PENGERTIAN LOGISTIK DALAM BISNIS DAN KAITANNYA DENGAN TRANSPORTASI

Bagi masyarakat yang selalu update pada berita harian tentunya sudah tidak asing dengan kata logistic dan orang awam pun pasti tahu apa itu Transportasi. Namun dalam artikel kali ini, kami membahas tentang Transportasi terkait supply perusahaan. Dan tentunya memiliki keterkaitan erat dengan manajemen usaha atau beberapa bisnis dalam bentuk Industri maupun Pabrik. Melalui artikel kali ini, kami akan memaparkan pengertian serta keterkaitan antara Logistik & Transportasi.


Definisi
Mulai dari Logistik, yaitu istilah yang cukup familiar namun banyak orang yang tidak tau atau salah mengartikan definisi dari Logistik itu sendiri. Oleh sebab itu kami turut mencantumkan pendapat para ahli untuk mendukung pemahaman pembaca sekalian.
 Menurut Christopher, 2005
Menurut Christopher, pengertian logistik ialah proses yang secara strategis mengelola pengadaan, pergerakan dan penyimpanan material, suku cadang dan barang jadi berserta aliran informasi terkait melalui organisasi dan kanal-kanal pemasarannya dalam cara dimana keuntungan perusahaan, baik untuk saat ini maupun diwaktu yang akan datang dapat dimaksimalkan dengan cara pemenuhan pesanan yang berbicara efektif.
 Menurut Lambert (2001)
Bagian dari proses rantai pasok (supply chain) yang direncanakan, dilaksanakan, dan dikendalikan dengan efisien, mengefektifkan aliran dan penyimpanan barang (goods), pelayanan (service), dan informasi terkait dari titik-titik pengumpulan/asal (point of origin) ke titik-titik konsumsi/tujuan (point of consumption) untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
 Menurut Bowersox (1978)
Proses pengolahan yang strategis terhadap pemindahan & penyimpanan barang, suku cadang dan barang jadi dari pemasok, diantara fasilitas-fasilitas perusahaan dan kepada pelanggan.
Berdasarkan ketiga pendapat diatas, maka dapat disimpulkan bahwa secara umum, Logistik dapat diartikan sebagai pengelolaan atau manajemen utama dalam suatu proses produksi yang meliputi berbagai prosedur pokok yang telah disebutkan diatas.
Lain hal nya dengan Transportasi, setiap orang tentu tahu kegunaan alat transportasi, dalam proses produksi pun Transportasi memiliki peran yang hamper sama seperti pada umumnya, yaitu untuk menyalurkan barang hasil produksi ataupun bahan-bahan yang akan digunakan dalam proses produksi. Dengan kata lain proses Logistik dan Transportai memiliki keterikatan satu sama lain yang tentunya harus dikelola serta dimanfaatkan dengan baik demi perkembangan bisnis yang anda jalankan.
Pembahasan lebih lanjut dapat anda lihat di postingan selanjutnya, tetap kunjungi terus website kami untuk informasi lebih lanjut serta wawasan variatif seputar bisnis. Sekian pembahasan pada artikel kali ini, mohon maaf apabila ada kesalahan kata atau kalimat yang kurang berkenan, semoga bermanfaat sebagai penambah wawasan pembaca sekalian. Apabila pembaca membutuhkan pendampingan dalam pembuatan SOP transportasi dan logistik, silahkan hubungi kami di 081-252982900. Atau email ke groedu@gmail.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *