TANTANGAN DALAM PELAKSANAAN SUPPLY CHAIN MANAGEMENT

Bertemu kembali dengan kami tim Groedu Academy (Lembaga pelatihan dan konsultan Distribusi yang sudah dipercaya diberbagai kota besar diantaranya Surabaya, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogjakarta, Denpasar, Palembang, Banjarmasin, Palangkaraya, Balikpapan, Makassar, dan kota besar lainnya). Pada kesempatan kali ini, kami akan menulis artikel tentang “Tantangan Dalam Pelaksanaan Supply Chain Management”.
Supply Chain Management (SCM) atau biasa disebut Manajemen rantai pasokan adalah proses di mana kegiatan rantai pasokan dikelola untuk memiliki keunggulan dibandingkan pesaing serta memaksimalkan nilai pelanggan anda. Ini pada dasarnya merupakan upaya dimana manajemen rantai pasokan dapat membantu mengembangkan dan mengelola kegiatan rantai pasokan anda seefisien mungkin. Ketika kita berbicara tentang manajemen rantai pasokan, kita juga berkaitan dengan pengembangan produk, sumber bahan, dan kualitas produksi barang. Rantai pasokan modern harus berevolusi untuk memenuhi tuntutan dan tantangan rantai pasokan, dan manajer rantai pasokan perlu merencanakan ke depan untuk menjaga semuanya mengalir lancar. Manajer rantai pasokan telah melihat peningkatan tantangan dalam manajemen rantai pasokan. Berikut tantangan dalam pelaksanaan rantai pasokan.

Customer Service
Layanan pelanggan dalam manajemen rantai pasokan adalah semua hal yang berhubungan dengan penyediaan jumlah yang tepat dan kualitas produk terbaik sesuai dengan pilihan pelanggan. Setiap pelanggan memiliki preferensi yang berbeda dan anda harus selalu menyesuaikan diri anda dengannya. Mampu memberikan pelanggan solusi tepat dan membuat perbedaan sepenuhnya. Perusahaan yang benar-benar unggul dalam bidang ini adalah perusahaan yang berupaya untuk belajar dan berinvestasi dalam teknologi baru.

Cost Control
Pengendalian biaya pada tahap ini berada di bawah tekanan ekstrem dengan meningkatnya biaya bahan baku, energi, dan tenaga kerja. Agar tetap dapat melanjutkan aktivitas produksi dan memberikan barang yang berkualitas baik dengan harga terjangkau, penyesuaian harus selalu dilakukan untuk menjaga operasi tetap berjalan. Solusi terbaik untuk masalah ini adalah meningkatkan kontrol biaya anda dengan menjalankan rencana anda secara efisien melalui pemantauan yang konstan.

Risk Management
Perencanaan dalam setiap aktivitas produksi adalah hal yang penting untuk anda lakukan, tidak terkecuali dalam bidang manajemen rantai pasokan. Karena perubahan konstan di pasar, yang berasal dari berbagai sumber seperti tuntutan konsumen. Tentu perubahan ini akan menyebabkan masalah besar pada operasi. Sehingga baik untuk anda agar selalu siap dengan rencana manajemen risiko, tentang bagaimana perusahaan anda akan dapat mengatasi gangguan selama operasi.

Relationship Supplier
Penting bagi anda untuk menjalin hubungan baik dengan pemasok/mitra anda. Menjalin hubungan yang saling menguntungkan. Hal ini juga akan menciptakan peluang untuk peningkatan dalam hal kinerja. Semakin baik hubungan anda, anda akan semakin dapat bekerja dengan baik dan melakukan produksi dalam waktu yang relatif cepat.

Qualified Employees
Selama bertahun-tahun, telah menjadi tantangan untuk menemukan bakat yang tertarik dan bersemangat tentang bidang pekerjaan ini. Personil yang dipekerjakan di bidang ini harus memiliki pemahaman tentang tugas dan tanggung jawab yang diperlukan

Demikian tantangan manajemen rantai pasokan yang dapat kami sampaikan dan semoga bermanfaat. Jika anda ingin lebih tahu tentang supply chain management, TRAINING DISTRIBUTORSHIP MANAGEMENT silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com atau langsung hubungi kami melalui nomor whatsapp 081-252-982900. Kami siap membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *