PERHATIAN PENTING DALAM PELAKSANAAN PETA PEMASARAN TRIWULAN


Jika Anda sudah melakukan pemasaran dalam jangka waktu lama, Anda mungkin tekah terbiasa membuat rencana pemasaran tahunan. Waktu dan sumber daya yang dibutuhkan untuk mengembangkan langkah Anda selanjutnya selama 12 bulan bisa sangat melelahkan. Selain itu, ada potensi jebakan dan risiko yang terkait dengan rencana pemasaran tahunan, setidaknya dalam cara mereka dikembangkan dan dieksekusi di masa lalu.

Dengan pasar dan teknologi yang berubah dengan cepat, inisiatif pemasaran yang akan Anda terapkan selaman 6-12 bulan dari sekarang mungkin menjadi tidak relevan atau bahkan mungkin usang. Seperti yang kita bahas minggu lalu, ada manfaat untuk membuat rencana tahunan tingkat tinggi yang didukung oleh rencana taktis yang dibuat setiap triwulan. Memecah rencana tahunan Anda menjadi peta pemasaran triwulan dapat membantu Anda tetap fleksibel dan menyesuaikan sesuai kebutuhan untuk menghasilkan hasil yang diinginkan. Berikut ini 7 hal yang perlu anda perhatikan dalam menciptakan peta pemasaran triwulan.

#1 Fokus Area

Mulailah dengan menentukan bidang apa yang ingin Anda fokuskan yang terkait langsung dengan sasaran pertumbuhan bisnis tahunan Anda. Pertahankan pada level yang dapat dikelola. Katakanlah, empat atau lima area dan identifikasi KPI yang perlu ditingkatkan berdasarkan pada tujuan bisnis perusahaan Anda untuk tahun ini. Area fokus dapat mencakup:

  • Daya Tarik Situs Web. Bagaimana Anda bisa menerapkan pendekatan desain yang didorong pertumbuhan untuk desain web dan pendekatan klaster topik / pilar pada konten Anda untuk menjangkau audiens target Anda dan meningkatkan SEO?
  • Pengoptimalan Tingkat Konversi. Halaman situs apa yang ditinggalkan pengunjung dan bagaimana Anda bisa meningkatkannya untuk mendorong lebih banyak konversi?
  • Kualifikasi Pimpinan. Bagaimana caranya agar formulir kontak atau obrolan percakapan ditingkatkan?
  • Lead Nurturing. Apakah ada konten atau kampanye untuk fokus pada yang sejalan dengan produk atau layanan utama Anda?
  • Partisipasi Acara. Apakah ada pameran dagang, konferensi, atau webinar industri yang bermanfaat yang menjamin kampanye masuk?

#2 Inisiatif Pemasaran Yang Didefinisikan Dengan Jelas

Berdasarkan tujuan Anda untuk kuartal berikutnya, jelaskan inisiatif yang direkomendasikan dan garis besar kegiatan pemasaran di setiap fokus area. Anda tidak perlu disertasi dua halaman untuk masing-masing, tetapi Anda harus merangkum setiap elemen yang diusulkan dalam satu atau dua kalimat. Menjabarkan dasar-dasar akan membantu melibatkan para pemangku kepentingan utama dengan memberikan potret taktik pemasaran praktis yang akan membantu Anda mencapai tujuan Anda.

#3 Anggaran

Dalam hal ini, Anda jelas perlu menyesuaikan ruang lingkup rencana triwulan Anda. Namun, jika Anda merasa kuat tentang hal itu dan dapat membuat kasus bagaimana hal itu akan menghasilkan ROI yang signifikan, maka kumpulkan bukti Anda, termasuk analitik yang tersedia dari perangkat lunak otomasi pemasaran Anda untuk mendukungnya, dan tunjukkan bagaimana inisiatif yang Anda usulkan akan menghasilkan dampak lebih baik.

#4 Tujuan yang Nyata

Setiap peta strategi pemasaran membutuhkan penetapan tujuan SMART untuk setiap fokus area. Sasaran peta triwulan ini akan berdampak langsung pada setidaknya satu KPI pemasaran dan penjualan keseluruhan Anda untuk tahun ini. Data yang akurat akan sangat penting ketika pertama kali membangun peta pemasaran triwulan untuk mendokumentasikan hasil dan membangun kepercayaan jangka panjang untuk tim dan kepemimpinan Anda. Berikan nilai numerik setiap sasaran dengan periode waktu yang ditetapkan. Sebagai contoh:

  • Tingkatkan tingkat konversi ke situs web sebesar 0,75% pada akhir Q3.
  • Tingkatkan jumlah bulanan lead berkualitas baru sebesar 25% pada akhir Q3.
  • Tingkatkan jumlah pelanggan blog sebesar 15% pada akhir Q3.

Dengan metode pemasaran inbound, Anda memiliki keuntungan dari data waktu nyata untuk menginformasikan keputusan Anda. Jika segala sesuatu tampak “tidak aktif,” Anda dapat membuat perubahan berulang selama periode 90 hari daripada melihat ke belakang satu tahun dari sekarang dan bertanya-tanya, “Di mana sebenarnya hal yang salah?”.

#5 Hipotesis & Asumsi

Buat alasan mengapa Anda merekomendasikan fokus area tertentu dan inisiatif yang mendasarinya. Tunjukkan bagaimana setiap inisiatif pemasaran berperan dalam mencapai tujuan atau serangkaian tujuan. Sebagai contoh:

“Dengan menempatkan fitur Call to Action (CTA) dan formulir konversi di atas flip di beranda situs web kami, kami mengantisipasi tingkat konversi ke situs web kami akan meningkat dari 0,75% menjadi 1%.”

#6 Pimpinan yang Handal

Melaksanakan rencana pemasaran triwulan membutuhkan upaya tim. Siapa di tim pemasaran Anda yang akan memperjuangkan berbagai inisiatif dalam peta yang diusulkan? Kemudian, tetapkan tugas dan tenggat waktu untuk penempatan inisiatif secara tepat waktu dan, yang sama pentingnya, berikan pemberdayaan dan akuntabilitas.

#7 Penilaian Kemajuan Pertengahan & Hasil Akhir

Peta triwulan menawarkan lebih banyak fleksibilitas daripada rencana tahunan. Membuat perubahan dalam 90 hari Anda membutuhkan hasil pelacakan di sepanjang jalan dan mengukur apa yang Anda lakukan. Nilailah kemajuan di pertengahan jalan hingga kuartal ini untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan, dan diskusikan penyesuaian apa pun. Kemudian, dua minggu sebelum akhir periode peta Anda, evaluasi hasil terbaru untuk menentukan langkah selanjutnya untuk kuartal mendatang. Jika Anda membuat kemajuan nyata ke arah tujuan tertentu tetapi membutuhkan lebih banyak waktu untuk menjaga momentum tetap berjalan, jadikan itu area fokus untuk periode berikutnya juga.

Jika upaya tidak berhasil, sesuaikan taktik pemasaran Anda di periode peta jalan berikutnya. Atau, Anda mungkin memutuskan untuk membatalkannya dan mencoba yang lain! Itulah kekuatan pendekatan triwulan untuk perencanaan pemasaran. Dengan mengambil pendekatan ini, Anda akan memiliki rencana yang ditentukan untuk 90 hari ke depan yang terasa lebih mudah dikelola. Peta pemasaran triwulan juga dapat membantu memberi energi pada tim Anda dan membuat mereka bersemangat membuat perbedaan dengan hasil yang terukur dalam waktu yang relatif singkat. Jika anda membutuhkan informasi lebih terkait cara atau kiat pembuatan peta pemasaran selama 90 hari. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa juga melalui nomor whatsapp langsung ke 0812-5298-2900. Kami siap membantu anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *