset tersebut didapat hasil sekitar 57 persen pengguna YouTube mencari konten hiburan, disamping itu 86 persen juga menyatakan bahwa mereka mengunjungi platform tersebut untuk mencari informasi baru atau sumber edukasi. Dari jumlah ini, dapat anda lihat sendiri potensi audience dalam YouTube, maka tidak ada salahnya anda mulai mencoba strategi marketing yang satu ini.
Namun tidak sembarang konten marketing dapat diterima atau dapat menarik minat audience, terdapat beberapa konten tertentu yang cenderung lebih mudah populer untuk menarik minat audience menonton video marketing anda. Salah satunya melalui Video soft-selling yang pernah kami jelaskan pada artikel sebelumnya. Konten yang sering diangkat dan sangat kami rekomendasikan pun meliputi:

 Presentasi Produk Secara Informatif
 Kompetensi yang Berkaitan dengan Bisnis (Semacam Tips)
 Tutorial Informatif Seputar Produk Anda atau Semacamnya
Selain persentase konten yang gemar ditonton, riset tersebut juga turut menguak fakta dimana YouTube mulai menggantikan TV. Dalam riset yang melibatkan 1.500 responden, 53% menyatakan bahwa mereka mengakses YouTube setiap hari dan 57% sisanya menyatakan bahwa mereka mengakses TV setiap hari.
Dari jumlah ini dapat anda lihat dimana peran TV mulai tersaingi, hal ini disebabkan oleh kemudahan yang diberikan oleh YouTube dalam mencari video yang berisikan informasi yang kita perlukan ataupun hiburan hingga program TV yang terlewat/tidak sempat ditonton.
Melihat jumlah ini apakah masih adakah keraguan dalam diri untuk melancarkan YouTube Marketing? Namun perlu diingat, meskipun potensinya tinggi, persaingan pasar bukanlah hal yang dapat dihindari. Anda harus menghadapinya dengan menghasilkan konten kreatif berkualitas yang memiliki daya saing secara global.
Bagaiman? Mulai tertarik melaksanakannya? Maka mulailah dari sekarang! Dengan kompetensi tepat sasaran dan sikap konsisten dalam diri anda maka keberhasilan akan menjemput anda dengan segera.

Dan perlu anda ingat kembali bahwa kami Tim GroEdu senantiasa menyediakan layanan konsultasi & training bisnis terutama bagi anda yang tertarik untuk memulai bisnis atau bagi anda yang ingin berupaya meningkatkan kredibilitas bisnis anda. Selain itu, layanan kami tidak hanya terpaku pada satu aspek, melainkan aspek lainnya yang menyangkut bisnis seperti manajemen bisnis, operasional bisnis dan masih banyak lagi. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com atau langsung melalui nomor Whatsapp berikut, 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami siap membantu anda. Sekaligus mengakhiri pembahasan kali ini, semoga ulasan ini bermanfaat, sekian terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *