Category Archives: Event

19Nov/16

MEMAKSIMALKAN PENJUALAN MELALUI TRAINING SERVICE EXCELLENCE PRAMUNIAGA

Bagaimana mendatangkan traffic (kunjungan) pelanggan ke toko ritel kita? Ada yang menggunakan metode sebar brosur di lokasi yang tidak jauh dari lokasi ritel kita. Membuat event bazaar di depan toko, serta kegiatan lainnya yang bisa mendatangkan masa pengunjung. Namun demikian traffic bisa naik dengan tajam ke atas, tetapi berikutnya sudah banyak yang tidak berkunjung ke toko kita. Padahal toko kita barang-barangnya lengkap, suasana belanja juga nyaman: ada music, ruangan ber-ac dan lorong antar rak juga enak dilewatinya, serta harga produk lumayan bersaing. Jadi tidak ada kurang satu apapun mengenai toko kita. Lalu kenapa yang sudah kita lakukan itu sia-sia, padahal sudah mendatangkan banyak pengunjung ke toko kita tetapi tetap juga pada akhirnya tidak ada RE- ORDER. Meskipun yang kita harapkan mereka datang kembali dan membeli barang ke toko kita.

img_9584

Apa masalahnya? Ternyata banyak pengunjung tidak kembali ke toko kita karena layanan para pramuniaganya kurang baik, sehingga membuat pengunjung tidak nyaman dan merasa kurang dilayani dengan baik. Oleh sebab itu bagi pemilik toko ritel modern jangan merasa bangga dahulu atau senang dulu dengan kedatangan konsumen yang begitu banyak. Tetapi rata-rata pengunjung keluar dari toko kita dengan tangan hampa. Pasti ada yang tidak benar di toko kita atas layanan pelanggan. Apa yang harus dilakukan?

Training service excellence sangat penting dan dibutuhkan oleh toko modern kita, apalagi yang baru dibuka. Sebab jika hal ini tidak diperhatikan maka lama-kelamaan toko kita akan kehabisan konsumen. Pada pelatihan service excellence peserta training akan diajari banyak hal mengenai layanan pelanggan, sampai dengan handling complain pelanggan. Para pramuniaga akan diajari bagaimana melakukan salam, sapa dan layanan.  Serta bagaimana membaca bahasa tubuh customer. Serta mengatasi complain pelanggan dengan sukses dan benar. Pelatihan ini akan sangat bermanfaat dalam meningkatkan penjualan toko kita. Dari mana profit toko akan tercipta apabila penjualan tidak meningkat? Tentunya dari re-oder yang datang bertubi-tubi dari konsumen yang datang ke toko kita.

Training itu sangat penting bagi pramuniaga, dan hal ini wajib di-refresh setiap waktu agar layanan kepada pelanggan bisa terus menerus dilakukan. Sama halnya dengan suatu pengkat lunak yang bisa bermanfaat dan memberikan banyak keuntungan pemiliknya, salah satunya adalah dengan cara di-Charge, nah sama seperti dengan pramuniaga, perlu di-charge agar tetap energik dan bersahaja. Pelatihan tidak mesti berhenti di pelatihan pertama tetapi harus secara berkala pelatihan ini dilakukan. Oleh sebab itu bukan rahasia lagi bagi ritel modern yang sukses, selalu mengadakan pelatihan ini agar toko selalu ramai dikunjungi oleh konsumen.

Ingin membuktikan? Silahkan dicoba untuk lakukan training terus menerus pada pramuniaga kita . agar terjadi peningkatan penjualan. Apabila dilakukan sendiri tidak membawa hasil, maka silahkan hubungi kami ke nomer 0818521172 atau 081252982900, atau email ke groedu@gmail.com untuk meminta bimbingan atau pendampingan, bahkan sebagai pemateri dalam kegiatan training-training perusahaan. ( Frans M. Royan, SE,MM)

18Jul/15

CARA EFEKTIF MEMPEROLEH TRAINER PEMASARAN PROFESIONAL

Pada saat ini banyak sekali penawaran dari trainer-trainer pemasaran, khususnya di akhir tahun ketika budget perusahaan harus segera dihabiskan. Seringkali karena suka terburu-buru mengundang trainer pemasaran akhirnya yang dipilih adalah yang murah, memberikan fasilitas-fasilitas training tambahan seperti kaos, jemputan peserta, foto training (instant), atau service lainnya. Boleh juga sih apabila memang training itu bertujuan “bersenang-senang” dan tidak mementingkan “bobot” dari materi training itu sendiri. Itu kebebasan dari pihak perusahaan yang ingin menghabiskan dana trainingnya. Lalu bagaimana untuk perusahaan yang memang budgetnya “sengaja diadakan” karena sangat membutuhkan training dengan topik yang dibutuhkan? Tentu saja untuk memenuhi kebutuhan nomer dua ini, maka pilihlah beberapa karakteristik trainer yang dibutuhkan. Di bawah ini terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan agar mendapatkan trainer yang benar untuk melatih SDM perusahaan.

  1. Cari trainer yang memiliki jam terbang “pengalaman” bidang yang kurang lebih sama. Misalnya kalau training mengenai penjualan, maka kita cari trainer yang minimal punya pengalaman di bidang penjualan. Apabila menemukan trainer yang memiliki pengalaman cukup panjang satu lini dengan level dari bawah sampai puncak, maka dialah trainer penjualan yang cocok untuk perusahaan. Hindari memilih trainer penjualan yang selain tidak berpengalaman, juga pengetahuannya hanya didapat dari buku-buku. Seperti layaknya kalau kita mau terbang, sebaiknya cari pilot yang pernah menerbangkan pesawat, bukan pilot yang tahu banyak tentang mengemudi pesawat tetapi tahu dari buku-buku yang dipelajari.
  2. Carilah trainer yang saat ini berkecimpung di dunia pendidikan, selain punya pengalaman seperti poin satu tadi. Trainer yang berkecimpung di dunia pendidikan tentunya memiliki cara melatih dengan benar sesuai dengan pelatihan-pelatihan yang pernah didapat untuk kebutuhan academik tertentu.
  3. Carilah trainer yang saat ini selain menjadi trainer pemasaran, ia juga saat ini sebagai konsultan berbagai perusahaan. Trainer yang plus sebagai konsultan tentunya memiliki banyak pengalaman tambahan akan kasus-kasus yang sedang ditangani di versi yang terbaru, dibanding kita dapat trainer hanya pekerjaannya sebagai trainer saja. Apalagi yang pengalamannya didapat dari buku-buku. Sekarang ini banyak trainer pemasaran Top yang ternyata banyak ilmu dari baca buku saja, dan ketika ditanyakan masalah kondisi riil di lapangan maka ia tidak bisa menjawab. Ciri-ciri trainer seperti ini biasanya tidak mau mengajar lebih dari 3 jam di satu pertemuan, dan tidak pernah memberikan waktu pada peserta untuk bertanya. Selain tarifnya mahal, paketnya biasanya dalam bentuk seminar, bukan  dalam bentuk workshop.
  4. Yang paling bagus lagi carilah trainer pemasaran yang saat ini selain mengajar di Universitas, menjadi konsultan, saat ini ia juga mengelola bisnisnya sendiri. Kalau menemukan yang terakhir, tentunya kita menemukan trainer pemasaran yang berplat emas. Oleh sebab itu sesuaikan dengan budget kita apabila sedang mencari trainer, trainer yang terakhir belum tentu bayarannya mahal, tetapi bisa tarifnya tidak mahal, tergantung bagaimana kita menegosiasikan dan me-link perusahaan kita dengan usaha trainer.

Semoga kiat mencari trainer yang benar diatas bisa menjadi kompas yang tepat bagi pencarian trainer dengan budget yang ngepas saja. Apabila menginginkan informasi lebih lanjut mengenai training, consulting dan aplikasi software bapak/ibu dapat menghubungi 0818521172 atau email ke : groedu@gmail.com. Salam sukses!