Category Archives: Artikel

21Jul/18

POIN-POIN TERPENTING YANG MENJADI DASAR PENILAIAN KUALITAS SEBUAH PRODUK DARI PARA KONSUMENNYA

Begitu banyaknya produk yang saat ini sudah beredar di pasaran menjadikan terjadinya persaingan antar sesama produsen menjadi semakin lebih ketat lagi. Selain itu, yang menjadikan hal ini semakin lebih rumit menurut konsultan marketing adalah karena terjadinya perilaku dari para konsumen yang juga seringkali mengalami perubahan yang tidak pernah bisa disangka-sangka sebelumnya oleh para produsen. Para konsumen saat ini menjadi semakin cerdas dan lebih teliti dalam memutuskan untuk membeli sebuah produk.

imagessBerbagai pertimbanganpun harus mereka lakukan terlebih dahulu, baik dari segi kualitas, mutu, harga, bentuk, dan manfaatnya bagi mereka merupakan faktor-faktor yang sangat mempengaruhi berbagai pertimbangan para konsumen tersebut dalam menimbang-nimbang untuk membeli produk dari Anda. dan hal ini jugalah yang semakin mendorong terjadinya pertempuran persaingan yang lebih sengit diantara sesama produsen dalam memperebutkan dan mempertahankan minat dari para pelanggannya. Berbagai cara akan dilakukan oleh para produsen tersebut agar dapat memenangkan produknya di mata para konsumen.

Pada sisi lainnya, para konsumen yang sudah semakin cerdas memiliki ekspektasi yang lebih tinggi dari sebuah produk itu sendiri dan salah satunya adalah untuk mendapatkan kepuasan dari produk yang akan digunakannya. Konsumen akan merasa jauh lebih puas jika apa yang mereka harapkan pada suatu produk dapat terpenuhi/sesuai dengan kenyataan sebenarnya. Namun jika ternyata produk tersebut tidak sesuai seperti apa yang diharapkan, maka para konsumen tersebut akan merasa sangat kecewa dan lebih memilih untuk meninggalkan produk tersebut.

Ekspektasi para konsumen ini sudah terbiasa didapatkannya dari pengalaman mereka pada saat mencoba sebuah produk baru, informasi dari pihak lain, atau dari iklan yang dibuat oleh perusahaan. Pemenuhan terhadap kepuasan konsumen ini memang sangat penting karena akan sangat berpengaruh besar terhadap profit perusahaan.

Tentu saja dalam hal pemenuhan kepuasan pelanggan ini bukanlah pekerjaan yang mudah. Setiap individu memiliki kebutuhan dan penilaian yang bermacam-macam. Karena itu perusahaan juga harus menyadari hal itu agar bisa segera menyesuaikannya dengan harapan dari para pelanggan dan menghadirkan sebuah produk dengan karateristik yang banyak dibutuhkan oleh para konsumen.

Agar perusahaan dapat memenuhi harapan tersebut, maka perusahaan harus memperhatikan beberapa poin penting berikut ini sebagai dasar penilaian dari customer dalam memilih sebuah produk:

1. Memahami seperti apa dan bagaimana kebutuhan para konsumen dan segera menyediakan apa yang menjadi kebutuhannya merupakan dasar terpenting bagi para konsumen dalam memilih sebuah produk.
2. Memiliki kelengkapan fitur yang cukup memadai serta daya tahan yang lebih tinggi, sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih panjang.
3. Produk yang akan digunakan memiliki konsistensi dalam hal mutu dan performa. Mutu dan kinerja yang ditunjukkan oleh sebuah produk tidak dengan cepat mengalami penurunan/ perubahan. Sehingga konsumen dapat terus menggunakannya tanpa harus merasa khawatir tentang adanya penurunan mutu produk.
4. Tersedianya dukungan dari produsen terhadap produk yang mereka hasilkan. Misalnya dalam hal layanan pelanggan yang selalu terupdate produk terbaru, layanan keluhan para pelanggan, atau untuk layanan maintenancenya.
5. Kesesuaian dengan spesifikasi. Produk yang dihasilkan harus benar-benar sesuai dengan iklan atau informasi yang diberikan kepada konsumen, baik itu adalah dalam hal spesifikasi produk serta sudah benar-benar teruji.

Bagi para produsen harus memahami tentang apa saja yang menjadi dasar penilaian bagi para konsumen dalam hal memilih sebuah produk, sehingga para produsen akan dapat menentukan target pasar dan membuat produk yang lebih tepat. Dengan cara demikian maka perusahaan diharapkan akan dapat memberikan kepuasan bagi para konsumen. Konsumen yang merasa cukup puas akan menjadi lebih mudah dalam memutuskan produk mana yang nantinya akan mereka beli.

 

 

 

Groedu Academy E-Learning

City Of Tomorrow Mall, Jl. A Yani No. 288 (Bunderan Waru) Lantai UG, Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya.

Handphone : 0818521172 (XL), 081252982900 (Simpati)
Office (only call no sms)  : 0811-3444-910
Email : groedu@gmail.com/groedu_inti@hotmail.com

19Jul/18

STRATEGI RAHASIA BAGAIMANA DALAM MENJARING KONSUMEN POTENSIAL BARU YANG JAUH LEBIH BANYAK

Salah satu tantangan terberat yang harus dihadapi oleh para pebisnis adalah tentang bagaimana caranya untuk menemukan pelanggan-pelanggan baru ditengah semakin ketatnya persaingan dengan sesama pebisnis lain. Pada zaman teknologi dan informasi yang sudah serba modern seperti sekarang ini dan sudah mengalami perkembangan yang begitu pesat, seharusnya hal-hal seperti itu sudah tidak lagi menjadi maslah bagi para pengusaha yang sudah lama hidup dalam dunia bisnis.

Tips-Gaet-Konsumen-Baru-Agen-PerjalananBegitu banyaknya tools-tools untuk menjalankan strategi marketing yang dapat dipilih dan digunakan menurut konsultan marketing seharusnya sudah sangat cukup untuk menjawab berbagai permasalahan tersebut. Namun dalam dunia bisnis yang sebenarnya, kegiatan marketing merupakan suatu kegiatan yang lebih berbeda dan cukup menantang. Perlu adanya sebuah ide-ide segar baru yang seharusnya mampu untuk “out of the box” agar setidaknya mampu menjaring banyak konsumen-konsumen baru yang bersedia untuk membeli produk Anda.

Berikut ini merupakan beberapa metode dan tools-tools rahasia bagaimana dalam mendapatkan konsumen-konsumen potensial baru dengan cara menggunakan berbagai macam jenis-jenis dari tools marketing.

1. Sosial Media Marketing.

Setiap hari kita banyak sekali mendengar tentang teknik pemasaran menggunakan media sosial dan tentang bagaimana suksesnya orang-orang yang telah menggunakan media sosial sebagai salah satu metode pemasaran dari produknya. Apakah Anda juga pernah berpikir demikian untuk melakukannya? Mungkin masih banyak diantara para pengusaha yang tidak terlalu peka dengan marketing tools seperti ini. Padahal diantara kebanyakan perusahaan-perusahaan baru yang memiliki akun media sosial pribadi milik perusahaan, seperti akun: Facebook, Twitter, LinkedIn dan lain sebagainya.

Hal itu sebenarnya sangat bisa dimaklumi, karena sebagian besar para pengusaha belum tentu semuanya paham dengan penggunaan sosial media sebagai strategi marketing seperti ini. Sosial media marketing memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk mempelajari dan mempraktekannya. Namun jika benar-benar diaplikasikan dan diimplementasikan oleh para pebisnis dengan benar, metode seperti ini setidaknya akan mampu menjaring calon-calon pelanggan potensial baru yang lebih banyak dengan biaya yang lebih sedikit. Apakah Anda berani untuk mencobanya?

2. Mempublikasikan Sekumpulan Artikel-Artikel yang Bermanfaat.

Sebagai seorang pebisnis, pastinya Anda sudah memiliki berbagai macam pengalaman dan ilmu tentang akuntansi, tentang bagaimana dalam membuat perencanaan bisnis yang baik, bagaimana dalam menyelesaikan berbagai macam permasalahan finansial perusahaan dan lain sebagainya. Mengapa ilmu dan pengalaman Anda tersebut tidak pernah Anda tuliskan ke dalam sebuah tulisan artikel yang menarik pada web milik Anda untuk dibaca dan dipublikasikan secara lebih luas melalui akun media sosial yang Anda miliki, website resmi perusahaan Anda atau bahkan hanya sekedar berupa blog yang Anda kelola secara pribadi.

Cara tersebut termasuk cara yang paling efektif tentang bagaimana dalam menjaring konsumen-konsumen baru. Orang yang membaca artikel Anda setidaknya akan mengetahui bahwa Anda merupakan seoran yang benar-benar ahli dalam menyelesaikan berbagai permasalahan keuangan bisnis Anda. Dengan demikian, Anda juga akan membangun sebuah kepercayaan dan keinginan yang lebih kuat untuk menggunakan ilmu Anda untuk memperbaiki berbagai permasalahan keuangan di pada perusahaan.

3. Membuat Sejenis Infografik.

Untuk saat ini, orang lebih malas untuk membaca tulisan artikel yang terlalu panjang dan hanya berisikan tentang teks dan tulisan-tulisan saja. Orang-orang akan merasa lebih tertarik untuk membaca sebuah gambar yang banyak memuat berbagai macam info-info menarik di dalamnya. Gambar yang memuat info tersebut untuk saat ini lebih populer dengan sebutan infografik. Ya, infografik untuk saat ini menjadi media pembelajaran yang paling banyak diminati oleh masyarakat, dan Anda setidaknya harus sedikit meliriknya untuk dijadikan sebagai salah satu cara untuk mendapatkan konsumen baru.

Lalu bagaimana caranya? Mudah saja, visualisasikan artikel yang sudah Anda buat tersebut dan segera posting ke dalam infografik. Cara seperti ini memang terbilang cukup mahal karena Anda perlu untuk menyewa jasa dari seorang desain grafis atau seorang animator jika Anda benar-benar menginginkan infografik yang Anda sajikan benar-benar mendekati sempurna. Namun Anda juga masih dapat membuat infografik sendiri dengan berbagai tools dan template pendukung yang sudah tersedia pada banyak web pembuat infografik dengan gratis.

Sama halnya seperti mempublikasikan artikel, infografik yang memuat seputar informasi tentang bagaimana cara terbaik dalam menyelesaikan berbagai permasalahan keuangan milik perusahaan untuk membangun kepercayaan dari para pembaca bahwa Anda adalah seorang pebisnis yang cukp berkompeten dan handal. Sehingga mereka tidak akan merasa ragu lagi untuk menjadi pelanggan setia Anda.

4. Aktif untuk Ikut Berdiskusi pada Forum-Forum Bisnis.

Saat ini sangat banyak sekali forum-forum diskusi akuntansi dan keuangan dari internet, mulai dari forum formal sampai dengan forum yang lebih bersifat informal. Jika Anda sudah menjadi anggota dari forum diskusi tersebut, maka sebaiknya Anda jangan hanya menjadi silent reader saja. Ikut aktiflah dalam kegiatan diskusinya dengan memberikan komentar-komentar yang lebih berbobot dan relevan dengan topik diskusinya.

Dengan cara lebih aktif dalam berbagai kegiatan diskusi tersebut, maka para anggota diskusi akan mengetahui bahwa Anda adalah salah satu anggota yang cukup berkompeten. Bukan tidak mungkin, jika dari sekian banyaknya anggota dari forum tersebut adalah para manager-manager dari salah satu perusahaan yang berpotensi besar untuk menjadi rekanan bisnis atau bahkan konsumen Anda di masa yang akan datang.

5. Mencari referensi dari para konsumen-konsumen lama.

Metode yang paling sering dilakukan banyak perusahaan-perusahaan besar adalah dengan mencari referensi dari konsumen baru dari konsumen lama. Kebanyakan dari para pebisnis ketika sudah selesai menyelesaikan urusan dari konsumen akan langsung berpaling untuk lebih sibuk mencari konsumen baru lain. Jarang yang ada yang berpikir untuk menjaga hubungan dengan “mantan” konsumen. Menjaga hubungan baik dengan konsumen lama adalah salah satu hal terpenting dalam ilmu marketing. Karena dari konsumen lama inilah, maka Anda mungkin akan bisa mendapatkan konsumen baru lain.

Mulailah untuk menjalin kembali komunikasi yang baik dengan “mantan” konsumen-konsumen lama Anda. Sekedar bertegur sapa dari social media atau saling mengirimkan ucapan keberhasilan atau ucapan selamat lain pada momen-momen special tertentu. Jika Anda memang memiliki kedekatan terhadap konsumen tersebut, Anda akan selalu diingat dan mungkin juga akan direferensikan kepada rekan-rekan bisnisnya agar mereka juga menggunakan jasa Anda. Namun jika jasa yang Anda berikan malah meninggalkan kesan yang lebih buruk kepada meraka, maka Anda pastinya sudah tahu sendiri jawabannya bukan.

 

 

 

Groedu Academy E-Learning

City Of Tomorrow Mall, Jl. A Yani No. 288 (Bunderan Waru) Lantai UG, Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya.

Handphone : 0818521172 (XL), 081252982900 (Simpati)
Office (only call no sms)  : 0811-3444-910
Email : groedu@gmail.com/groedu_inti@hotmail.com