ELEMEN-ELEMEN PENTING DALAM MANAJEMEN DISTRIBUSI

Distribusi fisik berkaitan dengan pergerakan fisik barang dari produsen ke konsumen. Ini adalah bagian penting dari aktivitas pemasaran dan komponen utama dari bauran pemasaran. Ini mencakup semua kegiatan yang membantu dalam pergerakan barang yang efisien dari produsen ke konsumen, seperti transportasi, pergudangan, penanganan bahan, pengendalian inventaris, pemrosesan pesanan, perkiraan pasar, pengemasan, lokasi pabrik dan gudang, serta layanan pelanggan. Pada kesempatan kami ini, tim GroEdu Academy (Lembaga Training & Konsultan Manajemen Bisnis yang sudah dipercaya diberbagai kota besar diantaranya Surabaya, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogjakarta, Denpasar, Palembang, Banjarmasin, Palangkaraya, Balikpapan, Makassar, dan kota besar lainnya) akan membahas tentang element penting dalam penerapan manajemen distribusi.

Customer Service
Customer Service atau Layanan Pelanggan adalah standar kepuasan pelanggan yang telah ditentukan sebelumnya, yang direncanakan akan diberikan oleh peritel kepada pelanggannya. Tanpa mendefinisikan dan menetapkan standar layanan pelanggan, peritel tidak dapat mencapai keunggulan kompetitif atas pesaing mereka. Sistem distribusi yang efektif harus menyimpan catatan biaya yang tepat untuk memenuhi berbagai standar layanan pelanggan dan meningkatkan kepuasan pelanggan dari peningkatan standar.

Proses Pemesanan
Proses pemesanan atau pemenuhan pesanan adalah penanganan pesanan pelanggan dalam pusat distribusi yang melibatkan target pelanggan dan detail pesanan ke dalam sistem komputer untuk menghasilkan faktur. Ide dasarnya adalah untuk mengirimkan pesanan sesuai keinginan tempat dan waktu pelanggan. Oleh karena itu, tindakan harus diambil dengan cepat karena pesanan telah dilakukan dan pelanggan harus memiliki konfirmasi cepat atas tanda terima pesanan dan waktu pengiriman yang tepat. Di dunia teknologi tinggi saat ini, komputer digunakan untuk memeriksa peringkat kredit, tingkat stok, dan ketepatan waktu pengiriman pelanggan sehingga manajemen dapat memperoleh gambaran yang akurat tentang status distribusi. Akurasi memainkan peran penting dalam proses pemesanan yang sukses, seperti juga prosedur yang dirancang untuk mengurangi siklus proses pemesanan.

Pengendalian Persediaan
Pengendalian persediaan adalah komponen utama dari sistem distribusi. Ini termasuk uang yang diinvestasikan dalam persediaan, keausan dan kemungkinan usang barang dengan berlalunya waktu. Dalam organisasi ritel, eksekutif pemasaran mengadvokasi persediaan besar untuk mencegah kehabisan stok. Oleh karena itu, peritel harus mencoba meminimalkan tingkat persediaan yang optimal untuk memenuhi permintaan pelanggan yang mendekati standar layanan pelanggan sebesar 100%.

Pergudangan
Ini melibatkan semua kegiatan yang diperlukan dalam penyimpanan barang. Fungsi ini pada dasarnya melibatkan penerimaan barang dagangan, pemecah massal, penyimpanan dan pemuatan untuk pengiriman ke pelanggan sesuai perinciannya. Gudang penyimpanan biasanya menyimpan barang dalam waktu lama sementara pusat distribusi beroperasi sebagai lokasi sentral untuk pergerakan barang yang cepat ke toko ritel. Selanjutnya, organisasi ritel menggunakan pusat distribusi regional dimana pedagang grosir membuang produk dalam volume tinggi. Di pusat distribusi regional, pengiriman ini dipecah menjadi muatan kecil yang kemudian dengan cepat diangkut ke gerai ritel sesuai dengan persyaratan gerai. Kegiatan ini dan informasi terkait dikendalikan oleh komputer menggunakan paket perangkat lunak khusus yang mengumpulkan barang dan memuatnya ke tempat persyaratan mereka. Sistem ini digunakan oleh pemasok besar yang memiliki outlet ritel yang tersebar di seluruh negeri dan / atau di luar negeri. Tingkat layanan pelanggan akan meningkat dengan bertambahnya jumlah lokasi gudang, tetapi biaya akan naik.

Transportasi
Transportasi sangat diperlukan untuk distribusi fisik barang dan jasa. Moda transportasi memungkinkan anggota saluran seperti produsen, grosir dan pengecer untuk membuat barang dan jasa tersedia di tempat pembelian pelanggan atau di depan pintu rumahnya. Dari sudut pandang biaya, transportasi menyumbang hampir 25-40% dari total biaya distribusi. Pengiriman cepat dan tepat waktu, keamanan barang selama transit dan penanganan yang tepat menghasilkan kepuasan pelanggan.

Demikian artikel yang dapat kami sampaiakan. Terimakasih dan semoga bermanfaat. Apabila membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai artikel di atas, strategi pemasaran, manajemen logistik, Supply chain management, SOP perusahaan. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi nomor whatsapp kami 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami siap membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *