BEBERAPA KESALAHAN FATAL DALAM MENERAPKAN STRATEGI MARKETING YANG BANYAK DILAKUKAN PEBISNIS STARTUP

Salah satu tanda bahwa Anda memang sedang menjalankan sebuah bisnis kecil-kecilan adalah dari adanya budget yang serba terbatas dalam hal berpromosi dan kegiatan bermarketing bagi brand milik Anda. Anda tentunya berharap akan adanya harapan sebuah perkembangan dari bisnis Anda yang kemudian nanti akan semakin lebih memungkinkan bagi Anda untuk menambah budget marketing Anda, namun untuk hal seperti ini akan menjadi semakin sulit terjadi jika strategi marketing dan budget marketing Anda hanya lebih difokuskan untuk hal-hal yang masih salah.

belajar-bisnis-5-hal-yang-harus-kamu-cermati-jika-ingin-terjun-ke-bisnis-startupBerikut ini merupakan empat kesalahan marketing dalam berbisnis berskala kecil yang harus bisa Anda hindari.

1. Tidak adanya kecenderungan untuk menjaga hubungan dan komunikasi yang baik dengan para customernya.

Sekarang, untuk apa Anda memiliki media sosial jika Anda tidak pernah melakukan update dan menggunakannya sebagai salah satu sarana Anda agar bisa terkoneksi dengan para customer Anda? Jangan hanya meng-update konten-konten dan secara terus-menerus berjualan, bangunlah percakapan yang akan memicu adanya sebuah interaksi dalam bentuk share, like dan comment sehingga jumlah followers Andapun akan menjadi semakin bertambah banyak.

Mintalah opini secara langsung dari para fans Anda yang sehubungan dengan produk, dan ucapkan terima kasih atas berbagai kontribusi dari para customer dan fans Anda, sehingga mereka dapat merasa bahwa sebenarnya brand Anda memang sangat relevan dan menghargai mereka semua.

2. Website yang sama sekali tidak enak dipandang dari sisi visual (tampilan).

Anda yang sudah memiliki situs dan belum membuatnya ke dalam format yang lebih nyaman dan enak dipandang mata ketika dibuka dari PC/Laptop dan smartphone prospek pelanggan Anda? Maka, pada saat itulah Anda sudah benar-benar kehilangan prospek yang terbaik dari bisnis Anda yang sudah berusaha untuk mencoba mengenali brand Anda melalui situs Anda.

Akan tetapi mereka tidak bisa melanjutkan browsingnya karena tampilan yang terlalu sulit dan tidak enak dipandangan secara visal. Desainlah website Anda agar menjadi lebih responsif memang sangat dibutuhkan agar search engine juga dapat memunculkan situs web Anda berdasakan dari kategori pencarian. Sebagian besar pengguna internet yang sudah pernah melakukan browsing dari mobile phone mereka, karenanya, jangan lewatkan audiens yang lebih potensial seperti ini.

3. Tidak mengutamakan strategi SEO dalam menjalankan strategi marketing websitenya.

Seiring dengan semakin bertumbuhnya skala bisnis Anda, Anda juga tidak mungkin bisa terus-menerus mengandalkan teknik jemput bola dengan cara memasang iklan pada media-media atau situs-situs besar, baik cetak maupun digital. Anda juga harus berani untuk mengikutsertakan dan memberikan porsi biaya bagi Search Engine Optimization atau SEO, karena jika tidak, maka bisnis Anda akan semakin kehilangan kesempatan terbesar agar bisa ditemukan oleh prospek pelanggan potensial dan klien baru serta yang lebih parahnya lagi adalah, Anda semakin kehilangan para followers dari media-media sosial secara perlahan-lahan namun pasti.

4. Sama sekali tidak pernah meminta sedikit waktu untuk proses review dari para pelanggannya.

Review dari para customer Anda yang sebelumnya sudah pernah merasa puas dengan layanan dari brand Anda dapat menjadi jembatan bagi brand Anda untuk menjangkau pelanggan prospek lainnya. Sekitar 64% sampai 75% online consumers akan menjadi lebih terdorong untuk mengadakan pembelian secara online jika sebelumnya mereka sudah pernah melihat review yang positif dari pelanggan lain terhadap brand Anda.

Namun sayangnya, banyak diantara para pemilik bisnis kecil yang lebih mengkhawatirkan banyaknya komentar negatif yang sudah diperoleh jika memberikan sedikit ruang untuk customer dalam memberikan feedbacknya. Hal seperti ini dapat menjadi kesalahan terbesar Anda, karena brand yang tidak ingin menampung feedback seperti apapun dari customernya malah justru semakin terlihat tidak memiliki kredibilitas sama sekali.

Lalu, apa yang bisa brand Anda rubah dan segera lakukan sekarang? Demi sebuah skala bisnis Anda yang akan menjadi semakin meningkat dengan reputasi online yang terjaga dengan baik dimata para pelanggannya? Jika Anda merasa lebih tertarik untuk strategi-strategi marketing atau berupa pelatihan marketing lainnya, Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp 0812-5298-2900 atau email ke groedu@gmail.com. Kami tunggu kabar baiknya dari Anda semua. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *