TIPS MENJADI SEORANG HRD


Kebanyakan orang berfikir saat mendengar ada orang yang berkarir di bidang HRD hal yang terlintas di pikiran adalah orang tersebut memiliki gelar pendidikan dari Fakultas Psikologi. Namun pada umumnya, banyak sekali orang-orang HRD yang sukses berkarir di bidang HR tanpa harus memiliki latar belakang pendidikan psikologi. Di Indonesia saja, banyak perusahaan yang besar ataupun perusahaan yang sedang berkembang masih ada kecenderungan memilih orang untuk posisi HRD itu harus memiliki latar belakang Psikologi.
Namun, saat ini kesempatan untuk berkarier di dunia HR sangat terbuka luas. Apakah anda memilih peran di bidang umum atau menjadi spesialis dalam pelatihan dan pengembangan, banyak cara yang bisa dipilih oleh HR profesional dalam membuat kehidupan yang lebih baik bagi karyawan. Namun jika anda belum mengetahui apa saja skill yang perlu dikuasai oleh seorang HRD. Jangan khawatir dulu!! Karena pada kesempatan kali ini, kami tim GroEdu Academy (Lembaga Konsultan & training menajemen distribusi dan bisnis yang sudah dipercaya diberbagai kota besar diantaranya Surabaya, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogjakarta, Denpasar, Palembang, Banjarmasin, Palangkaraya, Balikpapan, Makassar, dan kota besar lainnya) akan memberikan tips atau kiat mengenai cara untuk menjadi seorang HRD yang sukses dengan baik dan benar.
Miliki Pandangan Kedepan
Anda harus mengetahui apa yang ingin anda capai sebagai HRD, dan mengapa hal tersebut diperlukan. Jangan menunggu sampai perusahaan mendikte apa yang harus kamu capai sebagai HRD. Banyak sekali contoh yang tersedia dan sedikit riset akan membuatmu mengetahu pilihan apa saja yang tersedia bagimu masa depanmu.
Jadi, jangan mudah puas, selalu rencanakan apa yang perlu kamu capai di masa depan. Diskusikan ide-ide dan inovasimu untuk masa depan perusahaan dengan atasan dan tim agar memenuhi syarat menjadi HRD yang baik.
Terus Mengembangkan diri
Bisnis di seluruh dunia selalu berubah secara dramatis dalam 30 tahun terakhir dan tidak menunjukkan tanda-tanda akan berhenti. Oleh karena itu, setiap orang yang menyikapi karirnya dengan menambah pengalaman, latar belakang pendidikan, dan kursus tambahan akan menjadi yang bertahan.
Begitu pula dengan HRD, seorang HRD perlu selalu mencari cara untuk mengembangkan dirinya. Kamu dapat mengikuti seminar atau kursus tambahan yang dapat meningkatkan kualitas diri, atau menambah gelar dengan bersekolah di jenjang yang lebih tinggi lagi.
Perluas Networking Anda
Memperluas jejaring sangat diperlukan jika ingin sukses menjadi HR yang kompeten, baik itu di dalam maupun di luar perusahaan, terutama yang sama-sama memiliki latar belakang sebagai HR. Berkenalan dengan HRD lain dari berbagai perusahaan akan mampu membuat anda semakin kaya akan ilmu HRD maupun di bidang lain. Siapa tahu Anda bisa mendapatkan good case practice yang dapat diterapkan di perusahaan Anda.
Memiliki jiwa kepemimpinan
Selain menjadi departemen penting dalam perusahaan, Anda juga harus terus mengasah jiwa kepemimpinan Anda. Anda harus mampu mengatur, membuat tim dapat bekerja secara kompak, memiliki rencana dan strategi yang sangat baik, dan memiliki kemampuan memecahkan segala macam masalah. Menjadi seorang HRD sebaiknya tidak cepat puas dengan keadaan dan harus selalu ingin keluar dari zona nyaman yang telah didapatkan saat itu.
Cara menjadi HRD yang baik dan benar yang dapat kamu terapkan mulai sekarang. Jika kamu saat ini menekuni profesi yang banyak membantu orang mendapatkan pekerjaan ini, berusahalah melakukannya dengan sebaik mungkin. Berusahalah untuk melakukannya dengan sepenuh hati. Untuk menjadi seorang HRD, biasanya perusahaan mensyaratkan pengalaman kerja minimal 5 tahun pada bidang SDM. Apabila membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai artikel di atas dan jika anda membutuhkan bimbingan untuk menjadi seorang HRD yang berbakat dan sukses dan bisa membuat SOP dan KPI. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi nomor whatsapp kami 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami mendampingi anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *