INILAH SKILL YANG DIBUTUHKAN DISTRIBUTOR


Dalam dunia bisnis, khususnya dalam dunia dagang mungkin kita pernah mendengar kata Distributor. Meskipun pernah mendengarnya, namun kebanyakan orang tidak mengerti makna dari kata tersebut. Bahkan, kadang-kadang juga ada yang mengartikannya dengan salah, terbalik, dan lain sebagainya.

Apa itu Distributor? Distributor adalah suatu pihak yang membeli barang dari produsen yang memproduksi barang tersebut secara langsung dengan tujuan menjualnya kembali kepada toko-toko atau retail-retail produk bersangkutan. Jadi distributor ini hanya mengambil produk yang telah jadi saja dari dari produsen tanpa memodifikasinya dan langsung menjualnya dengan menawarkan ke toko. Menjadi seorang distributor tentu saja harus memiliki skill atau ketrampilan khusus. Namun apakah anda mengetahui skill apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi distributor yang professional?. Jika anda belum mengetahuinya maka anda telah datang ke artikel yang tepat. Karena, kami akan memberikan pengetahuan mengenai apa saja skill yang dibutuhkan distributor.

Mempunyai Keterampilan Manajemen Proyek.

Sebagai distributor produk, Anda perlu memiliki keterampilan manajemen proyek untuk dapat mengelola bisnis Anda secara efektif. Keterampilan manajemen proyek yang paling penting untuk dimiliki sebagai distributor adalah kemampuan bernegosiasi dengan sukses untuk sumber daya, anggaran, dan jadwal.

Mempunyai Keterampilan Komunikasi Yang Hebat.

Sangat penting bahwa sebagai distributor produk, Anda harus dapat berkomunikasi dengan baik dengan pelanggan, staf, mitra bisnis, dll. Anda harus dapat mengartikulasikan informasi dan konsep sehingga siapa pun yang Anda transaksi bisnis dapat dengan mudah memahami, terlepas dari apakah mereka memiliki pengetahuan di bidang Anda atau tidak.

Mempunyai Ketrampilan Jaringan.

Membangun hubungan yang baik melalui jaringan akan membantu Anda mengembangkan bisnis distribusi Anda secara efektif dan memberi Anda dukungan yang Anda butuhkan. Ini adalah bagaimana Anda dapat secara efektif meningkatkan basis pelanggan Anda dan memperluas aliran pendapatan Anda. Semakin banyak orang yang Anda kenal, bisnis Anda akan semakin relevan.

Pintar Dalam Keuangan.

Memiliki keterampilan uang, pengetahuan akuntansi, dan keterampilan manajemen keuangan yang baik pasti akan memastikan kesuksesan dalam bisnis ini. Dalam bisnis distribusi, Anda harus terus bekerja dengan membeli, menjual, inventaris, diskon, pembelian, dan kredit. Tanpa pengetahuan yang baik tentang keuangan dan akuntansi, bisa menjadi sulit bagi Anda untuk menjalankan bisnis ini. Manajemen keuangan adalah suatu keharusan bagi Anda.

Mempunyai Skill Analitik

Distributor akan memerlukan analitik untuk menentukan produk mana yang menguntungkan, menganalisis dampak perubahan harga terhadap laba, dan menghasilkan pendapatan dan laporan buku besar. Analitik akan membantu distributor mendapatkan wawasan kritis tentang bisnis mereka, seperti memaksimalkan nilai bisnis jangka panjang, meningkatkan lapangan kerja keluarga, dan menyusun strategi pertumbuhan bisnis.

Produsen atau distributor sebaiknya tidak menaikkan harga produk terlalu tinggi. Bisa-bisa produk yang dijual dikalahkan pesaing yang harganya lebih murah. Perlu diingat juga bahwa harga dari distributor nantinya masih akan mengalami kenaikan setelah dijual ke rantai berikutnya. Dalam memberikan patokan harga, pastikan segalanya sudah dianalisa dengan baik seperti inflasi dan risiko kerusakan produk.

Apabila anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai artikel di atas dan jika anda membutuhkan bimbingan untuk menjadi seorang distributor yang dibutuhkan perusahaan atau anda ingin membuat perusahaan distributor. Jangan ragu-ragu silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi nomor whatsapp kami https://wa.me/6281252982900. Kami siap membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *