4 MANFAAT SUPPLY CHAIN MANAGEMENT

Rantai pasokan global saat ini semakin kompleks, sehingga mengharuskan penggunaan yang berbasis data untuk manajemen rantai pasokan (SCM). SCM yang digerakkan oleh data menyediakan visibilitas dari ujung ke ujung untuk memantau aliran informasi, layanan, dan barang dari pengadaan ke manufaktur dan pengiriman ke konsumen akhir. Data bukan satu-satunya pendorong manajemen rantai pasokan yang efektif. Faktor-faktor lain seperti hubungan vendor dan pemasok yang baik, pengendalian biaya yang efektif, pengamanan mitra logistik yang juga memberikan dampak besar. Optimalisasi rantai pasokan tidaklah mudah, tetapi SCM yang efektif menawarkan banyak manfaat yang tentunya akan meningkatkan laba. Berikut ini kami sampaikan beberapa manfaat akan praktek manajemen rantai pasokan.

Kolaborasi Yang Lebih Baik
Salah satu tantangan terbesar yang sangat mempengaruhi kinerja perusahaan adalah aliran informasi. Perusahaan yang tidak memiliki aliran informasi otomatis di seluruh rantai pasokan akan mengakibatkan hilangnya peluang penjualan. Solusi perangkat lunak terintegrasi akan menghilangkan kemacetan dan memungkinkan untuk berbagi informasi tanpa batas, memberikan gambaran besar dari rantai pasokan dari ujung ke ujung. Berkat peningkatan akses ke data, pemimpin rantai pasokan memiliki informasi yang mereka butuhkan, dalam konteks, untuk membuat keputusan yang lebih tepat.

Tingkat Efisiensi Yang Lebih Tinggi
Memiliki data real-time tentang ketersediaan bahan baku dan penundaan produksi memungkinkan perusahaan untuk mengimplementasikan rencana cadangan, seperti sumber bahan dari pemasok cadangan, mencegah penundaan lebih lanjut. Tanpa data real-time, perusahaan seringkali tidak punya waktu untuk memulai rencana B, mengakibatkan masalah seperti persediaan habis atau pengiriman yang terlambat ke konsumen akhir. Menerapkan solusi otomatisasi pintar juga menghasilkan efisiensi yang lebih tinggi.

Optimalisasi Pengiriman
Optimasi pengiriman adalah prioritas bagi para pemimpin rantai pasokan. Mengidentifikasi metode pengiriman yang paling efisien untuk paket kecil, pesanan dalam jumlah besar, dan skenario pengiriman lainnya membantu perusahaan mendapatkan pesanan kepada pelanggan lebih cepat sambil meminimalkan biaya. Penghematan biaya tersebut tidak hanya meningkatkan laba perusahaan, tetapi penghematan dapat diteruskan ke konsumen juga untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

Mengurangi Biaya Overhead
Dengan prediksi permintaan yang lebih akurat, perusahaan dapat mengurangi biaya overhead terkait penyimpanan persediaan yang bergerak lambat dengan penyimpanan persediaan yang tidak terlalu cepat untuk menyediakan ruang bagi inventori yang menghasilkan kecepatan lebih tinggi dan menghasilkan pendapatan. Biaya pemenuhan gudang berkontribusi signifikan terhadap overhead. Kurangi biaya ini dengan mengoptimalkan tata letak gudang anda, mengadopsi solusi otomatisasi yang tepat untuk meningkatkan produktivitas dan menerapkan sistem manajemen inventaris yang lebih baik. Mengidentifikasi pengeluaran yang tidak perlu adalah cara lain untuk mencapai operasi yang lebih ramping. Jika anda menghadapi biaya logistik yang tinggi, misalnya, beralih ke penyedia lain yang menawarkan tingkat layanan dan kualitas yang sama dengan biaya yang lebih rendah juga merupakan tindakan yang tepat.

Demikian artikel tentang supply chain management dari kami, terimkasih dan semoga bermanfaat. Dan apabila membutuhkan informasi lebih lengkap tentang artikel diatas, atau skill distributorship management, bagaimana meningkatkan profit distributor dan re-desain sistem manajemen. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi nomor whatsapp kami 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami siap mendampingi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *