4 HAL YANG PERLU ANDA LAKUKAN UNTUK PEMASARAN OMNICHANNEL

Di era teknologi seperti sekarang, dimana hampir satu laptop telah tersedia di tiap rumah dan satu handphone cerdas di tiap individu menyebabkan perkembangan transaksi bisnis semakin mudah dilaksanakan. Telah tersedia banyak cara agar orang-orang bisa melakukan aktivitas perbelanjaan untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan mereka. Sehingga tren seperti ini akan menjadi peluang besar bagi anda para pebisnis untuk melakukan aktivitas pemasaran, salah satu pemasaran yang tepat untuk tren saat ini adalah pemasaran omnichannel. Pada kesempatan kali ini, kami tim GroEdu Academy (Lembaga Konsultan & Training Pemasaran yang sudah dipercaya diberbagai kota besar diantaranya Surabaya, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogjakarta, Denpasar, Palembang, Banjarmasin, Palangkaraya, Balikpapan, Makassar, dan kota besar lainnya) akan membahas bagaimana cara melakukan pemsaran omni channel dengan benar dan efektif.
Seiring dengan maraknya media sosial, hanya dengan beberapa klik saja pelanggan dapat berbagi pengalaman belanja mereka yang baik dan buruk dengan ribuan orang. Sangat penting bahwa anda dapat menanggapi dan mendukung pelanggan ini dengan semua jenis komunikasi yang mereka harapkan dan terbiasa. Apakah ini pemasaran email, komunikasi pesan teks, acara di dalam toko, media sosial, dan lainnya. Metode komunikasi yang digunakan saat ini terus berkembang dan berubah. Terserah anda jika ingin melanjutkan perjalanan dan tetap terhubung dengan konsumen saat ini.
Pemasar sekarang perlu memberikan pengalaman bahagia pada para pelanggannya, terlepas dari saluran atau perangkat. Konsumen sekarang dapat terlibat dengan perusahaan di toko fisik, di situs web atau aplikasi seluler online, melalui katalog, atau melalui media sosial. Mereka dapat mengakses produk dan layanan dengan menelepon perusahaan di telepon, dengan menggunakan aplikasi di ponsel cerdas mereka, atau dengan tablet, laptop, atau komputer desktop. Setiap pengalaman konsumen harus konsisten dan saling melengkapi. Ini adalah sebuah cara pemasaran yang memungkinkan pelanggan untuk menyelesaikan transaksi dari banyak saluran yang telah anda buat.

Pahami Pelanggan Anda
Mulai siapa pelanggan anda, hingga bagaimana dan mengapa mereka berbelanja. Pelanggan adalah inti dari bisnis apa pun dan anda perlu mempertahankan ini di garis depan pikiran anda untuk membantu tetap berada di jalur yang benar dengan menjangkau target konsumen Anda. Untuk memulai Anda di jalan untuk memahami pelanggan, anda bisa mencoba cara ini :
• Cari tahu siapa pelanggan anda yang paling menguntungkan.
• Cari tahu pelanggan mana yang paling loyal kepada anda dan merek anda.
• Menetapkan di mana anda dapat terhubung dengan semua konsumen yang mungkin tertarik dengan produk yang anda jual.
• Ketahui perjalanan pembeli yang mungkin dilakukan pelanggan target anda untuk melakukan pembelian.
Mengetahui pelanggan anda secara mendalam akan membuat anda untuk membangun hubungan yang kuat dan menguntungkan dengan mereka, serta menghasilkan pertumbuhan dan kesuksesan bagi bisnis ritel Anda.

Pahami Data Anda
Anda memiliki banyak jenis data yang berbeda di ujung jari anda, lebih dari sebelumnya. Saat merencanakan anggaran anda, persediaan apa yang anda miliki, bagaimana mengelola pelanggan anda dan strategi pemasaran apa yang harus diadopsi. Berbagai data dari POS, sistem CRM, ERP atau sistem back office, akun media sosial dan banyak data lain, semuanya dapat membantu anda mengembangkan bisnis anda. Data berharga ini tidak hanya ada untuk dikumpulkan, tetapi perlu dianalisis dan dipahami sehingga anda dapat lebih mendukung target anda. Jika dilakukan dengan benar, hasilnya akan mengarah pada pengalaman ritel yang lebih ditingkatkan, lebih kuat untuk pelanggan ideal anda.

Tetapkan Tujuan Anda
Jika anda telah memahami pelanggan anda dan menganalisis data anda, selanjutnya adalah membangun strategi ritel omnichannel yang efektif. Namun sebelum itu, mari kita pikirkan dulu tujuan bisnis Anda.
Apakah tujuan anda adalah agar penjual membeli produk anda melalui media digital, atau anda ingin menawarkan produk anda dengan baik sehingga pelanggan mau dating dan membeli barang ditoko anda?
Pertimbangkan apa yang masuk akal untuk toko unik anda, tetapi pastikan ini juga masuk akal untuk target pelanggan anda dan data yang telah anda analisis. Menggabungkan semua pengetahuan ini bersama-sama akan membantu anda membangun strategi omnichannel terbaik untuk bisnis anda.

Buat Strategi Omnichannel Anda
Dengan tujuan dan sasaran anda yang jelas, mulailah mengambil langkah untuk mewujudkan pemasran omnichannel anda.
• Mungkin anda menyadari anda perlu menambahkan satu strategi omnichannel baru ke dalam bisnis anda selama beberapa bulan ke depan?
• Atau apakah anda perlu mempertimbangkan vendor luar untuk membantu anda menerapkan teknologi yang lebih kuat ke dalam upaya omnichannel anda?
• Atau mungkin strategi anda sendiri dimulai dengan menganalisis upaya yang ada dan melihat apa yang dapat anda lakukan untuk memperbaikinya?
Apa pun jalan yang harus anda ambil untuk menerapkan atau meningkatkan strategi ritel omnichannel, pastikan upaya anda tidak hilang dalam tanggung jawab anda sehari-hari. Jika perlu, jadwalkan beberapa waktu setiap hari untuk fokus murni pada perjalanan omnichannel anda.

Demikian artikel dari kami, terimakasih dan semoga bermanfaat. Jika anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai artikel di atas, strategi pemasaran bisnis ritel, Distributor dan pemasok atau membentuk tim Digital marketing di perusahaan anda. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi nomor whatsapp kami 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami siap membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *