ALASAN PENTING MENGAPA STRATEGI DIGITAL MARKETING CUSTOMER SERVICE & COMMUNICATION CUKUP BERPENGARUH BAGI SEBUAH BISNIS

Dalam dunia digital marketing customer service & communication menjadi hal yang terpenting, akan tetapi di marketing offline atau marketing tradisionalpun customer service & communication menjadi hal yang harus lebih diperhatikan. Kita harus mengetahui bahwa customer service dan communication merupakan sesuatu hal yang wajib dimiliki oleh suatu perusahaan, yang memang bertujuan untuk menyelesaikan atau mencari solusi dari setiap permasalahan para pelanggan. Itulah tujuan utama yang sangat ingin kita ketahui mengapa customer service & communication begitu penting untuk dijalankan.

Selain penjelasan diatas berikut ini konsultan marketing akan menjelaskan tentang beberapa alasan lainnya mengapa digital marketing customer service & communication sangat penting untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda, yaitu:

1. Customer service adalah internal ambassador dari perusahaan Anda.

Apa yang menjadi alasan mengapa digital marketing customer service & communication begitu penting? Karena keduanya adalah suatu internal ambassador yang masih dimiliki oleh perusahaan Anda. Komunikasi yang baik harus dimiliki oleh customer service yag bisa semakin memperkuat strategi digital marketing yang Anda miliki saat ini, selain itu juga bisa menjadi merek yang membedakan antara perusahaan Anda dengan yang lainnya, sehingga menjadikan para pelanggan ingin kembali lagi kepada Anda.

2. Customer Service & Communication yang terbagus bisa menjadi iklan gratis bagi bisnis Anda.

Sejak munculnya digital marketing, terjadi suatu pergeseran yang sangat penting terhadap interaksi antar para pelanggan. Baik itu dari sisi layanan maupun dalam hal marketing, hal ini berkaitan dengan komunikasi yang banyak terjadi di internet, bagaimana cara pelanggan membicarakan suatu merek yang ingin mereka gunakan di sosial medianya? Dampak yang terjadi dalam dunia digital bisa Anda manfaatkan untuk menjadikannya strategi digital marketing yang paling bagus. Digital marketing customer service & communication bisa menjadi iklan gratis yang bisa mendatangkan pelanggan bagi Anda. Pelanggan lama Anda tersebut, akan membagikan pengalaman mereka dengan senang hati, ketika Anda sudah memberikan layanan pelanggan yang terbaik dan berkomunikasi dengan sangat menyenangkan kepada mereka.

3. Customer Service & Communication akan membantu Public Relation (PR) untuk menceritakan dan membagikan pengalaman positif dari para pelanggan.

Alasan lainnya mengapa digital marketing customer service & communication itu sangat penting adalah karena bisa membantu divisi PR untuk menceritakan pengalaman positif pelanggan tersebut kepada media, jadi tidak hanya akan bisa membantu divisi pemasaran online saja. Bahwa komunikasi yang baik harus dimiliki oleh customer service dalam hal menyelesaikan setiap permasalah yang dimiliki oleh para pelanggan. Mereka diwajibkan harus bisa memadamkan api yang terjadi kepada para pelanggan, sampai tergantikan menjadi suatu kebahagian. Selain itu, customer service seperti ini lebih sering dituntut, agar bisa mengetahui mana pelanggan yang senang dan puas dengan jawaban yang sudah diberikan oleh mereka dan mana yang sama sekali tidak puas atau malah tambah marah-marah. Untuk pelanggan yang sudah merasa puas atas kerja mereka, maka bisa diminta untuk memberikan review yang positif pada websitenya. Dimana review tersebut akan bisa digunakan oleh divisi PR untuk mengumumkan pengalaman positif yang lebih baik bagi setiap pelanggan kepada media.

4. Berpengaruh besar terhadap citra perusahaan.

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya yang di mulai dari customer service bisa menjadi internal ambassador bagi perusahaan, sampai untuk membantu divisi PR dalam menceritakan pengalaman positif dari para pelanggan. Selanjutnya, mengapa digital marketing customer service & communication sangat penting adalah karena sangat berpengaruh besar terhadap citra perusahaan. Bagaimana customer service Anda mampu dalam memberikan tanggapan atau janji kepada pelanggan akan memberikan dampak kepada nilai yang sudah dipikirkan oleh konsumen Anda. Baik itu berupa tanggapan yang positif atau negatif hal ini akan sangat berpengaruh besar terhadap citra perusahaan Anda. Jika customer service melakukan kesalahan sampai menjadikan pelanggan kecewa dan citra perusahaan akan menjadi semakin buruk, strategi digital marketing apapun yang akan Anda lakukan tidak akan berkembang dengan lebih baik.

5. Jauh lebih penting dari harga yang sudah ditawarkan.

Alasan terakhir yang akan membuat digital marketing customer service & communication sangat penting dikarenakan sekarang ini, orang-orang akan jauh lebih mementingkan pengalaman layanan yang sudah mereka dapatkan dari suatu perusahaan apabila dibandingkan dengan harga yang sudah ditawarkan. Dan pada akhirnya, perusahaan-perusahaan yang sudah memberikan pelayanan berkesan paling buruk akan langsung ditinggalkan begitu saja oleh para konsumen setia mereka, sehingga mereka tidak akan lagi memiliki pelanggan dan menjadikan perusahaan Anda hancur. Seperti kata-kata yang seringkali kita dengar “pelanggan adalah raja”, jadi perlakukanlah mereka sebagai para raja, jika Anda menginginkan bisnis Anda tersebut tetap bertahan lama dan tetap bisa terus berkembang.

Nah, itulah beberapa alasan yang harus Anda ketahui bahwa customer service & communication memang sangat penting untuk strategi marketing online untuk perkembangan bisnis Anda. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk strategi digital marketing yang akan Anda jalankan selanjutnya. Jika Anda Suka lebih tertarik untuk strategi-strategi pemasaran atau pelatihan lain, Anda dapat menghubungi kami melalui WhatsApp 0812-5298-2900 atau email ke groedu@gmail.com. Kami menunggu kabar gembira dari Anda semua. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *