BEBERAPA STRATEGI MARKETING YANG TEPAT DALAM UPAYA UNTUK SEMAKIN MENINGKATKAN TRAFFIK WEBSITE DAN BLOG PERUSAHAAN

Menurut Anda, bagaimana strategi marketing yang paling tepat saat ini? Jika Anda sudah memiliki situs entah seperti halnya blog pribadi atau berupa website dalam hal meningkatkan trafik sangat perlu adanya satu strategi yang paling cocok dan tepat. Mengapa demikian? Jawabannya adalah karena untuk saat ini sudah sangat banyak web-web pages yang merupakan pesaing terberat Anda dar media internet yang sangat berkembang saat ini.

indexJika Anda sama sekali tidak memiliki strategi marketing yang paling tepat, maka jangan harap Anda akan bia berhasil. Situs-situs web yang sepi akan semakin memburuk untuk bisnis Anda.
Jika berbicara tentang strategi, maka berikut ini konsultan marketing akan menjelaskan tentang beberapa strategi yang masih bisa Anda terapkan dalam upaya untuk semakin meningkatkan trafik situs web milik perusahaan Anda. Penasaran dengan strateginya? Langsung saja simak baik-baik penjelasan berikut ini:

1. Lebih aktif berperan pada beberapa blog/forum marketing.

Anda pastinya sudah sangat mengetahui jika ingin bisa benar-benar dikenal oleh banyak orang, tentu saja harus memperkenalkan diri sendiri terlebih dahulu. Maka dari itu, cobalah untuk melihat blog-blog lain terlebih dahulu dan memberikan komentar yang lebih positif dan tentu saja tidak lupa untuk lebih aktif pada berbagai macam forum.

Setidaknya Anda harus menetapkan target market. Melakukan riset terhadap blog dan forum seperti apa saja yang lebih relevan dengan situs website Anda. Lalu, fokuskan untuk memilih web atau blog yang sudah memiliki trafik tertinggi, dan paling ramai dikunjungi serta sesuai dengan blog milik Anda. Tidak perlu terlalu banyak blog, cukup hanya sekiar 5-7 forum/blog saja.

Kemudian, Anda tidak perlu menjual secara paksa blog Anda, cukup dengan memberikan komentar yang lebih relevan pada blog dan membangun topik pada saat berada di forum. Jangan lupa untuk berkomentar dengan lebih sopan dan pilihlah kata-kata yang lebih formal. Topik pada forum biasanya akan berupa pertanyaan-pertanyaan atau diskusi. Jika Anda memang memiliki masukan atau beberapa komentar yang lebih positif dan bermanfaat, maka akan dengan sendirinya orang-orang tersebut berdatangan ke blog/website Anda.

2. Jadilah penulis pada situs-situs lainnya.

Biasa disebut dengan guest post, dan Anda bisa menjadi penulis untuk situs-situs web lain. Dulu, guest post seringkali menjadi metode off-site SEI untuk meninggikan backlinks, namun untuk sekarang ya tentu saja tidak. Semenjak munculnya Google Panda, kode algoritma yang lebih terfokus terhadap kualitas dari konten dan Google Penguin, guest post yang menjadi masalah karena adanya beberapa alasan berikut, yaitu:

• Sering terjadinya duplikasi konten yang secara langsung dianggap tidak berkualitas.
• Link dari guest post dengan rel=”do-follow” dianggap sebagai link schemes atau manipulasi link.

Meskipun sebenarnya terlihat kurang bagus dari sisi SEO akibat dari algoritma Google, namun ada beberapa keuntungannya untuk website/blog Anda, yaitu trafik. Selain itu, pada setiap situs juga memiliki demografi pembaca yang berbeda-beda dan ketika Anda sudah menjadi penulis tamu pada situs-situs lain, maka itu artinya adalah Anda sedang mempromosikan diri Anda dan situs yang Anda miliki kepada para audience baru. Jika para pembaca menyukainya, maka mereka akan terus mengikuti tulisan yang sudah Anda buat dimanapun situs yang sudah Anda singgahi. Manfaatkan guest post ini untuk mengasah teknik sekaligus eksplorasi gaya penulisan Anda. Tentunya, untuk hal ini akan mampu memberikan dampak bagi pembaca agar dapat menjadi lebih segar untuk membaca artikel yang sudah Anda buat tersebut.

3. Membuat video marketing.

Ya, tentu saja video merupakan salah satu media komunikasi audio visual terbaik yang cukup efektif sebagai salah satu strategi marketing dari website Anda. terdapat beberapa manfaat dari penggunaan video marketing untuk website Anda ini, yaitu:

• Video bisa menjadi media pemasaran produk terbaik, website, perusahaan, bahkan untuk diri Anda sendiri.
• Video akan dapat menambah nilai dari sebuah artikel blog.
• Video dapat membuat pembaca menjadi lebih lama berada di situs web Anda (Jika video di embed dalam sebuah konten).
• Video bisa menjadi dasar acuan dari beberapa jenis pembaca yang memang lebih senang menonton apabila dibandingkan dengan membaca.
• Meskipun link yang berasal dari Youtube sendiri tidak berpengaruh besar pada SEO, namun tetap bia berpengaruh terhadap trafik.
• Anda akan dapat memasang iklan atau adsense pada Youtube, sehingga jika channel menjadi semakin ramai dikunjungi, maka secara otomatis akan dapat menambah penghasilan Anda.

Namun untuk video seperti apakah yang paling cocok untuk ditempatkan pada website Anda?
Sebenarnya cukup mudah, pilihlah konten-konten terbaik saja atau berisi tentang tutorial dari situs web Anda. Atau Anda bisa membuat video tentang perkenalan dari sebuah produk, website atau perusahaan yang sudah berjalankan. Jika berbicara tentang video, maka ada baiknya jika Anda lebih memperhatikan tentang beberapa hal, seperti kualitas gambar dan suara yang nantinya akan dapat membuat audience merasa betah untuk menonton. Selain itu, device yang akan digunakan untuk merekam sebuah video juga harus berkualitas HD.

Jangan lupa untuk menggunakan software yang secara khusus dibuat untuk mengedit video. Dan sebelum diunggah, pastikan bahwa video yang sudah di edit tersebut memang sudah baik dan sangat layak untuk di tonton agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Nah, itulah sedikit tips tentang beberapa strategi marketing yang masih bisa Anda lakukan untuk meningkatkan trafik pada website/blog Anda. Terimakasih semoga bermanfaat dan salam sukses.

 

 

 

 

 

Groedu Academy E-Learning

City Of Tomorrow Mall, Jl. A Yani No. 288 (Bunderan Waru) Lantai UG, Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya.

Handphone : 0818521172 (XL), 081252982900 (Simpati)
Office (only call no sms)  : 0811-3444-910
Email : groedu@gmail.com/groedu_inti@hotmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *