TIPS-TIPS AMPUH DALAM MEMBERIKAN KEUNGGULAN PELAYANAN (SERVICE EXCELLENT) TERHADAP PARA PELANGGAN ANDA

Sebenarnya tahukah Anda jika keunggulan pelayanan atau lebih sering disebut dengan service excellent merupakan hal yang sangat wajib untuk dilakukan dalam membuat pelanggan agar bisa menjadi lebih loyal terhadap produk Anda?

Tentu saja harus dilakukan, karena segala biaya-biaya yang selama ini telah Anda keluarkan agar bisa mendapatkan pelanggan baru bisa mencapai 7 kali lipat apabila dibandingkan dengan mempertahankan pelanggan-pelanggan yang sudah ada saat ini. Namun, pelanggan juga tidak selalu setia oleh setiap keadaan dari sebuah produk yang terlepas dari sisi kualitas dan berdasarkan dari penelitian telah menunjukkan bahwa pengaruh emosional terhadap pengalamanan pembelian merupakan enam kali lipat jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan pengambilan keputusan dengan menggunakan penalaran logika.

Oleh karena itulah, maka pelayanan yang sangat ramah, pelayanan cepat tanggap dan pelayanan yang serba cepat serta menjalin hubungan yang lebih hangat dengan para pelanggan Anda merupakan kunci utama dalam membangun hubungan awal yang lebih baik dengan produk dan brand milik Anda. Yang terpenting adalah tentang bagaimana Anda mampu untuk memberikan kesan/pengalaman yang lebih dari apa yang selama ini customer Anda bayangkan.
Sehingga untuk pengalaman yang akan dirasakan oleh para customer Anda merupakan pengalaman lebih unik dan cukup personal yang sebenarnya untuk bisa mendapatkan hal semacam ini sangatlah sulit untuk bisa dilakukan.

Service excellent atau yang biasa disebut sebagai keunggulan pelayanan merupakan attitude yang harus bisa dilakukan pada setiap departemen, yang dimulai dan diakhiri dengan orang-orang Anda, dari customer service, seperti bagian kasir sampai dengan CEO. Hal ini juga membutuhkan lebih dari satu departemen layanan pelanggan yang cukup efisien atau berupa jargon-jargon yang tertempel di dinding ruang makan Anda.

Berikut ini konsultan marketing akan memberikan daftar beberapa tips yang akan membantu Anda agar bisa menjadi lebih fokus pada elemen yang terpenting dari customer service excellent brand Anda:

1. Tetap selalu Fokus pada pelayanan sebelum hal-hal yang lain.
2. Memberikan pengalaman yang terbaik mungkin akan sangat berkesan bagi pelanggan Anda.
3. Menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih unik dan menarik serta bersifat personal.
4. Menggunakan pelanggan sebagai salah satu alat bantu pemasaran brand Anda.
5. Selalu ingat bahwa Anda menjual “WOW” dalam artian dari sisi kesopanan dan keramahan pelayanan.
6. Selalu berupaya untuk terus memperbaiki pelayanan Anda.
7. Selalu menghormati pelanggan-pelanggan Anda antara (waktu dan opini mereka).
8. Mengukur tingkat kepuasan dan keterlibatan mereka dengan produk Anda.
9. Tahu basis bagaimana target pelanggan Anda yang sesungguhnya (segmentasi pasar).
10. Mengintegrasikan proses operasional Anda ke dalam strategi pemasaran pelanggan.
11. Memahami bahwa sebenarnya Kepuasan Pelanggan akan lebih didasarkan pada tingkat loyalitas, identitas, values, dan relationships nya.
12. Interaksi berupa hubungan khusus yang mampu menjadikan pelanggan Anda untuk datang kembali lagi dan lagi.
13. Agen Pelayanan Pelanggan memang harus memiliki kewenangan untuk membuat keputusan yang lebih tepat.
14. Mendengarkan pelanggan Anda, Mengubah sikap mereka, dan memperbaiki segala permasalahan mereka dengan seksama.
15. Mengukur hubungan baik Anda dengan para customer, dan untuk memperbaiki proses Anda, dan secara lebih proaktif mampu dalam memecahkan dan mencegah terjadinya kesalahan yang sama agar tidak sampai terjadi lagi. (Perbaikan secara terus-menerus).
16. Selalu mengupayakan dalam memberikan pelayanan yang lebih ramah, pelayanan tanggap dan juga pelayanan cepat tanggap kepada para pelanggan Anda.

Jadi, jika Anda memang sudah menerapkan cara-cara pada setiap nomor dari nomor berapa saja dalam memberikan pelayanan yang lebih excellent bagi para pelanggan Anda? Maka mungkin saja jika Anda masih merasa kebingungan tentang bagaimana bentuk sesungguhnya dari pelayanan yang terbaik, maka Anda bisa mencoba untuk tetap berinteraksi dengan kami melalui WhatsApp 0812-5298-2900 atau email ke groedu@gmail.com. Kami menunggu kabar gembira dari Anda semua. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *